redesain-navbar Portlet

Blog

RSS

Bukan rahasia lagi bahwa dalam mengajar daring, menumbuhkan minat belajar siswa dan membuat siswa belajar aktif dalam pembelajaran online adalah sebuah tantangan besar bagi seorang guru. Segala keterbatasan seperti keterbatasan interaksi, ruang gerak, dan kegiatan belajar yang mengharuskan anak duduk diam di depan monitor membuat siswa lekas bosan. Jika Guru Pintar tidak jeli dengan kondisi...

00

Siapa nih, Sobat Pintar yang lagi nyari-nyari referensi kampus di Semarang? Kalau ngomongin tempat kuliah di Semarang, biasanya kita langsung nyebutin sebuah PTN di Semarang, seperti Universitas Diponegoro. Padahal universitas yang ada di Semarang itu enggak cuma Universitas Diponegoro loh, Sobat. Ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini punya banyak kampus favorit, baik negeri maupun swasta, buat...

20

Apakah ada salah satu jurusan di USU (Universitas Sumatera Utara) yang menjadi incaranmu, Sobat Pintar? Universitas negeri di Sumatra Utara ini sedang meniti langkahnya untuk menjadi bagian dari 500 universitas paling baik di dunia pada 2024. Pas banget bila targetmu saat ini adalah mengejar pendidikan Sarjana, terutama di USU. Untuk itu, ayo ketahui dulu apa saja jurusan yang ada di USU dan...

50

Setiap guru pasti ingin memiliki siswa yang patuh dan disiplin baik di sekolah maupun di rumah. Hal yang umum terjadi saat siswa melanggar peraturan adalah guru akan memarahi siswa. Bahkan ada juga yang sampai membentak anak. Meskipun Guru Pintar memiliki tujuan yang baik saat memarahi atau membentak siswa, ternyata hal ini bukan hal yang tepat untuk dilakukan, lho! Banyak penelitian...

00

Procedure text adalah salah satu jenis teks yang berfungsi untuk menginformasikan kepada pembaca tentang langkah-langkah melakukan sesuatu. (Procedure text is a text aiming to inform the readers about the steps to do something). Kita langsung saja ke pembahasan lengkapnya di bawah ini, Sobat Pintar.   Pengertian Procedure text Siapa nih, Sobat Pintar yang suka buka video tutorial di YouTube?...

40

Ada berapa negara ASEAN? Sobat Pintar tentu sudah tahu jawabannya bila ada pertanyaan semisal ASEAN ada berapa negara. Iya, enggak? Eh tapi, apa lagi yang Sobat ketahui tentang negara-negara ASEAN? Apakah jumlah negara ASEAN saja? Apa yang Sobat tahu tentang tiap-tiap negara ASEAN tersebut? Let's look into it, Sobat.   Terbentuknya ASEAN Sejarah berdirinya ASEAN bermula pada tahun 1960an....

40

Memiliki cita-cita menjadi guru tentu sangatlah mulia. Hingga saat ini guru masih sangat dibutuhkan di Indonesia terutama di daerah-daerah pelosok. Untuk menjadi seorang guru, seseorang harus memenuhi persyaratan menjadi guru. Di Indonesia ada dua jenis guru yaitu guru PNS dan guru swasta. Guru PNS ataupun guru swasta harus memiliki persyaratan wajib supaya dapat mengajar di sekolah-sekolah...

00

Meskipun terkenal sebagai universitas dengan jurusan PGSD terbaik saat ini, bukan berarti jurusan kuliah di Unesa (Universitas Negeri Surabaya) itu cuma ada PGSD ya, Sobat. Dulunya dikenal sebagai IKIP Surabaya, Unesa telah mengantongi akreditasi A BAN-PT untuk institusinya. Lantas bagaimana dengan jurusan di Unesa dan akreditasinya? Kalau mau ngelanjutin kuliah di Unesa, wajib tahu apa saja...

20

Menjadi guru adalah sebuah profesi yang mulia. Menjadi guru merupakan panggilan jiwa untuk berkontribusi mendidik anak bangsa supaya menjadi generasi yang berkualitas dan kelak membawa manfaat bagi sesamanya. Profesi guru bisa dikatakan profesi unik. Kenapa? Image sebagai guru melekat setiap waktu bahkan sepanjang hayat, tidak berhenti pada jam kerja tertentu. Sebagai seorang guru, setiap...

00

Ada berapa dan apa saja jurusan di Unpad (Universitas Padjadjaran)? Jangan bilang pengin kuliah di salah satu prodi Unpad kalau Sobat Pintar tak tahu jawaban pertanyaan ini. Eits, bercanda aja, kok. Justru sebaliknya, lumrah banget kalau Sobat tak tahu persis jumlah dan perincian jurusan yang ada di Unpad. Universitas negeri di Bandung ini berdiri pada tahun 1957. Di usianya saat ini, Unpad...

