APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Bangun Kesehatan Masyarakat Desa

avatar penulis

Fikha Ardiani

28 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Tunas Husada (STIKes BTH) Tasikmalaya melaksanakan program Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) di Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.

Kegiatan tersebut merupakan implementasi Program Studi (Prodi) Analis Kesehatan atau Teknologi Laboratorium Medik (TLM) pada mata kuliah PKMD semester VI.

Ketua Prodi Analis Kesehatan atau Teknologi Laboratorium Medik (TLM) Meti Kusmiati MSi mengatakan program PKMD yang dimulai dari 30 April sampai 12 Mei 2018 dilaksanakan atas kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya melalui Puskesmas Induk Kecamatan Cibeureum dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Kelurahan Ciakar.

Kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan pada masyarakat.

“Jadi tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi, menganalisis (analisis situasi) dan mengevaluasi serta mengambil langkah-langkah konkret dalam upaya penyelesaian masalah kesehatan di masyarakat,” tutur Meti Minggu (6/5).

Adapun sasaran dari kegiatan ini, kata dia, yaitu pemeriksaan hemoglobin (Hb) pada ibu hamil, pemeriksaan kecacingan pada anak sekolah, screening TB paru dan pemeriksaan kesehatan lainnya, seperti pemeriksaan glukosa, kolesterol dan asam urat.

“Dari hasil pendataan dimana kita bekerja sama dengan pihak puskesmas, data yang diperoleh dari setiap RW dimana ada 11 RW di Kelurahan Ciakar dilakukan rekapitulasi hingga diperoleh hasil persentase masalah kesehatan yang ada di wilayah tersebut. Hasilnya nanti kita akan presentasikan di hadapan pihak kelurahan dan puskesmas,” tuturnya. (ais)