APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Pelajari Kearifan Lokal, Prodi Biologi Undang Jou Kalem Kesultanan Ternate

avatar penulis

Anita cahyaningrum

25 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Penerapan pembelajaran yang mengintegrasikan General Educationdiharapkan dapat menambah kemampuan mahasiswa yang diperoleh dari suatu bidang ilmu dengan kemampuan rasa dan perilaku yang lebih integratif. Program ini memberikan peluang bagi mahasiswa untuk memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang lingkungan hidup, sekaligus memberikan tempat seluas-luasnya bagi muatan nilai-nilai kearifan lokal Moluku Kie Raha di dalam pembelajaran.

Asumsi yang mendasari program ini adalah: (1) mahasiswa program studi Pendidikan Biologi tidak akan sukses bila kemampuan pikirnya tidak dilandasi dengan nilai-nilai luhur universal, seperti saling menghormati, berpikir positif, semangat kerjasama, toleran, bertanggung jawab,  bersikap jujur, pluralis, nasionalis, cinta tanah air, serta mengedepankan sikap-sikap kebaik-hatian, (2) sikap dan prilaku yang berlandaskan nilai-nilai tersebut nantinya dapat membantu mahasiswa saat memasuki dunia kerja maupun saat hidup bermasyarakat, (3) Moluku Kie Raha memiliki perangkat kultural yang beragam mulai dari seni (seperti BaronggengTogaldsb), bahasa, etnis, peninggalan sejarah, tradisi adat (seperti tradisi Joko Kaha dan Barifoladsb), dan sastra-sastra lisan (seperti Dola BololoTamsilMantra, Rorasa) yang kaya makna filosofis dan kearifan yang mengajak pada kebaik-hatian, (4) mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup adalah mata kuliah wajib yang menekankan pada aspek afektif terutama yang terkait dengan pola hubungan manusia dengan alam, dan manusia dengan mahluk hidup lain di sekitarnya sehingga dapat mengintegrasi nilai-nilai kearifan, dan (5) program ini mendukung program Nawacita yang dicanangkan oleh pemerintah saat ini.

Rancangan tema dan model belajar Kuliah Tokoh mengikuti rancangan di dalam perangkat pembelajaran. Tema kuliah tokoh adalah “Ekologi: Manusia, Hewan dan Tumbuhan dalam Perspektif Kearifan Moluku Kie Raha”.

Kuliah Tokoh ini menggunakan jasa tokoh budaya lokal sebagai narasumber, didampingi oleh dosen pengasuh mata kuliah yang telah mengikuti pelatihan penerapan General Edukation pada General Education tahun 2017. Narasumber tokoh adalah H. Ridwan DeroJou Kalem di Kesultanan Ternate. Targetnya adalah mahasiswa Pendidikan Biologi peserta mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup  yang terdiri atas 3 rombongan belajar dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan bidang lingkungan hidup, serta memilki penghayatan yang kuat terhadap nilai-nilai kearifan Moluku Kie Raha.

 

Sumber : http://unkhair.ac.id