redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

UNTIRTA Terima Kunjungan Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI

avatar penulis

Azrul Prayoga

19 March 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Untirta menerima kunjungan koordinasi dari Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI bertempat di ruang rapat Rektorat Kampus Pakupatan Kota Serang. Kunjungan ini dalam rangka penjajakan kerjasama optimalisasi pemanfaatan potensi maritim Provinsi Banten dan peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana.

Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT menyampaikan bahwa dirinya dan institusi siap mengawal kebijakan pusat untuk diaplikasikan di Provinsi Banten. “Dari sisi sumber daya kelautan, di bawah Fakultas Pertanian Untirta secara prinsip dapat dikolaborasikan program-program yang beririsan”, ujarnya. Rektor juga menyampaikan bahwa Untirta akan berpindah tempat ke Kampus Sindangsari yang direncanakan pada bulan Juni, dan potensi di Kampus baru siap menjadi tempat publik untuk kemajuan Bangsa di bidang pendidikan. Dr. Rahmat Hidayat dari Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI menyatakan bahwa potensi Banten luar biasa. “Potensi maritim besar namun ancaman juga besar, yang diharapkan dapat berkelanjutan yaitu dari dunia Kampus”, ujarnya. Beberapa potensi tersebut diantaranya budidaya, pariwisata dan industri. “Potensi ini kita galang bersama demi kemajuan Banten”, ungkapnya. Salah satunya dengan cara membuat simposium atau seminar yang nantinya dapat menghasilkan pusat studi kemaritiman di Banten.

Catur dari BNPB mengatakan bahwa sudah ada kerjasama kecil dengan Untirta, semoga ini menjadi embrio kerjasama lanjutan untuk pengembangan Provinsi Banten khususnya di dunia kemaritiman. “Harapan kami BNPB dapat berkontribusi untuk program-program pasca bencana. Kalau ingin informasi laut datanglah ke Banten”, harapnya. “Pusat studi kemaritiman akan menjadi goal untuk kerjasama ini”, ungkapnya. Selanjutnya beliau mengatakan bahwa bencana pasti ada, dan pasti ada hikmahnya.

Dr. Tb. Entus menyampaikan bahwa banyak sekali prorgam yang membutuhkan kontribusi Kampus. “Mahasiswa magang di KKP sudah banyak dan kami berharap salah satunya Untirta diawali dengan lokakarya yang melibatkan sivitas akademika Untirta”, ungkapnya. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Rektor I, III dan IV, Ketua LPPM, Dekan Fakultas Teknik dan Pertanian, Kepala BAKP dan BUKK, Wakil Dekan Bidang I Pertanian, Dosen terkait, Kabag dan Kasubag terkait serta tim dari Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI. Diagendakan kegiatan simposium akan dilaksanakan sebelum bulan Ramadhan.

(untirta.ac.id)