redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Poltekkes Kemenkes Gelar Seminar Nasional

avatar penulis

Anggi Maulinda

15 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Poltekkes Kemenkes Gelar Seminar Nasional

Poltekkes Kemenkes Palangka Raya sebagai institusi pendidikan kesehatan terkemuka di propinsi Kalimantan Tengah, menggelar seminar nasional di gedung Jayang Tingang pada Selasa, (28/11).

Direktur Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Dhini, M.Kes mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud dukungan nyata dan positif Poltekkes Kemenkes Palangka Raya terhadap program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Ada tiga fokus kegiatan GERMAS yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehatan secara rutin,” ujarnya.

Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah Membangun SDM Kesehatan yang Sehat melalui GERMAS Berbasis Keluarga. “Hal bermaksud mengajak institusi pendidikan kesehatan lain dan berbagai institusi pemerintahan terkait, untuk membangun SDM kesehatan yang profesional dan sehat, memahami GERMAS berbasis keluarga dan selanjutnya menghasilkan SDM kesehatan sebagai change agent untuk menyampaikan pentingnya GERMAS berbasis keluarga kepada masyarakat,” ujar Dhini.

Melalui kegiatan ini diharapkan semakin banyak tenaga kesehatan professional yang terbentuk dan memahami pentingnya kegiatan GERMAS serta dapat mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk menerapkan kegiatan GERMAS yang dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Seminar nasional ini dibuka Gubernur Kalteng yang diwakili Asisten II Setda Kalteng, Hardy Rampay, menghadirkan 4 narasumber di antaranya Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suprastija Budi, Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes RI Usman Sumantri, Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes RI yang diwakili oleh Kasubdit Pengelolaan Konsumsi Gizi Direktorat Gizi Masyarakat Ditjen Kesmas, Dyah Yuniar Setiawati, dan Direktur Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Dhini.

Seminar itu dihadiri sekitar 450 orang peserta yang terdiri dari pimpinan perguruan tinggi dari Provinsi Kalteng, Kalsel, Kaltim dan Kalbar, pimpinan instansi satuan kerja di lingkungan Pemprov Kalteng dan Pemko Palangka Raya, pimpinan organisasi profesi kesehatan serta dosen dan mahasiswa dari berbagai institusi perguruan tinggi. (nue/b-5/nto/iha)

http://kalteng.prokal.co/read/news/45210-poltekkes-kemenkes-gelar-seminar-nasional.html