APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Menang Lomba FLS2N Sumsel Langsung Tanding ke Bali

avatar penulis

Anggi Maulinda

21 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Menang Lomba FLS2N Sumsel Langsung Tanding ke Bali   

Ratusan siswa-siswi dari 17 Kabupaten dan Kota di Sumatra Selatan hadir dalam  Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2018 yang diselenggarakan di kota Lubuklinggau. Selasa (23/07).

Semua cabang perlombaan dipusatkan di Balai Embun Semibar, STKIP PGRI Lubuklinggau, Jalan A Toha, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Widodo mengatakan jika Lubuklinggau merupakan kota yang beruntung dipilih menjadi tuan rumah pelaksanaan FLS2N.

"Sebenarnya ada 16 daerah diprovinsi Sumsel, namun kita memilih kota Lubuklinggau harapanya pelaksanaanya bisa lebih baik dari sebelumnya," ucap Widodo.

Menurutnya, karena tidak menutup kemungkinan akan ada FL2SN tingkat nasional, untuk itu ia memohon bantuan setiap element dan panitia agar bisa membantu menjadi tuan rumah yang baik.

"Seni tidak semata-mata hanya sebagai pendidikan, namun memperhalus budi pekerti, pembentukan karakter melalui seni kita bisa menikmati secara langsung sambil duduk dengan santai," tuturnya.

Meskipun ia mengatakan jika seni di Provinsi Sumsel belum sama dengan daerah lain yang sudah dijadikan nafas hidup, namun seni di Sumsel masih sebatas sebagai pengisi acara saja.

"Contohnya tari Bali itu adalah ekspresi keagamaan, ekspresi relegiusitas, ungkapan perasaan, kita berharap masyarakat Lubuklinggau tergerak dan bisa terdorong kesana. bisa dihargai lebih dari hiburan" paparnya.

Untuk itu ia berharapa cabang seni bisa berbicara banyak dalam ajang nasional yang akan dilaksanakan satu bulan lagi di Provinsi Bali. Pihaknya menginginkan semua cabang lomba bisa juara nasional.

"Sekarang bulan Juli, masih ada waktu sebulan untuk lomba Nasional, jadi masih ada waktu untuk menghaluskan kekurangannya dimana," ungkapnya.

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani sangat berterimakasih FLS2N dilaksanakan di Kota Lubuklinggau. Ia pun mengucapkan selamat datang kepada para peserta yang telah hadir di Kota Lubuklinggau.

"Melalui ajang ini pendidikan seni dapat menunjang emosional, menciptakan rasa, meningkatkan mutu," kata dia.

Ia pun berharap gelaran FLS2N bisa meningkatkan jiwa seni para peserta dan guru, untuk lebih maju dan berkembang di Indonesia maupun dunia.

"Kepada peserta lomba, berkompetisila dengan baik, jadikan lomba ini untuk mengasah kemampuan, olah pikir, tetap menjaga keamanan sehingga bisa mensukseskan festival ini," tuturnya.

Kemudian ia berpesan kepada para siswa dan guru jika disetiap sekolah harus mempunyai sanggar seni, sehingga bisa menujukan hasilnya serta mengembangkan jiwa seni di sekolah masing-masing.

"Salah satu contoh seni yang bisa ditunjukan yakni pada saat ada acara hajatan, guru-guru bisa melihatnya dan menikmatinya," ucapnya.


http://sumsel.tribunnews.com/2018/07/24/menang-lomba-fls2n-sumsel-langsung-tanding-ke-bali