redesain-navbar Portlet

redesain-kampus-pintar Portlet

UI GreenMetric : UNIB Kampus Hijau Ranking 23 Nasional dan 423 Dunia

Azrul Prayoga

17 March 2020 0 Komentar

Image Article

Universitas Bengkulu (UNIB) merupakan salah satu dari 72 perguruan tinggi di Indonesia yang kembali berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus hijau tingkat nasional dan internasional yang dilakukan lembaga pemeringkatan Universitas Indonesia (UI) GreenMetric.

Dibanding tahun 2018 lalu, pada tahun 2019 ini rangking UNIB sedikit lebih baik, yaitu dari rangking 29 menjadi ranking 23 tingkat nasional. Kemudian untuk tingkat dunia, dari rangking 494 pada tahun 2018 menjadi ranking 423 pada tahun 2019. Untuk tingkat dunia ini, pemeringkatan diikuti 780 universitas dari 85 negara di dunia.

Pengumuman ranking kampus hijau nasional dan internasional versi UI GreenMetric dilakukan hari Selasa, 3 Desember 2019 lalu di Kampus UI Depok. Dari pengumuman itu, kampus di Indonesia yang menempati posisi teratas masih Universitas Indonesia (UI), diikuti Institut Pertanian Bogor dan Universitas Gadjah Mada pada urutan kedua dan ketiga sebagai Kampus Hijau di Indonesia.

Sedangkan Kampus Hijau tingkat dunia berdasarkan UI GreenMetric World University Rankings 2019, rangking pertama adalah Wageningen University and Research, Belanda. Peringkat kedua dan ketiga dunia diraih University of Oxford, Inggris dan University of California Davis, Amerika Serikat.

Informasi dihimpun Humas UNIB dari berbagai sumber, UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau.

Pemeringkatan UI GreenMetric of World Universities dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es) dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), dan Pendidikan (18%).

Pada tahun 2010-2012, ranking UNIB versi UI GreenMetric pernah menempati posisi 10 besar tingkat nasional. Namun, seiring semakin banyak perguruan tinggi yang berpartisipasi maka posisi UNIB bergeser ke 20-30 besar tingkat nasional yang merupakan posisi cukup mentereng jika dibandingkan ribuan perguruan tinggi lainnya se-antero Indonesia.

Pada tahun 2019 ini, perguruan tinggi di Indonesia yang menempati ranking 10 besar kampus hijau adalah : 1. Universitas Indonesia, 2. Institute Pertanian Bogor, 3. Uiversitas Gajah Mada, 4. Universitas Diponegoro, 5. Institute Teknologi Sepuluh Nopember, 6. Universitas Negeri Semarang, 7. Universitas Sebelas Maret, 8. Universitas Islam Indonesia, 9. Telkom University, dan 10. Universitas Padjajaran.

Sedangkan 10 peringkat teratas kampus hijau skala dunia versi UI GreenMetric 2019 adalah : 1. Wageningen Universityy and Research, 2. University of Oxford, 3. University of California Davis, 4. University of Nottingham, 5. Nottingham Trent University, 6. Umwelt-Campus Birkenfeld, 7. Leiden University, 8. University of Groningen, 9. University College Cork, dan 10. Bangor University.

(unib.ac.id)

komentar

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp