redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Stikes RS Haji Wisuda 195 Mahasiswa

avatar penulis

Fikha Ardiani

20 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Medan, (Analisa). Sekira 195 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Rumah Sakit Haji Medan, Kamis (28/9), diwisuda di Hotel Emeral Garden. Wisuda ini merupakan periode I untuk tahun ajaran 2016/2017, untuk peserta didik S1 Keperawatan, D-III Keperawatan dan Kebidanan.

“Kami merasa bersyukur untuk mewujudkan lulusan tidak hanya melaksanakan, kurikulum, kerja sama. Terpenting adalah akreditasi AIPT untuk legalisasi hukum suatu institusi. Berkat kerja keras semua jajaran pimpinan unit kerja dan civitas akademika serta tenaga pendidikan, sesuai hasil akreditasi pada 29 Juli 2017, Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners Stikes RS Haji Medan mendapatkan hasil “Baik”, dan juga Program Studi D-III Keperawatan,” kata Ketua Stikes Rumah Sakit Haji Medan, Hj Masdalifa Pasaribu S Kep SKM M Kes, saat memberikan kata sambutan.

Di hadapan peserta wisuda, unsur Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara, Kopertis Wilayah I Sumut, Dinas Kesehatan Deliserdang, Asosiasi Perguruan Tinggi Sumut, Pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia, dan Ikatan Bidan Indonesia Sumut, Masdalifa mengungkapkan, Stikes RS Medan menghasilkan lulusan perawat dan bidan yang kompeten di bidangnya. 

Disebutkan, wisuda adalah proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu lembaga pendidikan. Rangkaian proses yang dijalani mahasiswa sebelum wisuda sangatlah panjang, yang dimulai dari kelas, laboratorium, dan praktik klinik, dibuat untuk memenuhi kurikulum dan kompetensi yang berbasis KKNI. Capaian lulusan tersebut diharapkan outcome-nya dapat meningkatkan kelulusan pada uji kompetensi yang akhirnya akan mendapatkan Surat Tanda Registrasi.

Dalam mendapatkan hasil maksimal terhadap lulusan, tidak hanya melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi saja, tetapi dengan mengembangkan potensi mahasiswa dengan menjalin kerja sama berbagai pihak klinik bersalin, rumah sakit, serta puskesmas se-Kota Medan dan Deliserdang. Dengan adanya kerja sama klinik bersalin dan rumah sakit telah menerima alumni Stikes Rumah Sakit Haji Medan bekerja dan diberdayakan di rumah sakit dan klinik.

Selain itu, lanjut Masdalifa, Stikes RS Haji juga menjalin kerja sama dengan Balai Pelatihan Kesehatan Batam, Universitas di Kualalumpur, Malaysia, Thailand dan Filipina.

Dipesankan, wisuda buka sebuah akhir dari segala-galanya tetapi awal dari perjuangan cita-cita yang nantinya bermanfaat dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang keperawatan dan kebidanan.

Pada kesempatan itu juga diumumkan peserta wisuda terbaik, yakni, Program Studi D-III Keperawatan, terbaik I Anggun Ayu Lestari (Indeks Prestasi 3.83), II Izmi Fadilah Nasution (3.82), terbaik III Desy Romaito Siregar (3.75).

Program Studi D-III Kebidanan, terbaik I Isma Maysyaroh Sagala (3.80), II Resti Pitasari Siagian (3.74), III  Rosmina Sari Pasaribu (3.70). Program Studi Ilmu Keperawatan Reguler, terbaik I Yutia Maharani Putri (3.80), II Rizki Sakinah (3.77), dan terbaik III Dessi Rahayu Mawarni (3.71). (sug)

 

http://harian.analisadaily.com/kota/news/stikes-rs-haji-wisuda-195-mahasiswa/423441/2017/09/29