APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Institut Seni Indonesia Denpasar dalam peringkat 100 besar dunia

avatar penulis

tisya tisya

26 July 2019

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Baru minggu ini TopUniversities.com menelurkan daftar terbarunya dalam pemeringkatan QS World Universities yang banyak dianut institusi di Indonesia dan beberapa institusi dunia. Dan dalam pemeringkatan tersebut Indonesia menempatkan 3 institusi seni terbaiknya dalam jajaran 100 institusi seni pertunjukan terbaik.

Institut Seni Indonesia Surakarta yang berangkat dari Akademi Seni Karawitan Indonesia di Solo, menurut Topuniversity.com kini bertengger di peringkat 43 besar dunia berdasarkan subyek klasifikasi ‘seni pertunjukan’. QS World Universities juga mencatat Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Institut Seni Indonesia Denpasar dalam peringkat 100 besar dunia, sebuah prestasi yang perlu dicermati.

Peringkat 10 besar sendiri dihuni oleh 4 negara. Amerika Serikat menempati 3 tempat dengan Juilliard School (1), University of California, Berkeley (8), Indiana University Bloomington (10). Austria menyumbangkan 1 tempat lewat University of Music and Performing Arts Vienna (2). Finlandia menempatkan 1 organisasi Sibelius Academy (7) sedang Inggris menempatkan 5 pendidikan tinggi dalam peringkat ini: Royal College of Music dan University of Oxford (seri posisi 3), Royal Academy of Music (5), Royal Conservatoire of Scotland (6) dan Guildhall School of Music and Drama (9). Menarik apabila melihat bagaimana Royal College of Music dan Royal Academy of Music yang spesialis di bidang musik mampu menyeruak masuk ke organisasi yang mengandalkan kedua studi musik dan drama untuk mencapai peringkat ini.

Meskipun pemeringkatan universitas seperti ini menimbulkan banyak kontroversi dan juga perdebatan, namun ini harus menjadi tolak ukur awal bagaimana mengembangkan lebih jauh pendidikan seni di Indonesia.

Sumber : http://musicalprom.com/2016/03/23/isi-surakarta-peringkat-43-dunia-isi-jogja-dan-isi-denpasar-100-besar/