APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Amri Rusdana Kuliah Gratis di Untag Surabaya Setelah Raih Medali di Asian Games 2018

avatar penulis

tisya tisya

20 June 2019

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

SURYA.co.id | SURABAYA - Amri Rusdana yang meraih medali perunggu cabang olah raga Pencak Silat pada Asian Games 2018 mendapat apresiasi dari Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika ini mendapat gratis biaya pendidikan hingga lulus sebagai apresiasi pihak kampus.

Rektor Untag Surabaya, Mulyanto Nugroho mengatakan beasiswa kepada peraih perunggu saat bertanding di kelas F Putra 70-75 kilogram itu merupakan penghargaan yang diberikan kampusnya untuk memacu sivitas akademika lebih berpretasi lagi.

 

"Ini bentuk penghargaan kepada dosen, karyawan atau mahasiswa yang telah berprestasi baik tingkat nasional atau internasional. Amri ini akan kami kami gratiskan SPPnya sampai lulus di samping penghargaan lain seperti uang," ujar pria yang akrab disapa Nugroho usai prosesi wisuda ke-117 Untag Surabaya, Sabtu (8/9/2018).

Ditanya terkait mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga namun seringkali harus meninggalkan kelas, Nugroho mengungkapkan hal itu bagian pekerjaan rumah yang akan dia selesaikan saat menjadi rektor.

Untuk membenahi itu pihaknya membentuk Kepala Biro Kemahasiswaan untuk mengawal dan membidangi prestasi mahasiswa yang dulunya hanya ada Kepala Bagian Kemahasiswaan.

"Itu memang kelemahan kami sehingga kami akan belajar bagaimana memfasilitasi mahasiswa nantinya agar prestasi akademik dan non-akademik lebih seimbang," ujarnya.

Nugroho mengungkapkan, Untag yang masih berada di rangking 81 karena memang cukup kewalahan di bidang kemahasiswaan sehingga akan lebih fokus membenahi itu.

"Di RAB (rencana anggaran biaya) 2018 sebanyak 12 persen anggaran di Untag diporsikan untuk kemahasiswaan," tuturnya.

Sementara itu Amri Rusdana cukup terkejut dengan apresiasi pihak kampusnya. Iapun sangat gembira mendapat berupa beasiswa biaya gratis hingga lulus.

"Dengan beasiswa sampai lulus kuliah ini, saya berharap bisa lebih fokus ke bidang Pecak Silat untuk mengharumkan nama Indonesia dan tidak khawatir kuliah akan terganggu," ujarnya.

 

Setelah mendapat perunggu, Amri menargetkan bisa berlaga di ajang olahraga internasional lainnya, yakni Sea Games dan mungkin Olimpiade.

Amri juga memotivasi adik-adik tingkatnya di UKM Pencak Silat Untag untuk mengikuti jejaknya mengharumkan nama Untag dan juga nama Indonesia di kancah internasional.


Sumber: https://surabaya.tribunnews.com/2018/09/08/amri-rusdana-kuliah-gratis-di-untag-surabaya-setelah-raih-medali-di-asian-games-2018