APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

ISBI Aceh Tuan Rumah Pameran Seni Rupa Bersama UITM Malaysia

avatar penulis

Azrul Prayoga

11 March 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Institut seni Budaya Indonesia Aceh menjadi tuan rumah pada Program ‘1st International Art Connoisseurship Colloqiuin’ (IACC) 2020, yang berlangsung dari tanggal 17-21 Februari 2020 di Aula Pertunjukan ISBI Aceh, Kota Jantho.

IACC merupakan suatu program 1st International Art Connoisseurship Colloqiuin 2020 yaitu gabungan Workshop dan Kuliah Tematik antara Fakultas Seni Lukis Dan Senireka Universitas Teknologi MARA (UiTM) dan Jurusan Seni Rupa dan Desain Institut Seni Budaya Indonesia Aceh, dimana ini merupakan kali pertamanya Program Internasional ini dadakan oleh ISBI Aceh bersama UiTM yang merupakan Universitas bereputasi Internasional.

Pameran Seni Rupa ini diresmikan pada tanggal 20 Februari 2020, oleh Rektor Institut Seni Budaya Indonesia Aceh, didampingi oleh Para Pakar Seni Rupa UiTM serta Para Wakil Rektor dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Aceh Besar. Program ini juga telah berlangsung sejak tanggal 18 februri 2020 yang dimulai dari Workshop Seni Rupa dan Kuliah Umum oleh 8 orang Pakar Senireka dan Senihalus UiTM Malaysia.

Dalam Kata Sambutannya Rektor ISBI Aceh mengatakan, Program ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara ISBI Aceh bersama UiTM Malaysia, yang telah ditandatangani pada bulan desember 2019 lalu. Dalam kegiatan ini pula kami harapkan Para Tenaga Pengajar dari UiTM dapat memberikan konsep kesenia dan pembelajaran tentang Seni oleh Kampus Serantauan.

Hal yang sama disampaikan pula oleh Dr. Zainuddin Mohd.Nur yang merupakan Penasihat IACC 2020, beliau menyampaikan bahwa Program ini merupakan Program terbaru dari Seni Rupa UiTM dan akan menjadi Program Tahunan Untuk pertama kalinya pada tahun 2020 UiTM melaksanakannya di ISBI Aceh, sebagai bentuk dari salah satu poin kerjasama yang telah dilakukan. Program ini juga merupakan bentuk peranan dari UiTM kepada Universitas seni Serumpun agar memiliki kesepaham dan kesepakatan dalam ideologi seni.

Informasi yang di dapat dari Humas dan Kerjasama ISBI Aceh, Nurul Aflah, S.I.Kom mengatakan salah satu keberlanjutan dari Program ini juga adalah Jurusan Seni Rupa dan Desain ISBI Aceh akan turut andil menjadi bagian dari Pameran Kesenian yang akan dilakukan pada bulan Juli 2020 di Galeri Al-Biruni, UiTM Cawangan Perak.

Pameran Seni Rupa dan Desain ini dibuka setiap hari untuk semua pengunjung mulai tanggal 18-21 Februari 2020 di Aula Pertunjukan ISBI Aceh, Kota Jantho pada pukul 09.00 s.d 18.00 WIB.

(isbiaceh.ac.id)