APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Bobot Penilaian UTBK 2024, Pahami Biar Ga Overthinking

Penilaian UTBK mempertimbangkan bobot soal, bukan hanya jumlah jawaban benar dan salah.

Photo by Pixabay on Pexels

Sistem penilaian UTBK enggak sama seperti cara penilaian ujian biasa di sekolah yang pernah kita ikuti. Kamu ingat ga, Sobat Pintar, udah berapa kali mengikuti ujian selama sekolah? Biasanya nilai dihitung dari berapa jumlah soal yang dijawab dengan benar, kan? Nah, cara penilaian UTBK enggak cuma begitu!

Terus gimana dong, skor penilaian untuk UTBK? Sebelum pelaksanaannya selesai, kamu wajib tahu bagaimana penilaian UTBK 2024 dilakukan. Baca ulasan ini sampai selesai, ya!

 

Perubahan Cara Penilaian UTBK

bobot penilain UTBK 2024
Photo by Anita Jankovic on Unsplash

Pernah ga, Sobat, kamu bertanya pada kakak-kakak tingkat yang dahulu sudah mengikuti UTBK, atau ujian masuk PTN pada zamannya, tentang skor penilaian mereka? Kalau kakak tingkat tersebut mengikuti ujian sebelum 2018, jawaban yang kamu dapatkan kira-kira digambarkan oleh rumus di bawah ini:

Benar = +4

Salah = -1

Tidak dijawab = 0

Namun semua berubah setelah negara api menyerang. Mulai 2018, sistem penilaian IRT UTBK mulai diberlakukan. IRT adalah kependekan dari Item Response Theory, yang merupakan sistem penilaian dengan mengutamakan karakteristik setiap butir soal.

Dengan diberlakukannya IRT, persoalannya bukan lagi berapa jumlah soal yang dijawab dengan benar dan berapa yang salah. Akan tetapi, sistem penilaian UTBK ini juga mempertimbangkan tingkat kesulitan setiap butir soal.

 

Sistem Penilaian IRT UTBK

kartu soal pilihan ganda
Photo by Shantanu Kumar on Unsplash

Menjawab soal UTBK dengan benar aja udah effort loh, buat kita! Mana sempat mikirin seberapa sulit soalnya!

Eitts, enggak gitu konsepnya, Sobat Pintar. Sebagai peserta tes, kamu enggak perlu mikirin tingkat kesulitan atau bobot soal UTBK. Bobot soal adalah seberapa berat atau sulit sebuah pertanyaan (soal) dalam ujian.

Bagaimana mengetahui bobot atau tingkat kesulitan sebuah soal ujian, apalagi UTBK? Buat kamu mungkin sebuah soal terhitung gampang, tetapi buat orang lain soal yang sama relatif sulit!

Begini, Sobat. Untuk menyederhanakannya, kita bikin analogi penilaian UTBK dengan ujian di kelas yang soalnya disusun oleh Bapak/Ibu Guru favoritmu. Setelah ujian selesai, beliau akan memeriksa lembar jawaban siswa satu demi satu. Katakanlah, ada 10 soal ujian. Dari 10 soal tersebut, soal nomor 10 dijawab dengan benar oleh dua orang siswa, sedangkan soal nomor 1 dijawab dengan benar oleh 20 orang siswa (jumlah siswa sekelas = 23 orang).

Dari contoh di atas, soal nomor 10 memiliki tingkat kesulitan tinggi karena sedikit sekali siswa yang menjawab dengan benar. Maka bobot nilai soal nomor 10 juga tinggi. Sementara soal nomor 1 memiliki tingkat kesulitan yang rendah karena sebagian besar siswa dapat menjawab dengan benar. Maka bobot nilai soal nomor 1 juga rendah. Nah, sistem penilaian IRT UTBK memiliki skema yang serupa, Sobat Pintar.

 

Menyesuaikan Diri dengan Sistem SNBT 2024

sistem minus di UTBK
Photo by Thought Catalog on Unsplash

Kalau begitu, kamu mesti gimana dengan sistem penilaian UTBK yang telah dijelaskan di atas? Jujurly, yang bisa kamu lakukan sebagai peserta ujian adalah... menjawab soal dengan sebaik mungkin!

Karena sistem minus di UTBK sudah tidak berlaku lagi, jangan takut menjawab salah, Sobat. Dalam sistem SNBT 2024 yang menggunakan IRT, skor UTBK  yang kamu dapatkan tidak akan dikurangi oleh soal-soal dengan jawaban salah. Justru kamu masih berpeluang menjawab dengan benar sekalipun tak benar-benar yakin dengan jawabanmu – bahkan bila kamu cuma mengandalkan metode eliminasi saat menjawab!

Singkatnya, ada dua poin penting yang mesti kamu ingat tentang skor SNBT UTBK:

1. Jawab setiap soal

2. Jangan mikirin cara menghitung nilai UTBK!

 

Bobot Penilain UTBK 2024

sistem penilaian IRT UTBK
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Gimana caranya biar enggak mikirin skor UTBK? Caranya ya... jangan dipikir, Sobat! Hehehe

Ingat contoh analogi ujian di kelas yang telah diuraikan di atas. Untuk bobot penilain UTBK 2024, BPPP (Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan) memiliki peran seperti Bapak/Ibu Guru yang memeriksa lembar jawaban. Tingkat kesulitan atau bobot setiap butir soal akan diketahui setelah jawaban seluruh peserta UTBK diperiksa.

Dengan kata lain, bobot penilaian UTBK 2024 dapat diketahui setelah UTBK selesai dilaksanakan. Sebagai peserta UTBK, yang bisa kita lakukan saat ini adalah mengikuti ujian dengan sebaik-baiknya.

UTBK 2024 sendiri mulai berlangsung 30 April 2024. Gelombang I UTBK dijadwalkan berakhir 7 Mei 2024. Sementara Gelombang II akan berlangsung mulai 14 Mei sampai 20 Mei 2024.

Bagaimana dengan jadwal tesmu, Sobat Pintar? Kapan UTBK 2024 terjadwal untukmu?

Psst... ada bocoran tipe soal, nih! Selain jawaban singkat, masih ada kartu soal pilihan ganda dalam UTBK 2024. Soal pilihan ganda sendiri meliputi pilihan ganda sederhana dan pilihan ganda kompleks.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog