APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

PENYEGARAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI STARKI

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

13 November 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

PEMBELAJARAN Jarak Jauh (PJJ) telah lama dikemukakan oleh pemerintah terkait dengan kemudahan akses dan kreativitas pembelajaran. Oleh karena itu, dalam rangka memaksimalkan efektivitas pembelajaran daring sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretaris Tarakanita (STARKI) Jakarta mengadakan penyegaran efektivitas pembelajaran daring (PJJ) pada Kamis, 10 September 2020.

STARKI telah melakukan pembelajaran daring (PJJ) dalam beberapa tahun ini melalui portal e-learning http://elearning.stiks-tarakanita.ac.id/ dan portal akademik ecampuz.  Pembelajaran daring ini diaplikasikan hanya untuk beberapa mata kuliah saja. Namun sejak adanya himbauan untuk melakukan pembelajaran daring secara meluas akibat pandemi COVID-19 yang mewajibkan seluruh pembelajaran dilakukan secara daring, pembelajaran daring kemudian lebih dimaksimalkan pengaplikasiannya untuk seluruh mata kuliah.

Penggunaan e-learning dalam pembelajaran daring meminimalisir dan mengatasi sekat ruang dan waktu bagi dosen dan mahasiswa dalam berinteraksi. Secara khusus bagi para dosen, pengajaran melalui e-learning memampukan para dosen untuk dapat membuat kreativitas pengajaran yang lebih maksimal.

Penyegaran pembelajaran daring yang dihadiri oleh segenap tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan bidang akademik STARKI ini secara teknis mengulas kembali tentang bagaimana menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakan dan langkah-langkah yang dibutuhkan dalam mengunggah dan mengunduh tugas mahasiswa. Pemberi materi pada penyegaran pembelajaran daring ini langsung dipimpin penanggungjawab e-learning STARKI. Dalam kesempatan ini, pemberi materi memberikan pula cara penggunaan fasilitas lain seperti berdiskusi dalam forum bersama antar teman sekelas maupun dosen dan juga pembuatan quiz oleh dosen, hingga pelaksanaan ujian mata kuliah.

Perkuliahan daring di STARKI melalui portal e-learning menggunakan moodle. Penyegaran pembelajaran daring ini merupakan salah satu bentuk monitoring, controlling dan reporting Program Studi (Prodi) D3 Sekretari dan Prodi S1 Ilmu Komunikasi STARKI. Selain itu, penggunaan akses pembelajaran daring e-learning ini juga sebagai laporan pelaksanaan kinerja Prodi ke pemerintah. 

Penulis : FA Wisnu Wirawan

Foto : Maria Estri, Maria F. Lies