APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Tunjukan Serunya Kuliah di UPH pada 4.145 Mahasiswa Baru Melalui ‘Discover’ UPH Festival 2019

avatar penulis

UPH IMPACTS LIVES

3 October 2019

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Pelita Harapan (UPH) menyambut 4.145 mahasiswa baru dalam acara tahunan terbesarnya, UPH Festival 2019 ‘Grace Upon Grace’. Dengan mengangkat tema “DISCOVER” di hari pertama yang berlangsung pada 14 Agustus 2019, UPH memperkenalkan mahasiswa baru terhadap kehidupan kampus yang baru dipijaki mereka dalam sesi Campus Life Introduction di Basketball Court UPH kampus Lippo Village. Tujuan dari sesi ini yaitu agar mahasiswa dapat mengetahui serunya berkuliah di kampus UPH dan gambaran apa yang dapat mereka jalani selama masa perkuliahan.

Beragam informasi penting disampaikan antara lain; video profile kampus UPH, organisasi kemahasiswaan yang ada di UPH, berbagai fasilitas yang mendukung aktivitas mahasiswa di kampus UPH, support systems yang hadir untuk membantu mahasiswa UPH selama perkuliahan, dan berbagai macam UKM sebagai sarana mahasiswa dalam mengembangkan minat dan talentanya.

Sesi ini diawali dengan diputarnya video sambutan dari Rektor UPH Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc., yang diikuti oleh video sambutan dari pimpinan rektorat lainnya. Dalam sambutannya, terlihat Rektor UPH sangat antusias dalam menyambut mahasiswa baru dan beliau menyampaikan pesan tentang visi UPH sebagai kampus yang holistis dan transformatif.

Selanjutnya, mahasiswa baru mendapatkan penjelasan singkat mengenai organisasi kemahasiswaan yang ada di UPH. Organisasi kemahasiswaan ini dapat digunakan sebagai sarana mahasiswa dalam mengasah dan mengembangkan soft skills, juga leadership mereka. Beberapa organisasi yang dijelaskan antara lain; Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), MPM, Mentoring, Service Learning Community (SLC), dan Ambassadors of UPH.

Para mahasiswa baru juga dikenalkan terhadap sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) melalui pemutaran video. Video tersebut memperlihatkan secara langsung kegiatan yang dilakukan oleh UKM-UKM yang ada di UPH.

Selain itu, berbagai fasilitas yang ada di UPH seperti  Gym, Johannes Oentoro Library, fasilitas sports, klinik UPH, e-sports dan penjelasan sistem pembayaran di UPH juga tidak lupa diberitahukan kepada mahasiswa baru.

Diakhir sesi ini, terdapat pemutaran video testimonial dari beberapa mahasiswa UPH. Salah satu diantara mereka memberikan testimoni tentang Faculty of Liberal Arts (FLA) yang tidak ada di kampus lainnya. FLA ini wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa UPH dengan tujuan agar mahasiswa UPH tidak hanya dibekali secara intelektual, tetapi sekaligus dapat berpikir kritis, bijaksana, dan memiliki problem solving yang baik. FLA juga diakui dapat melengkapi mahasiswa UPH dalam menjalani mata kuliah sesuai program studinya dan berguna bagi pekerjaan di masa depan.

Selain mengikuti Campus Life Introduction, para mahasiswa baru akan terus mengikuti rangkaian acara UPH Festival 2019 yang akan ditutup dengan Closing Ceremony dan Fireworks pada 17 Agustus 2019.

Melalui pengenalan ini, para mahasiswa baru terlihat antusias untuk memasuki kehidupan  perkuliahan di UPH. Berikut testimoni para mahasiswa baru:

Rahel – Mahasiswi Baru Faculty of Nursing (FoN)

“Setelah mendengar penjelasan tentang UKM tadi, aku sangat tertarik untuk mengikuti UKM Choir UPH. Aku juga tertarik untuk ikut organisasi kemahasiswaan seperti BEM atau Mentoring untuk mengembangkan soft skill aku dan sekaligus membangun relasi”, ungkap Rahel.

Berkati – Mahasiswa Baru Teacher College

“Secara pribadi, aku tertarik dengan UKM musik khususnya band. Aku juga tertarik untuk ikut BEM UPH nanti pada saat kuliah”, tutur Berkati.

Riyo – Mahasiswa Baru Teacher College

“Kalau aku tertarik dengan UKM olahraga, seperti futsal. Aku juga ingin ikut Mentoring karena terinspirasi juga dari kakak mentor aku saat ini”, kata Riyo.