APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Mahasiswa KKN UKIP Makassar Sulap Kotoran Kerbau di Pasar Bolu Jadi Biogas

avatar penulis

Fikha Ardiani

31 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

KAREBATORAJA.COM, TALLUNGLIPU — Mahasiswa yang berasal dari kampus Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKIP) Paulus Makassar yang sedang menggelar program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang berposko di Tallunglipu Kelurahan Rantepaku, patut diacungi jempol.


Mahasiswa-mahasiswa kreatif ini berhasil menyulap kotoran kerbau di kompleks Pasar Hewan Bolu menjadi biogas yang bisa menjadi alternatif energi penggati gas elpiji.

Dewi Rammang, salah seorang mahasiswa KKN-PPM UKIP Makassar, kepada karebatoraja.com, mengatakan program ini merupakan program dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dan UKIP Paulus sebagai pelaksana program.

Dewi Rammang mengurai cara pembuatan biogas dimulai dari pengambilan kotoran hewan (kerbau) di Pasar Bolu yang masih basah dan tidak tercampur bahan kimia, setelah itu dilakukan proses pencampuran air dan kotoran kerbau,dimana takarannya 1 banding 1, dimana air yang digunakan tidak boleh bercampur dengan bahan kimia karna akan mengganggu proses fermentasi, setelah dicampur maka dimasukkan kedalam tabung yg telah didesain khusus, dimana tabung itu dipasangkan sambungan ke kompor sebagai wadah pemanfaat gas menjadi api. Setelah sesuai takaran yg diinginkan, tabung ditutup rapat dan terjadilah proses fermentasi dimana pada hari ke-7 sudah menghasilkan gas, dan akan maksimal menghasilkan gas pada hari ke 20, setelah itu gas bisa digunakan.

Dewi Rammang lanjut menjelaskan alasannya membuat program biogas karena melihat peluang dimana kotoran kerbau sangat melimpah di daerah kecamatan Tallunglipu, sedangkan pemanfaatannya masih kurang hanya berfokus pada penggunaan pupuk saja.

“Untuk itu kami melakukan KKN-PPM dan berkoordinasi dengan dosen di kampus untuk melaksanakan suatu penelitian bagaimana pemanfaatan limbah kotoran kerbau menjadi biogas. Dan bekerjasama dengan KEMENRISTEK DIKTI untuk melaksanakan kegiatan ini,” jelas Dewi Rammang.

Biogas hasil inovasi mahasiswa ini akan diperuntukan untuk masyarakat sekitar Kelurahan Rantepaku, Kecamatan Tallunglipu, kabupaten Toraja Utara. (Arsyad Parende)