APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA SEMINARKAN HASIL PENELITIAN BEKERJASAMA DENGAN FACULTY OF BUSINESS, MULTIMEDIA UNIVERSITY MALAYSIA

avatar penulis

Azizul Pradna Qoidani

28 March 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA SEMINARKAN HASIL PENELITIAN BEKERJASAMA DENGAN FACULTY OF BUSINESS, MULTIMEDIA UNIVERSITY MALAYSIA

Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan kerjasama dengan Faculty of Business Multimedia University (MMU), Malaysia pada bidang penelitian dengan tema kajian "Tourism and Social Media."

Hasil penelitian awal diseminarkan pada tanggal 22 Maret 2018 di Multimedia University, Malaka, Malaysia. Ada tiga hasil riset yang dipresentasikan secara panel yaitu, 1. Motif menggunakan media online di kalangan remaja (survei di Jakarta dan Bandung), oleh Ponco Budi Sulistyo, PhD, 2. Optimalisasi media sosial untuk promosi pariwisata, oleh Sofia Aunul, M.Si dan Rahmadya Putra, M.Si, 3. City branding melalui transmedia storytelling oleh Eka Perwitasari M.Ed dan Dicky Andika, M.Si

Menurut Ponco Budi Sulistyo, Ph.D, Kaprodi Ilmu Komunikasi Fikom UMB, kerjasama penelitian dengan MMU ini sebagai salah satu wujud implementasi dari visi UMB yakni memenuhi Kebutuhan Industri dan Masyarakat dalam Persaingan Global Pada tahun 2024.

Sementara itu, Dekan Faculty of Business, MMU, Prof. Madya Dr. Gerald Goh mengatakan bahwa kerjasama riset ini dapat memberikan nilai strategis bagi kedua belah pihak dengan tema-tema yang sesuai dengan kondisi global yang terjadi saat ini "kerjasama di bidang riset dengan UMB akan memberikan nilai strategis bagi kedua belah pihak," ujarnya.

Ponco menjelaskan bahwa kerjasama riset ini akan dilakukan secara berkelanjutan melihat fenomena sosial yang terus berubah “kita ingin terus melakukan riset bersama sehingga membawa manfaat bagi masyarakat dan industri yang ada, baik di Indonesia maupun di Malaysia serta mempererat persaudaraan antar dua negara tetangga” imbuhnya.

Pada kesempatan ini juga dipresentasikan tentang program yang dapat mendeteksi perhatian orang ketika melakukan komunikasi. Program tersebut adalah Multimedia Attention Tracking Agent (MATA) hasil inovasi dari Faculty of Enginnering, MMU. Selanjutnya diharapkan program ini dapat juga dikembangkan dalam kerjasama riset antara Fikom UMB dan MMU. Dosen Faculty of Engineering, MMU, Dennis Wong selaku pengembang program ini menyambut baik kerjasama riset terkait temuannya ini. "Semoga kita sapat mengembangkannya bersama-sama dan bermanfaat bagi kedua universitas dan juga masyarakat," imbuhnya.

Kegiatan seminar penelitian ini dihadiri oleh dosen-dosen dan mahasiswa Faculty of Business, MMU dan juga mahasiswa dari Fikom UMB.