APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Komik “Garudea” Karya Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ikuti Pameran di Festival Garuda, Candi Prambanan

avatar penulis

Azrul Prayoga

26 March 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Yudha Ariyanto, mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual, FSRD, Institut Seni Indonesia Surakarta (angkatan 2017), meluncurkan komiknya berjudul “Garudea” pada Festival Garuda yang diselenggarakan di Lapangan Garuda Mandala kompleks Candi Prambanan pada tanggal 8-11 Februari 2020. Rangkaian kegiatan berupa diskusi bedah komik yang diselenggarakan oleh Rumah Garuda bekerjasama dengan Mataya Art Heritage, selain itu juga dilelang edisi terbatas komik.

Yudha Ariyanto berkolaborasi dengan Teguh AA (Teguh Arik Ardiansah) yang keduanya berasal dari Mojokerto, Jawa Timur. Yudha sebagai colloring dan layout, sedangkan Teguh sebagai illustrator. Karya komik yang dipamerkan berukuran 1 x 21 m diwujudkan dengan media digital printing. Secara konsep dan teknis, keduanya dibimbing oleh Ranang Agung Sugihartono, S.Pd., M.Sn (Dosen FSRD ISI Surakarta) dan Arif Setiawan (Penggiat Seni di Mojokerto). Komik ini mengangkat cerita Garudea yang dikisahkan dalam Kitab Adiparwa yang berasal dari akhir Abad 10 Masehi.

Kelahiran komikus muda dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ini, diharapkan mampu mengikuti jejak komikus Teguh Santosa, karena ilustrasi komik Garudea ini tampak juga bermain blok-blok pekat yang berdimensi dan berkarakter kuat sebagaimana pada komik-komik Teguh Santosa. Meskipun begitu, keduanya perlu tetap menyerap energi dan spirit Majapahit yang telah diwariskan dan dengan mudah dijumpai baik artefak, candi, kitab, alam, maupun atmosfirnya di tlatah Mojokerto saat ini, sebagai modal untuk menemukan karakteristik komik-komiknya.

(isi-ska.ac.id)