redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Stikes Halmahera Temukan Obat AIDS, Hebat Sampai Diundang ke Amerika!

avatar penulis

Fikha Ardiani

27 September 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sebarr.com, Jakarta – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Halmahera Utara menemukan obat untuk menyembuhkan penderita HIV/AIDS hingga 94 persen. Bahkan, perwakilan Stikes Halmahera sampai diundang ke Las Vegas Amerika Serikat (AS).

“Ini sungguh luar biasa dan kami Kemenristekdikti akan mendampingi ke Amerika Serikat,” kata Menristekdikti Mohamad Nasir, usai membuka Raker Pimpinan Yayasan PTS dan Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara, di Millenium Hotel, Jakarta, semalam.

Menurut Nasir, Stikes Halmahera diundang AS untuk memaparkan hasil temuannya karena jumlah penderita HIV yang besar sekali di sana. AS, lanjut dia, ingin belajar dari Indonesia dalam mengobati dan pencegahan HIV/AIDS

“Untuk pengobatan di AS tingkat kesembuhannya baru mencapai 46 persen, sedangkan di Halmahera sudah mencapai 94 persen dengan menggunakan teknologi yang mereka kembangkan dari bahan lokal,” tutur Menristekdikti, dilansir laman resmi pemerintah, infopublik.id.

Menristekdikti menegaskan pemerintah akan membantu tim Stikes Halmahera Utara mengurus hak paten obat HIV/AIDS yang mereka temukan. “Nantinya kami akan buat hak patent kemudian kami pertemukan dengan Kemenkes,” tegas Nasir.

Untuk diketahui, Stikes Halmahera Utara berhasil menemukan obat anti virus HIV/AIDS dari herbal halmahera, yakni dari buah tuis (red buah golobe). Buah ini ditemukan tumbuh di tanah Halmahera.

 

https://sebarr.com/2018/03/07/27511/stikes-halmahera-temukan-obat-aids-hebat-sampai-diundang-ke-amerika/