website-baru-syarat Portlet

Syarat & Ketentuan

Tanggal Update
11 November 2018

Selamat datang di akupintar.id, portal edukasi digital Indonesia.


Syarat & Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini disusun sebagai suatu aturan bagi setiap pengguna situs akupintar.id. Pengguna sangat disarankan untuk terlebih dahulu membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang ditetapkan ini. Hal itu dimaksudkan agar setiap hak dan kewajiban yang melekat kepada pengguna maupun PT. Aku Pintar Indonesia dapat terjaga dengan baik.


Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui setiap hal yang diatur dalam Syarat & Ketentuan pada saat mulai menggunakan atau pada saat telah mendaftarkan diri pada situs akupintar.id.


Syarat & Ketentuan penggunaan situs akupintar.id merupakan perjanjian yang mengikat dan sah antara Pengguna dan pemilik situs akupintar.id yang persetujuannya ditandai dengan digunakannya atau didaftarkannya Pengguna pada situs akupintar.id sehingga hal demikian dianggap sebagai syarat sahnya pengikatan.



1. Definisi

  • PT. Aku Pintar Indonesia merupakan pemilik dan pengelola situs akupintar.id, yang dikenal dengan sebutan Aku Pintar, sebuah portal layanan pendidikan terintegrasi bagi seluruh insan pendidikan Indonesia. Aku Pintar didedikasikan dalama rangka membantu memasyarakatkan pendidikan untuk masyarakat Indonesia guna meningkatkan kualitas pendidikan yang mudah dijangkau oleh masyarakat.


  • Pengguna merupakan setiap pihak yang menggunakan situs akupintar.id, baik yang telah mendaftar atau yang belum mendaftar namun telah mengakses situs akupintar.id.



2. Ruang Lingkup

  • Aku Pintar menyediakan berbagai informasi yang akan menambah referensi pengetahuan dan perkembangan dunia pendidikan dari berbagai sektor dan/ atau jenjang pendidikan, yang mana layanan dalam situs akupintar.id termasuk namun tidak terbatas pada:


  • Minat pintar, yaitu serangkaian tes untuk mengetahui kepribadian, potensi serta pemilihan jurusan;


  • Belajar pintar, yaitu belajar online yang relevan dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuan Pengguna melalui suatu pembelajaran dan latihan online;


  • Kampus pintar; yaitu pencarian perguruan tinggi dan jurusan;



3. Pendaftaran Pengguna

  • Pendaftaran Pengguna ditujukan untuk memperoleh akun dan password yang sifatnya individual sehingga login untuk mengakses berbagai informasi atau data dapat dilakukan oleh Pengguna.


  • Proses pendaftaran ditetapkan secara penuh oleh Aku Pintar melalui situs akupintar.id.


  • Pengguna menjamin kebenaran dan keabsahan informasi yang digunakan untuk melakukan pendaftaran sebagai data personal yang dimilikinya. Bagi Pengguna, yang usianya dibawah 21 (dua puluh satu) tahun dan belum menikah, menjamin bahwa penggunaan atau pendaftaran pada situs akupintar.id telah mendapatkan izin atau persetujuan dari orangtua atau walinya yang sah.


  • Pengguna menyatakan setuju untuk memberikan informasi tentang data dirinya sebagai syarat untuk melakukan pendaftaran.


  • Pengguna tidak diperkenankan untuk menginformasikan akun dan password kepada pihak manapun. Setiap terjadinya penyalahgunaan akun dan password yang merugikan Pengguna sendiri atau Aku Pintar atau pihak ketiga lainnya menjadi tanggungjawab Pengguna sepenuhnya.



4. Biaya, Pembayaran dan Pengembalian Dana

  • Aku Pintar menyediakan beberapa fitur yang gratis dan ada pula yang berbayar seperti bimbingan.


  • Aku Pintar tidak menjamin pengembalian pembayaran apabila terjadi pembatalan bimbingan.


  • Jika seorang pengguna melanggar atau berkali-kali melanggar hak atas kekayaan intelektual kami atau pihak lain, kami dapat, dalam diskresi kami, mengakhiri atau menolak akses terhadap dan penggunaan Layanan. Dalam hal ini, kami tidak memiliki kewajiban untuk memberikan suatu pengembalian terhadap jumlah apa pun yang telah dibayarkan kepada kami sebelumnya.



