APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Akbid Mutiara Mahakam Tingkatkan Kualitas SDM Menuju Akreditasi

avatar penulis

Fikha Ardiani

20 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

PROKAL.CO, SAMARINDA.  Semakin kuatnya kompetisi kualitas sumber daya manusia dalam menjawab tantangan membuat Akademi Kebidanan (Akbid) Mutiara Mahakam semakin meningkatkan kualitasnya.
“Saat ini Akbid Mutiara Mahakam yang telah berdiri 10 tahun dan masih terakreditasi C, dan dalam proses akhir tahun ini persyaratan untuk  menuju akreditasi dan mudah-mudahan bisa akreditasi A minimal akreditasi B, sudah kita usahakan,” kata Direktur Akbid Mutiara Mahakam, Hj Herni Johan di acara Wisuda dan angkat sumpah Akbid Mutiara Mahakam Angkatan VII, di Ballroom Swiss-Belhotel Samarinda, Rabu (24/8).
Ia menyebutkan saat ini bangunan kampus telah 100 persen telah terbangun dengan baik, peralatan dan fasilitas dikampus, alat laboratorium, serta dosen maupun ruang dosen sudah dipenuhi.
Selain dibekali pembelajaran di kampus, para lulusan juga dibekali dengan pelatihan BTCLS di Batam dan MoU dengan Bapelkes Batam yang bersertifikat internasional, kunjungan ke Singapore di Rumah Sakit Mount Elisabeth dan kerja sama dengan Universitas Lincoln dan Universitas Sarawak Malaysia.
“Lulusan yang siap kerja kita bekali dengan lifeskill dan beberapa mahasiswi yang melanjutkan kuliah yakni telah diterima di Universitas Kadiri sebanyak 13 orang dan telah dinyatakan lulus,” imbuhnya.
Ketua dewan Pembina Yayasan Mutiara Mahakam Haksan Darwangsa menyampaikan saat ini sedang mempersiapkan akreditasi guna meningkatkan kualitas SDM menyongsong akreditasi perguruan tinggi.
“Yayasan Mutiara Mahakam sangat konsen dan peduli terhadap perkembangan Akbid Mutiara Mahakam, terutama dalam hal SDM, saat ini ada 4 dosen yang sedang menempuh pendidikan jenjang S2 Kkebidanan. Ini semua adalah bagian dari penyiapan anak-anak kami untuk semakin hari akan memperbaiki diri dan meningkatkan mutu lulusan kami,” tuturnya.
Dalam wisuda dan angkat sumpah Ahli Madya Kebidanan Akbid Mutiara Mahakam Samarinda diikuti 75 mahasiswi dan dihadiri Ketua Yayasan Mutiara Mahakam Haeruddin, Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI Kalimantan H Idiannor Mahyudin, Kepala Dinas Kesehatan Kaltim diwakili Asaf Diolo, Gubernur Kaltim diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Hj Halda Arsyad, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Kaltim Hj Encik Widyani, pimpinan rumah sakit, puskesmas dan layanan kesehatan, para rohaniawan serta orang tua mahasiswi. (adv/nch/sal)