APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

85 Mahasiswa STIEMA Magang di UKM Air Joman

avatar penulis

Fikha Ardiani

29 October 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Medanbisnisdaily.com- Medan. Sebanyak 86 mahasiswa semester VII Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Asahan (STIEMA) melakukan kegiatan magang di sejumlah Unit Kecil dan Menengah (UKM) yang tersebar di Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan.

Pelepasan magang mahasiswa STIEMA tersebut berlangsung di Kantor Camat Kecamatan Air yang dihadiri Camat Air Joman, Ilham, Wakil Ketua I STIEMA, Prianda Pebri, dan dosen STIEMA Supiah Ningsih, Rabu (10/1/2018), sebagaimana siaran pers yang diterima medanbisnisdaily.com. Pelepasan langsung dihadiri seluruh mahasiswa yang akan ditempatkan di beberapa unit UKM yang ada di Kecamatan Air Joman.

Camat Air Joman Ilham dalam sambutannya sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan magang yang dilakukan mahasiswa STIEMA. Menurut dia, kegiatan ini sekaligus mengarahkan mahasiswa untuk lebih mandiri setelah menamatkan studinya di kampus STIEMA.

"Saya menerima informasi dari panitia, kegiatan magang ini berlangsung selama empat minggu. Dimulai pada awal januari sampai dengan februari 2018. Saya berharap, mahasiswa dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh," kata Ilham.

Dia berharap usai melaksanakan magang di Air Joman seluruh mahasiswa lebih mandiri setelah menyelesaikan studinya lebih berjiwa pengusaha dan tidak menganggur, tapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Wakil Ketua I STIEMA Kisaran Prianda Pebri SE MPd mengatakan tujuan kegiatan magang yang dilakukan mahasiswa STIEMA, guna menumbuhkan jiwa enterpreneure di kalangan mahasiswa setelah menamatkan studinya di kampus.

"Kita berharap para alumni dapat menciptakan lapangan kerja, bukan sebagai pencari kerja," kata Prianda Pebri di sela-sela acara pelepasan.

Dia merinci, setelah di Air Joman, lokasi magang mahasiswa STIEMA juga ditempatkan di Kabupaten Batuaara. Adapun di kabupaten Asahan berada di beberapa kecamatan di antaranya, Air Joman, Kisaran Barat, Kisaran Timur, Sei Dadap, Air Batu dan ada juga Kecamatan Tanjung Tiram, Batubara.

Adapun jenis UKM yang dijalani mahasiswa selama magang ditempatkan di Sei Kamah pembuatan kue supit, Binjao Serbangan Air Joman pembuangan kue bawang. Kemudian, Si Umbut-umbut Pabrik Opak. Ujung Kubu Batubara, Pabrik Sabut Kelapa, selanjutnya Punggulan, Air Joman Konveksi Cinta Damai.

 

Reporter

ANANG ANAS AZHAR

 

Editor

SASLI PRANOTO SIMARMATA

http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2018/01/10/20509/85_mahasiswa_stiema_magang_di_ukm_air_joman/