website-baru-navbar Portlet

website-baru-navbar Portlet

new-univ Portlet

Logo kampus

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Diniyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah Padang Panjang

http://www.stit-diniyyahputeri.ac.id/

Alamat

Jl. Abdul Hamid Hakim No.21 Padang Panjang Bar, Kota Padang, Sumatera Barat

Tipe

SWASTA

Status

PTS

Akreditasi

NA

PROFIL

Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang adalah Lembaga Pendidikan Islam khusus Puteri yang didirikan oleh Ibu Rahmah El Yunusiyyah pada tanggal 1 November 1923 pada saat masyarakat masih beranggapan bahwa perempuan tidak pantas dan belum berhak memperoleh pendidikan yang layak. Dengan niat yang ikhlas, Ibu Rahmah bertekad untuk mengangkatkan harkat dan martabat kaumnya, walaupun tantangan sangat berat beliau tetap berjuang selangkah demi selangkah menata Perguruan Diniyyah Puteri ini.

Pada mulanya Perguruan Diniyyah Puteri ini hanya terdiri dari tingkat SLTP saja yakni Diniyyah Menegah Pertama (DMP), kemudian Perguruan ini makin berkembang menjadi beberapa tingkatan pendidikan. Pada tahun 1964 Bunda  Rahmah mulai merintis terwujudnya cita-cita mendirikan Universitas Islam Wanita. Pada tahun mulanya bernama Akademi Diniyyah yang didirikan pada tanggal 4 Oktober 1964 yang langsung dipimpin oleh Ibu Rahmah EL Yunusiyyah. Pada tahun 1966 Akademi Diniyyah dirubah menjadi Fakultas Tarbiyah  Da`wah ( FTD ) yang dipimpin oleh Bapak H. Izzudin Marzuki Lal, yang diresmikan pada tanggal  22 November 1967,  yang dihadiri oleh Bapak Gubernur KDH Tk.I Sumatera Barat, yakni Prof. Drs. Harun Zain, pada pertengahan tahun 1969  FTD memperoleh status diakui dari Departemen Agama.

Untuk menyelaraskan namanya dengan IAIN maka FTD dirubah menjadi Fakultas Dirasah Islamiyah ( FDI ). FDI menjalankan Kurikulum Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang, walaupun FDI pada  waktu itu masih  memiliki mahasiswa 47 orang. Dengan berbagai tantangan  dan rintangan, berkat ketekunan pimpinan beserta dosen maka FDI berhasil melahirkan 162 orang lulusan Bakaloreat pada tahun 1986.

Pada tanggal 21 April 1986, berdasarkan kesepakatan bersama dibentuklah Fakultas Tarbiyah Jurusan  Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Diniyyah Puteri, setelah melengkapi seluruh persyaratan izin operasional dan diajukan kepada Kopertais Wilayah VI Sumatera Barat, Riau dan Jambi melalui surat nomor 61/ YRY/VI/1987, tanggal 25 Juni 1987, maka Kopertais Wilayah VI Sumbar, Riau dan Jambi, melalui surat Nomor 26/Kop/VI/12/1987 memberi izin Operasional kepada Fakultas Tarbiyah Perguruan Tinggi Diniyyah Puteri dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah  ( STIT ) Rahmah El Yunussiyyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam ( PAI ).


PRESTASI

Type here..

terpopuler

Laporkan Diskusi

Review

Apakah anda yakin untuk menghapus diskusi ini?

Alasan Dilaporkan


website-baru-footer Portlet