5. Penghentian Akun Pengguna

  • Akun dan password yang diberikan kepada Pengguna sifatnya individual, tidak dapat dipindahtangankan atau diperdagangkan, ditujukan semata-semata untuk layanan pendidikan, memperhatikan ketentuan peraturan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada Syarat & Ketentuan ini.


  • Setiap pelanggaran atas Pasal 4 huruf (a) di atas, termasuk diantaranya pembajakan, penyampaian isu SARA (suku agama ras antar golongan), pelanggaran hak kekayaan intelektual, pengiriman spam, penyebaran virus, maka akan dikenakan sanksi penghentian atau pemblokiran akun secara langsung oleh Aku Pintar.


  • Penghentian atau pemblokiran akun pengguna tidak serta merta menghentikan kewajiban hukum atas pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna sesuai ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.



6. Kerahasiaan

  • Pengguna bersedia memberikan informasi pribadi termasuk namun tidak terbatas pada nama dan informasi kontak. Semua Informasi pribadi akan dipergunakan, dijaga dan dirahasiakan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.


  • Pengguna dapat menonaktifkan akunnya setelah pengguna tidak lagi terdaftar (misal karena diblok). Semua Informasi pribadi akan disimpan, dipergunakan, dijaga dan dirahasiakan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.



7. Batasan Tanggungjawab

  • Setiap informasi yang ada atau tersedia dalam situs akupintar.id berasal dari Kontributor dan secara internal telah dilakukan upaya-upaya yang diperlukan untuk memastikan kevalidan informasi tersebut. Namun demikian, Pengguna memahami bahwa informasi tersebut tidak pernah dijaminkan kebenaran sepenuhnya oleh Aku Pintar. Dalam situasi dimana ditemukan kesalahan atau kekeliruan atau perubahan informasi yang telah disajikan sebelumnya, maka hal-hal demikian akan disesuaikan dan tidak akan pernah menimbulkan permasalahan terhadap pihak manapun.


  • Setiap informasi pendidikan yang disediakan oleh akupintar.id tidak dapat dijadikan dasar atau alasan Pengguna untuk menghubungkannya dengan hasil prestasi Pengguna dalam bidang akademik dengan mengingat informasi yang disediakan oleh Aku Pintar merupakan sarana tambahan edukasi Pengguna selain pendidikan wajib yang ditempuhnya.


  • Aku Pintar telah melakukan upaya teknis yang wajar untuk memberikan pengamanan atas data Pengguna dari risiko kehilangan atau akses, penggunaan, perubahan, dan pengungkapan oleh pihak yang tidak berwenang. Namun demikian, Aku Pintar tidak dapat menjamin bahwa tidak akan pernah ada pihak ketiga yang tidak akan mampu melewati pengamanan tersebut atau menggunakan informasi pribadi Pengguna untuk maksud yang tidak sepantasnya.



8. Hukum yang Berlaku

Hukum yang berlaku adalah hukum negara kesatuan Republik Indonesia.



9. Penyelesaian Sengketa

  • Setiap terjadi permasalahan, para pihak akan menyelesaikannya dengan cara musyawarah.


  • Apabila telah dilakukan musyawarah dalam 30 (tiga puluh) hari kalender sejak musyawarah pertama diadakan dan tetap tidak menghasilkan solusi maka para pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan melalui Badan Arbitrase.



10. Lain-lain

Syarat dan Ketentuan ini merupakan keseluruhan kesepakatan antara para pihak sebagai dasar pemanfaatan situs akupintar.id.


  • Apabila dikemudian hari terdapat salah satu atau beberapa ketentuan yang diatur terbukti menjadi ilegal, tidak sah, maupun tidak dapat dilaksanakan, maka ketentuan tersebut akan segera diperbaharui oleh Aku Pintar yang secara prinsip diupayakan untuk tidak mengubah mekanisme yang ada namun tetap memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku.


  • Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu apabila diperlukan dengan kewenangan penuh Aku Pintar. Tidak ada kewajiban Aku Pintar untuk menginformasikan setiap perubahan sehingga Pengguna bersedia untuk memeriksa Syarat & Ketentuan ini secara berkala agar perubahannya dapat diketahui. Dengan tetap mengakses dan menggunakan situs akupintar.id, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.

website-baru-footer Portlet

website-baru-navbar Portlet