20

Jika ditanya, hampir semua siswa pasti suka main game. Hal ini dapat Guru Pintar manfaat lho, untuk menunjang proses belajar mengajar. Akhir-akhir ini Guru Pintar pasti sering mendengar istilah gamifikasi. Istilah gamifikasi (gamification) pertama kali dikenalkan oleh Nick Pelling pada tahun 2002 dalam acara TED (Technology, Entertainment, Design). Apa itu gamifikasi? Gamifikasi adalah...

00

Pembelajaran jarak jauh dengan moda daring yang sudah setahun lebih dilakukan di Indonesia dalam rangka menekan penularan virus Covid-19, membuat banyak siswa stres. Psikolog, Ikhsan Bella Persada, M.Psi, mengungkapkan bahwa pada umumnya siswa mengalami stres belajar di rumah karena merasa jenuh dengan sistem belajar online yang mengharuskan mereka terus menerus menatap layar. Terlebih...

00

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu universitas keguruan terbaik di Indonesia, namun tak seluruh jurusan di UNY adalah jurusan kependidikan. Sebagian jurusan di UNY merupakan jurusan-jurusan ilmu murni dan vokasi yang tak mengkaji ilmu kependidikan. Maka tak heran bila PMB UNY tak hanya diminati oleh calon guru, namun juga calon mahasiswa yang memang ingin mendalami bidang...

20

Jika ngin mengikuti SNMPTN, Sobat Pintar tentu ingin tahu bagaimana cara mendapatkan nilai bagus. Dua hal ini memang tak terpisahkan karena prestasi akademik menjadi tolok ukur utama SNMPTN. Pantas saja bila kita ingin tahu, setidaknya berapa nilai minimal SNMPTN yang harus kita kejar. Bagaimana pula sebenarnya nilai yang diambil untuk SNMPTN? Yuk pelajari Sobat, mumpung masih ada waktu sampai...

170

Mencontek adalah sebuah tindakan yang tidak terpuji. Anak suka mencontek saat ulangan dikategorikan sebagai sebuah tindakan curang. Kebiasaan mencontek tentu harus diatasi segera. Jika dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan akan mempengaruhi karakter siswa. Sebelum memberi hukuman pada siswa yang mencontek, Guru Pintar harus menelusuri penyebab siswa suka mencontek. Siapa tahu siswa tidak...

00

Siapa bilang belajar di rumah itu ngebosenin? Oke, mungkin kita-kita juga yang bilang kayak gitu. Ya nggak, sih? Udah lah sendirian, nggak ada seru-serunya sama sekali, bukunya enggak menarik-menarik amat, materi pelajarannya juga sulit dipahami. Mau nambahin, Sobat? Yes, the list goes on. Entah belajar secara mandiri atau sedang mengikuti kelas online, sebenarnya belajar di rumah itu bisa...

50

Guru Pintar pasti ingin semua siswanya memahami pelajaran yang diajarkan. Cara mengajar menjadi salah satu kunci penting supaya siswa dapat memahami pelajaran dengan baik. Jangan hanya menyalahkan siswa jika mereka mengalami kendala memahami pelajaran. Sebagai guru yang baik, Guru Pintar wajib melakukan refleksi apakah sudah mengajar siswa-siswa di sekolah dengan baik. Guru Pintar juga harus...

00

Sobat Pintar, pernah gak sih kalian menjumpai bacaan yang kalimatnya bertele-tele? Menurut kalian, kalimat tersebut mudah dipahami atau tidak? Jika suatu kalimat disampaikan dengan teks yang panjang (bertele-tele), tetapi tidak mudah untuk dipahami, berarti kalimat tersebut tidak efektif. Lalu, apa sih kalimat efektif itu? Biar lebih paham, yuk, kita simak materi kalimat efektif berikut ini,...

30

Apa itu soft skill? Softskill adalah berbagai keterampilan dan kecerdasan yang kita perlukan agar berhasil di dunia kerja. Meskipun soft skills amat berperan penting di dunia kerja, kita hanya mendapatkan hard skills dari bangku kuliah. Padahal, hardskill dan softskill sama-sama kita butuhkan agar bukan hanya pekerjaan yang beres, tapi kita juga memiliki relasi yang baik dengan atasan dan rekan...

20

Akibat pandemi COVID-19 yang entah kapan selesai, seluruh kegiatan belajar mengajar masih harus dilakukan secara online/daring. Kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi telah dilakukan dari rumah sudah lebih dari satu tahun lamanya. Banyak siswa telah mengeluhkan kejenuhan belajar. Begitu pula dengan guru yang turut mengalami kejenuhan dalam mengajar. Siswa sudah bosan karena kegiatan...

00

CssBlog

metablog-web Portlet