redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Program ITERA for Sumatera Dipaparkan dalam Rakor Litbang Regional Se Sumatera

avatar penulis

Azrul Prayoga

18 March 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Staf Ahli Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Bidang Pengembangan dan Kerja Sama, Prof. Dr. Ir. Deny Juanda P. DEA, menjadi pembicara mewakili Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D., dalam Rapat Koordinasi Litbang Regional Se Sumatera yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung di Hotel Emersia, Rabu (11/3/2020).

Rakor tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dengan mengangkat tema “Integrasi Riset dan Inovasi Sumatera untuk Indonesia Maju.”

Dalam pemapran materi, Prof. Deny menyampaikan tentang pentingnya membangun Jaringan Imparsial Kreatif Riset Lampung Berjaya dalam Kepakaran dan Karya Sains-Teknologi untuk Pengelolaan Hasil Riset Sumber Daya Alam di Provinsi Lampung. Hal tersebut dilakukan guna mendorong percepatan pembangunan dan peningkatan daya saing daerah.

Lebih lanjut, Prof. Deny menekankan dalam membangun daerah untuk menerapkan konsep quadruple helix yaitu pola sinergi dan kolaborasi dengan empat aktor utama yaitu akademisi, pelaku usaha, pemerintahan, dan komunitas, sedang media menjalankan fungsi kontrol.

Sebagai Penutup dalam paparan tersebut, Prof Deny menawarkan cara ITERA membantu pemerintah di Provinsi Lampung dalam percepatan dan pengelolaan hasil riset untuk percepatan pembangunan melalui program ITERA for Sumatera, yaitu : penerapan kebijakan kreatif riset secara masal untuk Lampung oleh berbagai institusi relevan, operasionalisasi jaringan imparsial kreatif riset Lampung Berjaya terkoneksi dengan Indonesia onesearch, dukungan kebijakan afirmatif pembangunan di Lampung dari gubernur, bupati, dan walikota; dan replikasi se Sumatera melalui kolaborasi strategis Balitbangda se Sumatera.

Pada rakor ini, hadir juga narasumber dari Kemenristek Dikti, Lembaga Administrasi Negara, Balitbangda Sumatera Selatan, juga dari pemimpin perguruan tinggi Unversitas Lampung dan Institut Teknologi Sumatera. Juga dari beberapa praktisi bisnis.

(itera.ac.id)