APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Dosen UG Berhasil Publish Penelitian di Jurnal Bereputasi Internasional

avatar penulis

tisya tisya

14 August 2019

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Para Dosen Universitas Gorontalo (UG) semakin gencar untuk berlomba-lomba dalam mengejar kredit poin, baik dibidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan maupun pengabdian kepada masyarakat, termasuk didalamnya publikasi ilmiah.

Seperti halnya yang dilakukan salah seorang Dosen Fakultas Ekonomi UG yaitu Dr. Ec. H. Ilyas Lamuda, MM dalam penelitiannya (Disertasi) yang berjudul “The Effect of firm Size and profitability on banking industry : Evidence from Indonesia Stock Exchange” dalam bahasa Indonesia “Pengaruh Ukuran perusahaan dan profitabilitas pada industri perbankan: Bukti dari Bursa Efek Indonesia”. Dimana, penelitiannya ini telah berhasil dipublikasikan dalam jurnal bereputasi internasional, yakni pada International Journal of Economic Perspectives melalui pengukuran Scimago Journal Rank (SJR) dan pangkalan jurnal internasional.

Dr. Ec. H. Ilyas Lamuda, MM mengatakan, jurnal yang terindeks internasional merupakan output yang penting untuk meningkatkan reputasi sebuah perguruan tinggi. Untuk itu, perlu adanya publikasi output penelitian yang memiliki reputasi internasional dan tentunya memiliki hak kekayaan intelektual serta hak paten.

“Alhamdulillah saya senang dan turut bangga dapat memberikan kontribusi bagi kampus karena ini merupakan bagian dari misi UG saat ini untuk menjadi kampus yang memiliki reputasi, baik di kancah nasional maupun internasional,” imbuh Ilyas.

Sementara itu, Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH mengaku, bangga dan menyambut baik terkait keberhasilan ini, dimana sudah mulai nampak dosen-dosen yang benar-benar ingin memberikan kontribusinya, tidak hanya bagi dirinya sendiri tapi juga bagi kampus.

“Saya senang ada rekan dosen yang sudah mulai merambah ke tingkat internasional, dan tidak hanya aktif pada forum ilmiah saja, akan tetapi juga mampu berkontribusi lewat publikasi ilmiah di jurnal-jurnal yang telah terakreditasi nasional dan bereputasi internasional,” tutur Ibrahim.

Selebihnya Ibrahim berharap langkah Ilyas Lamuda ini, dapat diikuti oleh rekan-rekan dosen lainnya di lingkungan UG, dan semoga kedepannya semakin banyak lagi dosen UG yang hasil penelitian atau karya ilmiahnya termuat pada jurnal bereputasi internasional.

“Saya lihat nampaknya dosen-dosen kita (UG) makin aktif dalam mempublikasikan tulisan mereka, bahkan ada juga yang telah menerbitkan buku, baik sendiri maupun kolaborasi dengan dosen dari perguruan tinggi lain di Indonesia,” tandasnya. (hmsug)