APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Juara Lomba Debat Konstitusi

avatar penulis

Anita cahyaningrum

21 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Bertempat di Hotel Aston, pada tanggal 15 Februari 2018, pukul 08.00 wita sampai sore hari, diadakan LOMBA DEBAT KONSTITUSI yang diadakan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI). Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) Mataram mendapat undangan khusus oleh MPR-RI untuk ikut pada lomba debat tersebut.

Tim Fakultas Hukum UNIZAR mendapat kesempatan untuk mewakili lomba debat tersebut. Tim kami terdiri dari Ibu Sri Karyati, SH., MH., sebagi dosen pendamping dan sebagai tim debat adalah saudari Eka Nurliantiuswatun Hassanah (semester 5 Fak. Hukum UNIZAR), saudari Selfi Ami Susanti (semester 3 Fak. Hukum UNIZAR), dan saudara Sulpaedi Zaen (semester 5 Fak. Hukum UNIZAR). Tim debat membutuhkan waktu selama 15 hari untuk latihan sebelum lomba debat dimulai, bertempat di kampus UNIZAR dan di dampingi oleh ibu dosen.

Dalam lomba debat tersebut, UNIZAR mendapat posisi Juara III tahapan seleksi daerah wilayah regional NTB seluruh Indonesia dengan mosi perdebatan:

  1. Penguatan kewenangan DPD setara dengan DPR.
  2. Untuk melakukan sistem ketatanegaraan tidak diperlukan perubahan kelima terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  3. Gubernur, Bupati, dan Walikota dipilih oleh DPRD.
  4. Pelaksanaan Sidang Tahunan.
  5. Penunjukan Gubernur oleh Presiden.
  6. MPR membuatkan ketetapan MPR yang bersifat mengatur.

Dewan juri berasal dari 2 orang anggota MPR dan 1 orang wakil bidang kajian SEKJEN MPR.

 

Sumber : http://id.unizar.ac.id