APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Resmi Dibuka, Sekolah Parlemen Kampus 2017 di Kampus Unsika Karawang

avatar penulis

Azizul Pradna Qoidani

22 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Resmi Dibuka, Sekolah Parlemen Kampus 2017 di Kampus Unsika Karawang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekolah Parlemen Kampus 2017 resmi dibuka di kampus Unsika, Karawang, Jawa Barat.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI A. Riza Patria secara simbolis membuka acara ini sekaligus membuka pula Seminar Nasional "Pemilu Nasional Serentak 2019: Dinamika dan Tantangannya".

Acara ini diikuti 250 mahasiswa dari 11 Perguruan Tinggi yang berada di Bekasi, Karawang, Purwakarta, dan Subang.

Sedianya, kegiatan Sekolah Parlemen Kampus 2017 ini akan dibuka Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Namun, karena ia terhambat kemacetan di jalan tol, acara pun dibuka Riza Patria.

Sekolah Parlemen Kampus 2017 ini, diselenggarakan atas kerja sama Biro Pemberitaan Parlemen, Sekretariat Jenderal DPR RI dengan Universitas Singaperbangsa  Karawang (Unsika) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang.

"Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat baik dan menjadi penting. Sekarang bangsa-bangsa di dunia mengedepankan pentingnya sebuah demokrasi dan kedaulatan bangsa," kata Ariza, sapaan akrab A. Riza Patria dalam sambutannya di Aula Kantor Bupati Karawang, Sabtu (29/4/2017).

Kegiatan ini, lanjut Ariza yang juga Wakil Ketua Pansus RUU Pemilu, merupakan perencanaan edukasi dan implementasi yang penting bagi kita semua khususnya generasi muda.

"Tidak hanya untuk memahami undang-undang, tapi jauh lebih penting adalah untuk mengikuti proses demokrasi. Dan yang paling penting pada akhirnya bisa terlibat sebagai perwujudan kedaulatan rakyat khususnya melalui pilkada maupun pemilu nasional," paparnya.

Dan nantinya, kata Ariza, diharapkan melalui pilkada maupun pemilu nasional dapat menghasilkan kepala daerah, anggota legislatif, dan presiden serta wakil presiden yang terbaik yang dapat memajukan daerah, bangsa, dan pada akhirnya dapat menyejahterakan seluruh rakyat di daerah dan di seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam acara pembukaan Sekolah Parkemen Kampus 2017 antara lain, Bupati Karawang Cellica Nuracdiana, Wakil Ketua DPRD Karawang Ajang Sofandi, Sekjen DPR Acmad Djuned, Kepala Badan Keahlian Dewan Johnson Rajagukguk, dan Rektor Unsika Wahyudin Zarkasyi, serta beberapa Anggota DPRD Karawang.

Pada acara pembukaan Sekolah Parlemen Kampus 2017 ini dimeriahkan pula dengan Tari Jaipong yang ditampilkan salah satu mahasiswi Unsika Karawang.

Rangkaian kegiatan Sekolah Parlemen Kampus 2017 selain diisi Seminar Nasional, juga diisi simulasi Sidang Paripurna DPR yang dilakukan oleh 100 mahasiswa terpilih.

Selain Ariza, hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut, Wakil Ketua DPRD Karawang Ajang Safandi, Lili Romli dari LIPI, dan Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu Demokrasi August Mellaaz. (Pemberitaan DPR RI).