APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

DIALOG INTERAKTIF PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI TANAH PAPUA

avatar penulis

Azrul Prayoga

17 April 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pada tanggal 4 Mei 2019, diadakan Dialog Interaktif dengan empat narasumber yaitu Bupati Kabupaten Merauke Bapak Frederikus Gebze, S.E., M.Si, Rektor Universitas Musamus (Unmus) Dr. Philipus Betaubun, Rektor Universitas Cendrawasih (Uncen) Dr. Apolo Safanpo, dan Rektor Universitas Papua (Unipa) Dr. Jacob Manusawai dengan tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia di Tanah Papua. Dialog ini dilaksanakan di Ruang Rapat Soter Nautje, Unmus dan disiarkan secara langsung melalui siaran Radio Republik Indonesia (RRI) Merauke pada pukul 08.00 WIT sampai pukul 09.00 WIT. Bertindak sebagai moderator dalam acara ini adalah Bung Jack Resubun dari RRI Merauke.

Dalam Dialog Interaktif ini, para Rektor menyampaikan pandangannya, di mana Rektor Unmus menyampaikan upaya Unmus untuk meningkatkan SDM di Tanah Papua dengan meningkatkan akreditasi jurusan-jurusan yang ada di Universitas Musamus, di mana semua Jurusan di Universitas Musamus berhasil meraih akreditasi B, begitu pula institusi Universitas Musamus memperoleh peringkat B, selain itu peningkatan SDM dengan mendatangkan dosen pakar untuk memberikan pelatihan kepada para dosen dan tendik. Kemudian Rektor Uncen menyampaikan langkah pengembangan SDM yaitu dengan menyesuaikan kurikulum pada semua mata kuliah di Uncen mengikuti perkembangan kurikulum terbaru dan juga mengikuti perkembangan dunia kerja agar lulusan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja di dunia kerja.

Terakhir Rektor Unipa menempuh langkah peningkatan SDM dosen dan tendik di Unipa, mendirikan program pasca sarjana S2 dan S3 untuk memenuhi permintaan kebutuhan tenaga Magister dan Doktor di Provinsi Papua, khususnya di Papua Barat, selain itu, Unipa juga mengutamakan pendekatan kearifan lokal untuk membantu pemprov dan pemda di Papua Barat dalam upaya Pelestarian dan Konservasi Alam di wilayah tersebut. Sementara itu Bupati Merauke menyampaikan dukungannya terhadap semua Perguruan Tinggi di Papua untuk mengembangkan sumber daya manusia di Tanah Papua, dan berharap langkah-langkah yang telah ditempuh yang disampaikan oleh para Rektor terus dikembangkan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan mulia tersebut.

Dialog ini mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat dengan adanya pertanyaan dari perwakilan mahasiswa yang hadir dalam dialog interaktif tersebut dan juga dari para pendengar siaran RRI di Kabupaten Merauke melalui pesan singkat di line telepon 085244581858. Perwakilan Mahasiswa yang bertanya adalah David K. dari jurusan Teknik Informatika Universitas Musamus. Karena keterbatasan waktu, maka jumlah penanya dibatasi. Dialog ditutup dengan closing statement dari Rektor Unmus, Rektor Uncen, Rektor Unipa serta Bupati Kabupaten Merauke.

(unmus.ac.id)