redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Universitas Udayana Tandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Balai Taman Nasional Bali Barat

avatar penulis

Azrul Prayoga

8 April 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sebagai tindak lanjut penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Udayana dengan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang dilaksanakan pada 10 Oktober 2019, Dekan FMIPA, Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan, dan Direktur Pascasarjana Unud melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kepala Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB) di Ruang BPPS Gedung Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar, Kamis (28/11/2019).

Turut hadir dalam penandatanganan tersebut Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi Unud, Prof. IB Wyasa Putra, Direktur Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam (PIKA) Ditjen KSDAE, Wakil Dekan Fakultas, Kepala Museum Patung Burung Unud, Dosen dan pegawai serta jajaran dilingkungan Direktorat PIKA.

Prof. IB Wyasa Putra dalam penandatanganan tersebut menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan dengan KSDAE berhubungan dengan kegiatan konservasi sumber daya alam di Bali dalam hal ini dengan Fakultas MIPA, FKP dan Program Pascasarjana. Dalam mengemban tugas Tridharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat tentunya membutuhkan kerjasama, dan melalui kerjasama ini diharapkan ada eksekusi berupa program-program nyata yang diselenggarakan sehingga kedepan Universitas Udayana dapat terlibat penuh dalam konservasi sumber daya alam.

Sementara Direktur PIKA Ir. Tandya Cahyana, M.Sc menyampaikan bahwa kerjasama ini ditujukan untuk penguatan fungsi konservasi di lingkungan suaka alam dan kawasan pelestarian alam khususnya yang berada di TNBB. Melalui kerjasama ini diharapkan para pihak lebih memahami konsep konservasi sumber daya alam hayati, lebih mengenal sumber daya alam yang kaya raya di negeri kita. Diharapkan juga terjadi transfer ilmu dari Universitas Udayana kepada staf yang bertugas di lapangan dan sekaligus bisa bersama-sama mengeksplor berbagai potensi yang ada.

Melalui penandatanganan PKS antara Balai TNBB dengan Fakultas MIPA, Pascasarjana dan FKP ini diharapkan bisa diperoleh output antara lain inventarisasi dan pengelolaan keanekaragaman hayati di TNBB, pengelolaan lingkungan dan suasana kerja yang ergonomis dan pengelolaan kawasan perairan TNBB.

(unud.ac.id)