APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Politeknik Bisnis Indonesia Sebagai Tempat Penyelenggara Uji Kompetensi

avatar penulis

Anggi Maulinda

27 September 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pengembangan sumberdaya manusia merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh dunia kerja, sehingga diperlukan suatu kriteria tentang kemampuan atau kompentensi seseorang. Sertifikat kompetensi merupakan suatu pengakuan kompetensi seseorang setelah melalui uji kompetensi oleh LSP/LSK maupun lembaga yang kompeten.

Sertifikasi (certification) kompetensi yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan lisensi BNSP perlu dimiliki oleh personil yang telah bekerja maupun lulusan sebagai pengakuan dan persyaratan di dunia kerja. Kebutuhan sertifikasi kompetisi sektor tenaga kerja tidak hanya secara nasional, namun telah meluas ke tingkat regional dan internasional.

BNSP merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Pembentukan BNSP merupakan bagian integral dari pengembangan paradigma baru dalam sistem penyiapan tenaga kerja yang berkualitas. Sertifikat Kompetensi dengan mengacu kurikulum KKNI dan diatur dalam Undang-Undang N0. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, pasal 18, dan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 61.

Politeknik Bisnis Indonesia telah diberikan wewenang sebagai tempat untuk melaksanakan Uji Kompentensi karena selain telah memiliki laboratorium dan sarana yang sudah memadai juga telah memiliki 2 orang Assesor kompetensi secara nasional yang dinyatakan lulus pada pelatihan dan ujian aseseor Kompetensi yang dilaksanakan pada tgl 25-29 Juli 2018 di Saka Hotel Medan.

Bagi masyarakat yang membutuhkan konsultasi, pelatihan dan sertifikat uji kompetensi dapat mendaftarkannya pada kampus Politeknik Bisnis Indonesia di Jl. Sriwijaya no.9C-E Pematangsiantar.

Sumber : http://murnisadar.ac.id