APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Hulu Migas Membangun Pribadi Berkarakter Pejuang

avatar penulis

nurzubai ca

19 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Proklamasi 45 bekerja sama dengan SKK Migas - KKKS Papua dan Maluku menyelenggarakan Capacity Building “The Ambasador” Wilayah Papua & Maluku” dengan tema “Hulu Migas Membangun Pribadi Berkarakter Pejuang” pada 28 Mei 2018 di Ruang Seminar Gedung Soekarno UP45. Peserta dari acara ini adalah mahasiswa/I asal Papua-Maluku yang berkuliah di UPN “Veteran”, STTNas, UP 45, UGM dan UTS Akprind.

Dipilihnya Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta sebagai penyelenggara karena 2 alasan yaitu: (1) Fokus studi di bidang-bidang yang mengarahkan karir pada industri yang bergerak di bidang energi, khususnya Minyak dan Gas; (2) Jumlah mahasiswa asal Papua dan Maluku di UP45 Yogyakarta prosentasenya mencapai 30-40%, sehingga merupakan institusi yang strategis dalam menyiapkan anak-anak asal Papua dan Maluku sebagai Ambasador (duta perubahan), sehingga kelak dapat ikut berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah dan khususnya di Industri Hulu Migas.

Salah satu tujuan pelaksanaan Capacity Buiding “The Ambasador” Wilayah Papua dan Maluku adalah menjadikan penduduk setempat sebagai tuan rumah di daerah, sehingga merasa berkepentingan untuk bekerja sama dengan lembaga pendidikan seperti UP45 Yogyakarta dalam mewujudkannya melalui program-program pendidikan. Beberapa contoh orang asli asal Papua dan Maluku sebagai Ambasador-ambassador yang telah berhasil diharapkan dapat memberikan inspirasi, sehingga mahasiswa Geoscience asal Papua dan Maluku Jurusan Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan, Teknik Geologi dan Teknik Lingkungan yang kuliah di UP45, UGM, UPN ”Veteran”, STTNas dan UST “Akprind” Yogyakarta  dapat memaksimalkan proses pendidikan selama di Yogyakarta. Mereka diharapkan dapat saling mendorong kemajuan pengembangan kapasitas pribadi melalui penguatan komunitas Papua dan Maluku. Komunitas ini bersifat membekali mereka agar mampu mengembangkan kemandirian dan profesionalitas di bidangnya.

Melalui dialog yang bersifat kekeluargaan dan inspiratif, diharapkan mahasiswa yang berasal dari daerah yang sama dapat menjalin hubungan emosional yang konstruktif dan saling  berbagi dan inspiratif, diharapkan setiap mahasiswa asal Papua dan Maluku yang menempuh studi di kampus-kampus tersebut dapat menyelesaikan studi dengan baik dan berkarir di bidang yang dituju. Untuk itu, perlu diselenggarakan sebuah kegiatan yang dapat menginisiasi komunitas yang konstruktif tersebut, yang bersifat tukar pengalaman dari Pakar dari beberapa KKKS, praktisi dan orang-orang yang dapat dijadikan sebagai role model antara lain Christina (BP), Yanto Kambu (BP), dan Jaky Latuperisa (Pengusaha/Alumnus UP45). Oleh karena itu dalam kegiatan yang akan dilaksanakan ini, sasarannya adalah mahasiwa/i asal Papua Maluku dari beberapa perguruan tinggi yang sesuai, yaitu: UPN “Veteran”, STTNas, UP 45, UGM dan UST Akprind.