APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

IPDN GANDENG PKN STAN GELAR SEMINAR BERSKALA NASIONAL

avatar penulis

Azizul Pradna Qoidani

29 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

IPDN GANDENG PKN STAN GELAR SEMINAR BERSKALA NASIONAL

Institut Pemerintahan Dalam Negeri kembali menggelar kegiatan berskala nasional. Kali ini, tanggal 13-14 September 2017 pada pukul 08.30 WIB bertempat di Gedung Balairung Rudini IPDN Kampus Jatinangor, digelar seminar nasional “Problematika Pengelolaan Keuangan Daerah dan Desa : Peluang dan Tantangan dalam Mewujudkan Pengelolaan Keuangan yang Efisien, Efektif dan Akuntabel”. Seminar ini dilaksanakan atas dasar kerjasama IPDN dengan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Seminar ini terdiri atas kurang lebih 600 peserta yang merupakan Gubernur, Bupati, Walikota dan perwakilan deaerah dari seluruh Indonesia. Seminar nasional kali ini pun dihadiri oleh perwakilan staf IPDN, perwakilan staf STAN serta perwakilan praja IPDN.

Gubernur IPDN Prof. Dr. Ermaya Suradinata, S.H, M.H, M.S secara langsung membuka acara ini dilanjutkan oleh Direktur PKN STAN  Rahmadi Murwanto, Ak., M.Acc., Ph.D. yang memberikan sambutan pada saat acara akan dimulai. Hari ini, pada sesi 1 dengan tema Problematika HKPD yang menjadi narasumber yakni Prof. Dr Mardiasmo, MBA., Akt yakni Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia serta Dr. Reydonizar Moenek yakni Wakil Rektor IPDN dengan moderator yakni Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN. Pada sesi selanjutnya dengan tema Problematika Pengelolaan Keuangan Daerah dan Pemeriksaan BPK. Sebagai narasumber sesi II yakni Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri serta Dr. Bambang Pamungkas, MBS., Ak, CA, CIMBA yakni Auditor Utama Keuangan Negara V BPK Republik Indonesia. Sebagai moderator dalam sesi ini yakni Ketua Jurusan MK-PKN STAN.

Seminar nasional ini akan dilanjutkan pada keesokan harinya yakni pada tanggal 14 September 2017, pada tempat dan waktu yang sama. Untuk hari kedua seminar mengusung tema Pengelolaan Keuangan Desa dan Potensi Penyimpangannya. Narasumber pada seminar sesi III kali ini yakni Ir. Agus Rahardjo, MSM yakni Ketua KPK, Prof. Dr. Ahmad Erani Yustika selaku Dirjen Bina Pembangunan Kawasan Pedesaan-Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan yang terakhir yakni Direktur PKN STAN yakni Rahmadi Murwanto Ak., Macc., MBA., Ph.D. Moderator pada sesi terakhir ini yakni Dadang Suwanda, SE., MM., M.Ak.,Ak, CA (IPDN). Terlihat pada saat pendaftaran ulang peserta, telah hadir beberapa perwakilan daerah yakni perwakilan dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Siak, Pemerintah Kota Surakarta, dan lain sebagainya. (Sumber :Humas IPDN)