APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Empat pakar pertambangan dari Jepang Kunjungi STTNAS

avatar penulis

Anggi Maulinda

8 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Empat pakar pertambangan dari Jepang Kunjungi STTNAS

Empat pakar pertambangan dari Jepang tergabung dalam Jogmec Japan Oil Gas and Metal National Corporation (Jogmec) memberikan pelatihan bagi 40 dosen dan mahasiswa STTNAS Yogyakarta.

Mereka adalah Shimoda, Atsushi Kakizaki, Hamaguchi Hirosa dan Shinji Togawa. Pelatihan berlangsung tiga hari, 6-8 Februari 2018 di kampus setempat. Jogmec merupakan lembaga yang ditunjuk pemerintah Jepang untuk memberikan pelatihan dan peningkatan pengetahuan sumber daya manusia (SDM) terutama yang berhubungan dengan dunia pertambangan, lebih khusus lagi tambang batu bara.

“Pelatihan ini merupakan program kerja sama antarnegara,” ujar Shimoda, Selasa (06/02/2018), di sela-sela pelatihan. Dia menjelaskan, program ini merupakan program alih teknologi dan pengetahuan dari negara Jepang ke Indonesia. Pemerintah Jepang sangat konsens dengan keadaan geologis di Indonesia. “Ada kemiripan dengan keadaan geologis di Jepang. Teknologi yang dikembangkan di Jepang akan sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia,” kata dia.

Ketua STTNAS Yogyakarta, Ir. H. Ircham, M.T. merasa bangga STTNAS dipilih sebagai tempat pelatihan. Apalagi tahun ini program tersebut hanya dilakukan di 12 kampus di Indonesia. STTNAS Yogyakarta salah satunya. Dia berharap para mahasiswa dan dosen dapat mengambil manfaat yang besar dari program pelatihan ini. Menurut Ircham, dunia pertambangan selalu berhubungan erat dengan perkembangan teknologi. Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak sumber daya alam harus mampu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Apabila kualitas dan pengetahuan SDM tambang di Indonesia meningkat maka mampu bersaing dengan negara lain dan mampu menjadi pemilik sumber kekayaan bangsa ini. Dengan begitu, hasil tambang memberikan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

http://sttnas.ac.id/empat-pakar-pertambangan-dari-jepang-kunjungi-sttnas/