redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Penerbitan

Rumpun Ilmu Penerbitan
Pelajaran Terkait Penerbitan
astro-jurusan

Apa itu Penerbitan ?

Penerbitan merupakan proses mencari, mengolah, dan mendistribusikan konten media kepada masyarakat. Jurusan penerbitan bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten yang mampu mengisi posisi penyedia atau pelaksana dalam bidang grafika, penerbitan, dan pencetakan naskah untuk media elektronik dan cetak.

Mengapa harus

Jurusan Penerbitan ?

  • Minat di dunia penerbitan
  • Apabila sobat pintar memiliki minat pada industri penerbitan, maka jurusan penerbitan mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari semua aspek produksi penerbitan, termasuk penulisan, editing, desain, produksi, manajemen, dan pemasaran.

  • Mengasah keterampilan menulis
  • Jurusan penerbitan juga cocok bagi sobat pintar yang memiliki kemampuan menulis dan ingin mengembangkan keterampilan menulis. Sebab selama perkuliahan mahasiswa nantinya akan belajar tentang teknik menulis dan editing, serta cara membuat naskah yang menarik bagi pembaca.

  • Meningkatkan kreativitas
  • Jurusan penerbitan juga menawarkan kesempatan bagi mereka yang ingin mengembangkan kreativitas mereka dalam bidang desain grafis dan layout. Mahasiswa akan belajar tentang tipografi, penggunaan warna, dan bagaimana membuat desain yang menarik dan efektif untuk media cetak.

  • Peluang karir yang luas
  • Industri penerbitan masih terus berkembang, dan ada banyak peluang karir yang tersedia bagi lulusan jurusan penerbitan. Lulusan dapat bekerja di perusahaan penerbitan, media cetak, atau bahkan memulai bisnis penerbitan mereka sendiri.

Apa yang dipelajari?

Jurusan penerbitan mempelajari tentang proses penerbitan buku, majalah, surat kabar, dan media cetak lainnya. Mahasiswa di jurusan penerbitan akan belajar tentang proses produksi penerbitan, mulai dari pembuatan naskah yang termasuk di dalamnya adalah teknik mencari, menulis, dan menyunting berita hingga proses pencetakan dan distribusinya melalui media cetak maupun elektronik.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Lulusan penerbitan memiliki kemampuan menulis dan editing yang baik, sehingga mampu membuat naskah yang menarik dan berkualitas.
  • Lulusan penerbitan memiliki kemampuan desain grafis yang baik dan membuat layout, serta desain yang menarik untuk media cetak.
  • Lulusan penerbitan memiliki pengetahuan tentang proses produksi penerbitan, mulai dari pembuatan naskah hingga distribusi.
  • Lulusan penerbitan memiliki kemampuan manajemen proyek yang baik, sehingga mampu mengatur dan mengkoordinasikan tim.
  • Memiliki kemampuan pemasaran yang baik, sehingga mampu membuat strategi pemasaran yang efektif untuk buku dan media cetak.
  • Memiliki kemampuan analisis yang baik, sehingga mampu melakukan analisis terhadap pasar, persaingan, dan tren penerbitan.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

BAHASA JURNALISTIK

icon mata kuliah

PENULISAN BERITA

icon mata kuliah

BROADCASTING

icon mata kuliah

Pengantar Ilmu Jurnalistik

icon mata kuliah

DESAIN KOMUNIKASI GRAFIS

icon mata kuliah

KOMPETENSI ICT

icon mata kuliah

Jurnalistik Foto

icon mata kuliah

JURNALISTIK TELEVISI

icon mata kuliah

JURNALISTIK RADIO

icon mata kuliah

PSIKOLOGI KOMUNIKASI

icon mata kuliah

Jurnalisme Sastra

icon mata kuliah

KOMUNIKASI POLITIK

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Penerbitan

redesain-navbar Portlet