redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

STIMED Nusa Palapa Makassar Terima Mahasiswa Baru

avatar penulis

Anggi Maulinda

02 October 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

STIMED Nusa Palapa Makassar Terima Mahasiswa Baru

Sekolah Tinggi Informatika dan Multimedia (STIMED) Nusa Palapa Makassar merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Multimedia yang berada wilayah di Indonesia Timur. 

Ketua BPH STIMED Nusa Palapa Makassar, Achmad Batinggi mengatakan, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tersebut dinaungi Dikti dan termasuk ke dalam Kopertis Wilayah 9. PTS ini telah ada sejak tanggal 9 Juli 2003, dengan Nomor SK PT 295DO2006 dan Tanggal SK PT 26 Desember 2006.

Ia menceritakan, berdasarkan pengalamannya sebagai ketua di salah satu PTS di Makassar, maka pihaknya menetapkan pola hubungan yang hirarkis dalam lingkungan STIMED Nusa Palapa. Dimana, Badan Penyelenggara (BP) yang memiliki kekuasaan mutlak dalam pemanfaatan sumber daya Perguruan Tinggi, dan pengelola PTS (Pimpinan, Dosen, Staf Administrasi) menerima apa yang menjadi kehendak BP.

"Bagaimanapun tingkat profesionalitas pengelola untuk memberikan pelayanan terhadap seluruh stakeholders, tidak akan pernah terwujud jika tidak pernah memperoleh empowerment (pemberdayaan)," ujarnya, Kamis (28/9/2017).

Ia mengungkapkan, sudah banyak konflik yang terjadi antara BP dan pengelola yang ujung-ujungnya mengorbankan masa depan mahasiswa, salah satu contoh yakni, PTS yang tidak pernah mempunyai Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB).

"Prinsip kita yaitu mengutamakan mahasiswa. Jadi di sini kita membangun kampus yang tidak didominasi oleh kekuasaan," tambahnya.

Untuk model tata kelola STIMED Nusa Palapa, lanjut A. Batinggi, pihaknya mengacu kepada hal-hal strategis yang bersifat preskriptif, seperti Visi, Misi dan Tujuan STIMED Nusa Palapa, perkumpulan sebagai milik bersama, self control (Employee Engagement), mengutamakan pelayanan jepada stake holders, serta otonomi, pemberdayaan dan kemandirian bagi pengelola dan dosen.

"Jika tata kelola dilakukan dengan baik, seperti adanya Transparansi, Akuntabikitas, Kredibel, rasa tanggung jawab dan adanya keadilan, maka outputnya juga akan berkualitas dan kompetitif," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, bahwa kampus tersebut menerima calon mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2017/2018. Saat ini, lanjut dia, sudah 200 lebih mahasiswa untuk jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang tengah menimbah ilmu di STIMED Nusa Palapa Makassar.

Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan kunjungi kampus STIMED Nusa Palapa di Jalan Tamangapa Raya, Nomor A6, Antang, Kecamatan Manggala, Makassar.

http://edukasi.rakyatku.com/read/67288/2017/09/28/stimed-nusa-palapa-makassar-terima-mahasiswa-baru