redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Verified

Jl.Raya Sesetan No.196, Kota Denpasar, Bali

LIHAT LOKASI

Akreditasi A

Tipe Negeri

Status PTN-BLU

Ranking

5691

Webometrics

Profil Kampus

Profil

Universitas Pendidikan Ganesha adalah salah satu universitas terbaik di provinsi Bali lebih tepatnya di kota Singaraja, Bali, Indonesia. Universitas yang dikembangkan berdasarkan nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Telah menghasilkan lulusan dalam bidang kependidikan maupun non-kependidikan yang cakap dan professional. Universitas Pendidikan Ganesha merupakan Universitas Pendidikan terbaik pertama di Provinsi Bali ini merupakan 50 besar Top universitas di Indonesia. Undiksha memiliki tujuan untuk mencetak lulusan yang dapat bersaing dalam dunia kerja, menghasilkan karya yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

 

Sejarah

Perkembangan Universitas Pendidikan Ganesha menjadi sejarah penting terkait pendidikan guru di Indonesia. Pada tahun 1950 telah dibuka kursus BI (Baca I) dan BII (Baca II) Selain lembaga pendidikan guru berupa kursus B-I dan B-II, pemerintah juga mendirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di empat kota, yaitu Malang, Bandung, Batusangkar dan Tondano pada tahun 1954. Pada tahun 1958, PTPG diubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan menjadi bagian dari suatu Universitas. Menghindari adanya dualisme lembaga yang menangani masalah pendidikan guru, sejak 1 Januari 1960 semua kursus B-I dan B-II di Indonesia diintegrasikan ke dalam FKIP pada universitas terdekat. Presiden Soekarno mengambil kebijakan dengan mengintegrasikan FKIP dan IPG menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) berdasarkan Surat Keputusan Presiden No.1 Tahun 1963. Berpijak dari SK Presiden No.1 Tahun 1963, tahun itu juga FKIP Universitas Udayana dilepas dan diintegrasikan pada IKIP Malang, menjadi  IKIP Malang Cabang Singaraja. IKIP Malang Cabang Singaraja temyata hanya bertahan sekitar lima tahun karena tahun 1968 IKIP Malang Cabang Singaraja kembali diintegrasikan ke Universitas Udayana menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Keguruan (FKg) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)

 

Kemudian kedua fakultas terebut dilebur menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Udayana berdasarkan PP No. 5 Tahun 1980, PP No. 27 tahun 1981, dan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0174/0/1983, berdasarkan Keppres RI  Nomor 62 tahun 1982 pada tanggal 12 Februari 1983. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001, STKIP Singaraja disetujui berubah menjadi Institut Keguruan dan llmu Pendidikan (IKIP) Negeri Singaraja dengan dibukan beberapa program studi baru seperti Jurusan llmu Keolahragaaan (S1), Jurusan Boga Perhotelan (D­-III), Jurusan Manajemen Perhotelan (D-III), dan Jurusan Pelatihan Olah Raga Pariwisata (D-III) Perkembangan besar di lembaga ini terjadi setelah diterbitkan Perpres No. 11/2006 tanggal 11 Mei 2006 tentang perubahan status IKIP Negeri Singaraja menjadi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Dengan demikian Tahun Akademik 2006/2007. Universitas Pendidikan Ganesha mengelola enam Fakultas, satu Program Pascasarjana.

Grafik Data Dosen & Mahasiswa

Grafik Data Dosen

Grafik Data Mahasiswa

Rasio Data Dosen & Mahasiswa

1:27,4

Daftar Jurusan

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

fakultas teknik dan kejuruan

http://pkk.undiksha.ac.id

Akreditasi

A

Kuota Tahun Lalu

62

Pendaftar Tahun Lalu

94

Tingkat Keketatan

1:1,5

Pendidikan Teknik Informatika

fakultas teknik dan kejuruan

http://pti.undiksha.ac.id

Akreditasi

A

Kuota Tahun Lalu

150

Pendaftar Tahun Lalu

257

Tingkat Keketatan

1:1,7

Pendidikan Teknik Elektro

fakultas teknik dan kejuruan

http://ftk.undiksha.ac.id

Akreditasi

B

Kuota Tahun Lalu

39

Pendaftar Tahun Lalu

69

Tingkat Keketatan

1:1,8

Pendidikan Teknik Mesin

fakultas teknik dan kejuruan

http://ftk.undiksha.ac.id

Akreditasi

B

Kuota Tahun Lalu

46

Pendaftar Tahun Lalu

68

Tingkat Keketatan

1:1,5

Teknik Elektronika

fakultas teknik dan kejuruan

http://undiksha.ac.id/akademik/fakultas/fakultas-teknik-dan-kejuruan/d3-teknik-elektronika/

Akreditasi

B

Kuota Tahun Lalu

20

Pendaftar Tahun Lalu

0

Tingkat Keketatan

20:1

Jalur Pendaftaran

Berikut ini daftar jalur pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun ajaran 2020/2021:

14 Februari 2020 - 27 Februari 2020

SNMPTN Tutup

02 Juni 2020 - 13 Juni 2020

SBMPTN Tutup

Berita

Yuk sobat cari tau berita terbaru seputar kampus!