APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

PUSAN National University Korea Jalin Kerjasama dengan UNIMED dan USU

avatar penulis

Azrul Prayoga

12 March 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pusan National University Korea jalin kerjasama dengan Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan Universitas Sumatera Utara (USU) dengan menandatangani perjanjian kerjasama berupa Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA). Penandatanganan berlangsung oleh Rektor Dr Syamsul Gultom, SKM, M Kes, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, diwakili oleh Wakil Rektor IV Bidang Informasi, Perencanaan, dan Pengembangan USU Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME dan President of Pusan National University yang diwakili oleh Prof. Wonsub Chung, Ph D. di Ruang Rapat Senat Akademik Gedung Biro Pusat Administrasi USU lantai 2 Medan, Jum’at (24/1).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Rektor I Dr. Restu, MS., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Dekan FBS, Dekan FT, Staf Ahli Wakil Rektor IV dan beberapa dosen Unimed. Hadir juga Rektor Universitas Katolik Santo Thomas, Rektor Universitas Prima Indonesia, para Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dari 7 kabupaten di kawasan Danau Toba yakni Kabupaten Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara dan Toba Samosir.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM, M Kes. mengapresiasi acara ini, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pusan National University atas kepercayaannya membangun kerjasama kepada UNIMED dan USU. Menurutnya, pelaksanaan MoU dan MoA ini dapat mendukung program Pemerintah dalam pengembangan pembangunan kebudayaan, dalam hal Pengelolaan Kekayaan Budaya dan Pengembangan Nilai Budaya di Sumatera Utara. Kerjasama ini diharapkan mampu menjadi jembatan bagi lembaga-lembaga yang terlibat, baik Universitas Negeri Medan, Universitas Sumatera Utara, dan Korean Traditional Custome Research Institute Pusan University, untuk menggali potensi budaya yang ada di kedua negara, memperkenalkannya secara luas serta menjadikannya sebagai salah satu keunggulan, khususnya dalam bidang pendidikan, budaya dan pariwisata. Dikatakannya, Indonesia dan Korea merupakan dua negara yang masing-masing memiliki tradisi dan unsur-unsur pembangun kebudayaan itu sendiri. Ragamnya pun beraneka banyaknya, mulai dari tarian, nyanyian, dan lain-lain.

Sementara Prof. Wonsub Chung, Ph D, dari Pusan National University, menyampaikan ucapan terima kasihnya atas terlaksananya MoU pada hari ini, dan menyatakan kesiapannya untuk mendiskusikan lebih lanjut hal-hal apa saja yang dilakukan untuk tindak lanjut penandatanganan kerjasama tersebut.

(unimed.ac.id)