redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Hebat! UT Raih Peringkat 1 Kategori Media Sosial

avatar penulis

Anita cahyaningrum

16 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Untuk pertama kalinya Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Anugerah Humas PTN dan Kopertis tahun 2017. Suatu ajang yang memberikan apresiasi kepada insan Humas yang merupakan ujung tombak dalam meningkatkan citra institusi serta memberi nilai positif dalam penyampaian informasi pada masyarakat.

Penilaian Anugerah Humas PTN dan Kopertis telah dilakukan sejak pertengahan tahun 2017 oleh dewan juri yang ditunjuk oleh Kemenristekdikti. Dewan Juri Anugerah Humas PTN dan Kopertis 2017 merupakan para profesional dalam bidang komunikasi dan kehumasan baik dengan berbagai latar belakang antara lain akademisi, pakar maupun praktisi yang bekerja secara independen dalam menilai kinerja humas PTN dan Kopertis.

Acara Penganugerahan berlangsung di tahun 2018 tepatnya 16 Januari 2018 di Universitas Sumatera Utara. Menristekdikti, Moh. Nasir menyerahkan Piagam dan plakat kepada Rektor Universitas Terbuka (UT) atas keberhasilan meraih penghargaan peringkat pertama pada anugerah humas PTN dan Kopertis untuk kategori Media Sosial, dalam acara Gala Dinner Rakernas Ristekdikti 2018 di USU Medan. UT juga masuk nominasi pada kategori Website, namun belum meraih penghargaan. Pada proses penjurian, PTN dan Kopertis dikelompokkan menjadi 5 kelompok yaitu PTN BH, PTN BLU dan Satker, PTN Baru, Politeknik, serta Kopertis.

Ada beberapa Kategori yang dilombakan dalam penghargaan tersebut, yaitu:

  1. Publisitas Terbaik
  2. Website Terbaik
  3. Media Sosial Terbaik

Humas sebagai corong atau sumber informasi, dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang sangat cepat terutama menghadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Sejalan dengan itu media sosial menjadi kebutuhan di masyarakat, dan UT menjawab tantangan itu.

Langkah awal tahun 2018 yang membanggakan dan sekaligus suatu apresiasi bagi insan Humas UT dalam menciptakan nilai positif dan penyampaian informasi di masyarakat untuk meningkatkan citra institusi.