APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Universitas Ahmad Dahlan Yogya Buka Rumah Sakit di Sleman

avatar penulis

Anggi Maulinda

26 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Ahmad Dahlan Yogya Buka Rumah Sakit di Sleman

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) membuka Rumah Sakit Universitas Ahmad Dahlan (RSUD) yang terletak di Jalan Cendelaras Raya, Karangsari, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, Ahad (12/2).

 

“Ini merupakan upaya UAD untuk memperkuat amanah Mukhtamar Muhammadiyah di Makassar. Di mana kita harus mengembangkan berbagai bentuk amal usaha, salah satunya melalui bidang kesehatan,” tutur Rektor UAD, Kasiarno di halaman RSUAD, Ahad.

 

Menurutnya, RSUAD dapat menjadi arena pengembangan ilmu praktis dari universitas. Sebab saat ini UAD telah memiliki beberapa departemen keilmuan yang berkaitan dengan kajian kesehatan di antaranya farmasi dan ilmu kesehatan.

 

Sebelum diresmikan sebagai RSUAD, rumah sakit yang memiliki bangunan seluas 3.000 meter persegi itu merupakan RS Holistika Medika. Namun diakuisisi oleh UAD sejak akhir tahun lalu. “Namun proses akuisisi ini sangat singkat. Hanya membutuhkan waktu 20 menit dengan transaksi Rp 24 miliar,” kata Ketua Tim Akuisisi RSUAD, Safar Nasir.

 

Ia mengatakan, kemudahan dalam proses pemindahtanganan tersebut dilatarbelakangi oleh visi yang sama antara UAD dan PT Nurinsani. Di mana keduanya sama-sama ingin memberi manfaat yang besar bagi umat.  Selain itu, hal tersebut membuktikan bahwa PT Nurinsani memiliki kepercayaan yang tinggi kepada bagian organisasi Muhammadiyah, terutama untuk pengembangan bidang kesehatan. Adapun saat ini RSUAD memiliki kapasitas 53 tempat tidur dan terhubung dengan BPJS. Selain itu, rumah sakit ini pun dilengkapi oleh berbagai faslitias pelayanan, seperti IGD, Klinik Gigi dan Mulut, Klinik Penyakit Dalam, dan Klinik Saraf.

 

“Jumlah tenaga medis kami sekarang 90 orang. Terdiri dari dokter, perawat, labolatoran, petugas farmasi, dan sebagainya,” kata pria yang juga merupakan Wakil Rektor II UAD itu menjelaskan. Ke depannya pihak pengelola, berencana untuk meningkatkan status RSUAD menjadi rumah sakit tipe C dan smart heatlh.

 

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir menyambut baik peresmian RSUAD. Keberadaan rumah sakit tersebut akan memperkuat amal usaha Muhammadiyah yang sudah ada.

 

Ia berharap, RSUAD bisa beroperasi sesuai dengan taglinenya, yaitu menolong dengan ramah. “Ini merupakan bentuk ekspansi amaliah UAD. Semoga ke depannya RSUAD bisa benar-benar menolong dengan ramah. Karena saat ini banyak juga yang menolong tapi tidak ramah,” ujar Haedar.

http://republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/17/02/12/ol90c9382-universitas-ahmad-dahlan-yogya-buka-rumah-sakit-di-sleman