redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Raih ISO dari 3 Negara

avatar penulis

Fikha Ardiani

19 September 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Politeknik Mandiri Bina Prestasi (MBP)
MEDAN-Politeknik Mandiri Bina Prestasi (MBP) pada 10 Maret 2011 lalu telah berhasil meraih Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, International Organization for Standardization, (ISO) 9001:2008 dari SAI Global (Australia), JAS ANZ (Selandia Baru) dan KAN (Indonesia).

Kampus yang berlokasi di Jalan Jamin Ginting No 285-287 Medan persis di belakang gedung AMIK MBP ini masih belum dikenal banyak masyarakat Sumut khususnya Kota Medan. “Banyak menyangka Politeknik MBP sama dengan AMIK MBP, mungkin karena kampusnya berada di belakang kampus AMIK MBP, dan sama-sama memakai nama MBP,” ujar Direktur Politeknik MBP Drs Tenang Malem Tarigan MSi Ak, Senin (6/6).

Namun, Politeknik MBP jauh lebih terkenal di tingkat Nasional. Pasalnya, berbagai even dan kompetisi tingkat Nasional telah berhasil diraih Politeknik MBP. “Seperti, selalu menjadi pemenang Program Hibah Kompetisi yang diselenggarakan Dirjen Dikti Kemendiknas sejak 2004 hingga 2008. Serta telah pernah meraih predikat kandidat 100 kampus terbaik Nasional dari Ditjen Dikti Kemendiknas pada 2007 dan 2008,” paparnya.

Walau baru berdiri pada 2 Agustus 2002 lalu dengan SK Mendiknas Nomor 148/D/O/2002, menurutnya, dalam berlomba meningkatkan mutu pendidikan di kampus tersebut, pihaknya tak pernah setengah setengah. Alhasil, Politeknik MBP terbiasa menjadi pemenang. “Di sini dikelola program studi (prodi) Akuntansi, Perbankan, Sekretaris, Bahasa Inggris, Manajemen Hotel, Teknik Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Mesin Prodksi, Perawatan dan Perbaikan Mesin sera Teknik Sipil,” tutur Tenang.

Tenang juga menjabarkan, alumni Politeknik MBP juga telah menghasilkan alumni yang mumpuni dan tersebar di berbagai perusahaan ternama Nasional juga Internasional. “Seperti Bank Indonesia, BCA, Bank Mandiri, Hotel JW Marriot, PT Astra, Pertamina, PT PLN, Telkomsel, sebagai PNS berbagai departemen dan nondepartemen, perusahaan asing di Malaysia, Jepang dan Amerika Serikat, dan masih banyaklagi,” katanya.

Untuk mewujudkan visi menjadi perguruan tinggi unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan terapan di Sumut pada 2020, Politeknik MBP terus menata sistem dan layanan sehingga mampu memiliki reputasi dan dikenal secara nasional maupun Internasional.

Dengan komitmen dan budaya tersebut, Politeknik MBP akhirnya menjadi Politeknik Swasta Pertama di Sumut-NAD yang berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2008. “Keberhasilan tersebut merupakan wujud nyata dari Rencana Strategis Jangka Panjang 2010-2020, yang berkomitmen menciptakan Politeknik MBP menjadi perguruan tinggi terapan unggulan yang menghasilkan lulusan yang berkompetensi global,” ungkap Tenang.

Keberhasilan Politeknik MBP meraih sertifikasi ISO 9001:2008, dilakukan dengan kerja keras, cerdas dan ikhlas dari semua sivitas akademika. “Program ini telah saya canangkan melalui Renstra Jangka Panjang 2010-2020. Seyogianya menurut schedule sertifikasi ISO akan dicapai pada 2015. Namun, telah berhasil dicapai pada 2011 ini. Keberhasilan tersebut adalah keberhasilan bersama, mulai dari pimpinan dan fungsionaris, dosen, pegawai, mahasiswa serta stakeholder terkait,” katanya.

Sesuai dengan komitmen, pihak Politeknik MBP akan memberi kesempatan pada 68 orang putra-putri terbaik daerah Sumut berupa beasiswa penuh atau gratis 100 persen, melalui seleksi yang dilaksanakan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru.

Politeknik MBP juga telah mulai menerima mahasiswa baru untuk gelombang pertama yang ditutup 4 Juni 2011 lalu. Gelombang kedua telah dimulai pada 6 Juni hingga 6 Agustus 2011. Sedangkan gelombang ketiga dimulai pada 9 Agustus hingga 12 Oktober 2011 mendatang. (saz)

 

https://sumutpos.co/2011/06/07/raih-iso-dari-3-negara/