APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

IMPA STKIP Melawi Peringati Hari Bumi Sedunia

avatar penulis

Anggi Maulinda

6 October 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

IMPA STKIP Melawi Peringati Hari Bumi Sedunia 

Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam (IMPA) STKIP Melawi mengadakan berbagai kegiatan memperingati Hari Bumi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 April.

Pada Tahun 2018 ini, IPMA mengambil tema, "Gerakan Cinta Bumi dengan Menanam Pohon serta Membuang Sampah pada Pempatnya". Ketua Panitia Hari Bumi IPMA STKIP Melawi, Rio mengatakan, untuk memperingati Hari Bumi 2018, pihaknya mengadakan aksi tanam pohon dan bersih lingkungan.

"Kegiatan ini sebagai bentuk aksi nyata kita untuk lebih mencintai bumi," tegasnya dalam rilis yang diterima, Minggu (22/04/2018).

Rio menjerangkan, rangkaian kegiatan diawali Apel Siaga Lingkungan, Bersih Lingkungan, Deklarasi "Earth Day" dan penandatanganan Kita Peduli. Selanjutnya, dilakukan pembagian bibit pohon ke masyarakat, di beberapa titik Kota Pinoh Kabupaten Melawi.

"Hari bumi kebanyakan hanya diketahui dan diperingati para aktivis peduli lingkungan saja di seluruh dunia. Di sisi lain, peringatan Hari Bumi Sedunia sering dianggap sebagai ajang berkumpulnya para aktivis, namun minim tindak lanjut secara nyata di lapangan," katanya.

 

Ketua IMPA STKIP Melawi, Tegas Joni kemudian menegaskan berbagai kerusakan lingkungan hidup di bumi telah menyebabkan degradasi lingkungan hidup. Akibatnya, dikatakan, banyak terjadi berbagai bencana alam, seperti longsor, banjir, angin topan, kekeringan, krisis air bersih dan kebakaran hutan.

"Kerusakan lingkungan disebabkan oleh perbuatan manusia sendiri dan dampak negatifnya pun akan dirasakan oleh manusia juga. Kesadaran masyarakat cenderung menurun untuk menjaga, merawat, serta melestarikan lingkungan hidup," ujarnya.

"Upaya untuk melestarikan lingkungan hidup tidak hanya tanggung jawab perorangan saja, akan tetapi tanggung jawab dari semua pihak yang hidup di bumi ini," imbuhnya.

 

Sementara itu, Dosen Kemahasiswaan STKIP Melawi, Ahmad Khoiri mengatakan, kesadaran untuk melestarikan lingkungan hidup dengan menanam pohon dan tidak membuang sampah sembarangan sangat penting.

Ia mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa STKIP untuk berperan aktif mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan.


http://pontianak.tribunnews.com/2018/04/22/impa-stkip-melawi-peringati-hari-bumi-sedunia