APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Rektor Serukan Mahasiswa Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Ikuti Jejak Pahlawan

avatar penulis

nurzubai ca

21 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Silangit - Taput (SIB)- Rektor Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA), Ir Adriani Siahaan MP mengajak seluruh mahasiswa untuk meneladani sikap dan perbuatan pahlawan demi memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Seruan itu disampaikan Adriani Siahaan kepada mahasiswa dan civitas akademika UNITA saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017 di Lapangan Kampus Bumi Pendidikan Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli di Desa Silangit, Tapanuli Utara.
Upacara yang diikuti ratusan mahasiswa dan fungsionaris UNITA ini diisi dengan pengibaran bendera Merah Putih yang dipimpin oleh Komandan Upacara, Drs Bonari Tambunan MHum yang juga Pembantu Dekan I Fakultas KIP.

Turut hadir dari fungsionaris,  PR II, Arta Hutahayan MSi, Dekan FKIP Dr Jumaria Sirait MPd, Dekan Ekonomi Joan Berlin Damanik SSi MM dan lainnya.
Lebih jauh Adriani menyampaikan, untuk memahami arti perjuangan para pahlawan dalam masa kekinian yaitu apa yang bisa kita perbuat bagi keluarga, kerabat, masyarakat terutama untuk negara tercinta.

Mahasiswa sebagai generasi muda, haruslah menjadi pemikir dan pejuang dengan memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas SDM, mengimplementasi ilmu pengetahuannya untuk mendukung program pemerintah. Dan di sela-sela menurunnya rasa nasionalisme dan muncul paham radikalisme maka mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa perlu menjaga ke-bhinnekaan tunggal ika, mempertahankan  Pancasila dan UUD 45, seru Adriani Siahaan.

Maka mari kita sama sama mengikuti jejak pahlawan kita terutama karena kampus kita menyandang nama Pahlawan Raja Sisingamangaraja XII. Jangan pernah  membedakan suku, agama, ras karena kita telah disatukan dengan Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu padu untuk membangun Indonesia, ucapnya.

Upacara dilanjutkan dengan kegiatan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII oleh Dosen dan pegawai UNITA. Kegiatan yang dilakukan di makam Sisingamangaraja XII yakni acara singkat berupa peletakan krans bunga dan doa bersama.