APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kuliah Umum Bersama : Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Periode 2009 – 2014

avatar penulis

Anisa estu murbawani

8 April 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Kuliah Umum dengan tema “Penguatan Kompetensi Generasi Milineal Menuju Kejayaan Indonesia 2045” digelar di Auditorium Universitas Baiturrahmah Padang pada hari Kamis tanggal 16 Maret 2017. Kegiatan ini menghadirkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Periode 2009-2014, Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA sebagai pembicara.

Kuliah umum kali ini dihadiri ketua Yayasan Pendidikan Baiturrahmah beserta ibu, Sekretaris Kopertis Wilayah X, Mantan Rektor Unand, para undangan lainnya, mahasiswa Unbrah dari semua program studi yang ada di lingkungan Unbrah dan mahasiswa dari PT lain. Jumlah peserta lebih kurang 600 mahasiswa yang penuh sesak memadati Auditorium Unbrah.

Kegiatan kuliah umum ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS selaku Rektor Unbrah. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Prof. Mohammad Nuh, DEA yang telah meluangkan waktu untuk dapat hadir di Auditorium Unbrah untuk berbagi pengalaman dalam rangka menyiapkan generasi emas menuju kejayaan Indonesia di tahun emas (2045). Pada kesempatan tersebut, Rektor juga menyampaikan, bahwa walaupun Unbrah kecil dibandingkan PTN lainnya, namun kami berkomitmen menjadikan Unbrah “Small is Beautifull”. Untuk itu, Unbrah saat ini sedang melakukan percepatan peningkatan kualitas secara keseluruhan.

Dalam upaya meningkatan kualitas Tridharma PT bidang penelitian, Unbrah telah memiliki Pusat Kajian Lansia (Center for Research on Healthy Aging), peningkatan kapasitas Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan melakukan workshop dan klinik penyusunan proposal penelitian. Dalam mendukung proses pembelajaran berkualitas, Unbrah telah memiliki Rumah Sakit Pendidikan sendiri (RS Siti Rahmah dan RSGM), 100 unit Computer Based Test (CBT) yang terstandar. Di bidang kemahasiswaan, Unbrah melaksanakan Holistic Spritual Qurani (HSQ) tiap tahun untuk mahasiswa baru. Bukti kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan Unbrah, alhamdullilah secara institusi sudah terakreditas B, demikian juga prodi yang ada di lingkungan Unbrah hampir seluruhnya terakreditasi B. Selain memperkenalkan lebih dekat eksistensi Unbrah kepada Prof. Mohammad Nuh, Rektor juga sekaligus mencanangkan kegiatan kuliah umum seperti ini akan dilaksanakan setiap bulan sebagai wujud komitmen Unbrah meningkatkan wawasan mahasiswa.

Dalam pemaparannya selama 3 jam, mantan Rektor Institut Teknologi Surabaya yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Mega Syariah, Prof. Mohammad Nuh mengingatkan bahwa generasi mahasiswa saat ini akan menggantikan generasi sebelumnya pada tahun 2045. Untuk itu, mahasiswa perlu menyiapkan diri seoptimal mungkin untuk dapat menangkap semua kesempatan/peluang yang ada. Lebih lanjut beliau mengatakan, untuk menjadi generasi Milineal maka kita harus memiliki ketiga kompetensi yaitu kecerdasan, kejujuran dan keterampilan. Jika hanya menjadi orang yang jujur saja, maka orang tersebut tidak dapat melakukan apa-apa, demikian juga jika hanya mengandalkan kecerdasan saja, maka orang tersebut akan salah arah. Intinya, untuk mendapatkan generasi emas, maka setiap orang harus memiliki ketiga kompetensi yang lahir dari proses pembentukan domain attitude, skill dan knowladge yang sebagian besar terbentuk dalam proses perkuliahan.

Pada akhir pemaparan, moderator yang dibawakan oleh Amrullah, SE, MSi memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk interaktif dengan narasumber. Mahasiswa sangat antusias memberikan pertanyaan yang diselingi tepuk tangan dari peserta lainnya. Sebagai wujud dari tumbuhnya akademik atmosfir di Unbrah, Prof. Mohammad Nuh memberikan beberapa buku beliau kepada para mahasiswa yang memberikan pertanyaan di sesi interaktif.

Tepat jam 12.20 kegiatan kuliah umum bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 2009-2014 berakhir. Pada kesempatan terakhir, moderator mengucapkan terima kasih atas partisipasi mahasiswa yang dengan hikmat mendengarkan kuliah umum ini dan mohon maaf jika terdapat kejanggalan dan kesalahan dalam menjalankan peran sebagai moderator (Exa).

https://www.unbrah.ac.id/