redesain-navbar Portlet

Blog

Rss

Pernahkah Guru Pintar mendengar tentang hypnoteaching dan hypnolearning? teknik pengajaran hypnoteaching ini sangat menarik untuk dibahas. Seperti Guru Pintar telah ketahui bahwa dalam mengajar kreativitas sangat dibutuhkan untuk merancang pembelajaran yang bermakna sekaligus menyenangkan supaya siswa tidak mengalami kesulitan menangkap semua materi dan juga juga pesan-pesan yang disampaikan...

00

Halo Sobat Pintar! Sobat pintar pernah nggak sih sedang haus lalu membuat minuman ? entah itu es sirup, es teh, es susu atau apa aja yang bisa bikin seger. Tanpa Sobat pintar sadar, Sobat Pintar sudah membuat suatu larutan nih dalam ilmu kimia. Foto oleh Artem Podrez dari Pexels Apa yang dimaksud Larutan ? Pengertian larutan adalah campuran homogen dari dua atau lebih...

10

Hubungan antara pendidikan dan pengangguran itu negatif. Jika salah satunya naik, maka yang lainnya turun. Kurang lebih kayak kamu sama doi yang bersimpang jalan gitu deh (oops). Eh bentar, seriusan. Beneran nih, semakin tinggi pendidikan maka semakin rendah pengangguran?   Apa Kata Si Pencari Kerja? Photo by Rodeo Project Management Software on Unsplash Masih ingat story yang sempat...

00

Sudah tahu jurusan kuliah di Poltek Lhokseumawe itu apa saja, Sobat Pintar? Eitts, enggak boleh curang dengan bertanya sama bestie­-mu yang tinggal di Aceh loh, ya! Kita pelajari di sini aja deh yuk, semua tentang politeknik di Aceh ini.   Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), Pendidikan Vokasi di Aceh Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash Pilihan kampus atau universitas di Lhokseumawe...

00

Apakah Guru Pintar pernah menjumpai siswa yang mengantuk saat belajar? Apa yang Guru Pintar lakukan terkait hal tersebut? Mengantuk merupakan tanda bahwa tubuh manusia membutuhkan istirahat atau tidur. Akan tetapi jika mengantuk di kelas, tentu akan mengganggu fokus siswa dalam belajar. Dan dikhawatirkan nantinya siswa yang sering mengantuk di kelas akan ketinggalan pelajaran. Jangan sampai hal...

00

Jurusan Polnep Pontianak pada awalnya hanya tiga, tetapi bagaimana sekarang? Kamu tahu ada berapa banyak pilihan jurusan di Polnep sekarang, Sobat? Eitts, sebelum terlanjur ngomongin jurusan Politeknik Pontianak, kamu sudah tahu atau belum tentang Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP)?   Polnep, Sebuah Politeknik Negeri di Kalimantan Barat Photo by Dieu Huyen Hoang on Unsplash Politeknik...

00

Metode pembelajaran adalah salah satu aspek penting dalam kesuksesan sebuah pembelajaran. Supaya tujuan pembelajaran tercapai dengan optimal, dibutuhkan berbagai dukungan baik dari dalam maupun dari luar kegiatan pembelajaran. Guru Pintar memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan cara menggunakan metode...

00

Membangun kedekatan dengan siswa tidak ada salahnya sama sekali. Dengan menjadi dekat dengan siswa, Guru Pintar akan memiliki hubungan yang baik dengan siswa yang akan menciptakan rasa aman dan nyaman siswa ketika belajar bersama guru. Siswa memiliki beragam latar belakang dan karakter sehingga menjadikan tantangan bagi guru untuk membangun kedekatan antara guru dengan siswa. Meskipun demikian,...

00

Jurusan kuliah di Politeknik Negeri Bali itu apa saja, Sobat Pintar? Hayo, bisakah kamu menyebutkannya semudah menyebut nama-nama tempat wisata favoritmu di Bali? Atau, jangan-jangan kamu baru tahu kalau ada politeknik negeri di Bali?   Tentang PNB, Sebuah Politeknik Negeri di Bali Photo by Dollar Gill on Unsplash Iya, memang ada sebuah politeknik berstatus negeri di Bali, Sobat Pintar....

00

Sobat Pintar, sistem pernapasan pada manusia adalah sistem organ yang digunakan untuk menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Dalam proses pernapasan, oksigen merupakan zat kebutuhan utama. Oksigen untuk pernapasan diperoleh dari udara di lingkungan sekitar, alat-alat pernapasan berfungsi memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang...

00

Apa yang biasanya Guru Pintar lakukan jika mendapati siswa suka bolos sekolah? Menegur, memarahi, memberikan hukuman? Suka membolos sekolah tidak hanya dilakukan oleh siswa remaja. Bolos sekolah sering terjadi baik pada siswa tingkat sekolah dasar sampai tingkat menengah. Sekecil apapun tingkat siswa membolos siswa harus disikapi dengan serius baik oleh pihak guru maupun orang tua. Jika...

00

Pilihan jurusan di Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) memang tak banyak, tetapi kampus ini merupakan alternatif tempat kuliah yang patut dipertimbangkan khususnya oleh Sobat Pintar yang tinggal di Kalimantan Selatan. Pertanyaan pentingnya, apa yang kamu ketahui tentang Politeknik Tanah Laut? Apa pula pilihan jurusan dan program studi di Politala Pelaihari Kalimantan Selatan ini?   ...

00

Sudah tahu jurusan yang ada di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) itu apa saja, Sobat Pintar? Kenapa pula Poltek Perkapalan Surabaya patut menjadi salah satu alternatif tempat kuliahmu? Kalau kamu masih belum mendapatkan jawaban dari dua pertanyaan ini, kayaknya kudu baca sampai tuntas, deh.   Tentang Poltek Perkapalan Surabaya Photo by alexey turenkov on Unsplash Cikal bakal...

10

Kira-kira ada nggak, jurusan di Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang klop sama bakat, minat, dan kemampuanmu? Eitts, jangan dikira-kira doang, Sobat Pintar. Pastikan saja jurusan kuliahmu menggunakan Tes Penjurusan. Enggak kayak tes di sekolah, tes yang satu ini asyik! Udah gitu, gratis pula. Jadi, kenapa nggak dicoba aja? Adapun jurusan di Polinema, pilihan prodinya terbilang cukup...

00

Mengapa guru harus terus belajar? Bukankah sebelum menjadi seorang guru, seseorang sudah belajar selama empat tahun atau bahkan lebih di perguruan tinggi? Seorang guru yang merupakan tenaga pendidik dituntut untuk menguasai empat kompetensi guru, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Guru memiliki tugas pokok dan fungsi guru sebagaimana tertuang dalam Permendikbud...

00

Pilihan jurusan di Politeknik Negeri Jember itu apa saja, sih? Pertanyaan seperti ini terkadang tak hanya dilontarkan oleh kamu yang memang pengin kuliah di poltek, namun tak jarang juga ditanyakan oleh Sobat Pintar yang masih bingung menentukan pilihan jurusan dan kampusnya. Menentukan pilihan jurusan kuliah memang enggak bisa dilakukan dengan serampangan, Sobat. Kalau sampai kita salah...

20

Mengajar siswa yang banyak dalam satu kelas merupakan sebuah tantangan bagi seorang guru. Siswa yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda-beda membuat guru harus peka terhadap ciri-ciri siswa tidak paham pelajaran atau siswa belum paham pelajaran. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan solusi guru agar siswa mudah memahami pelajaran.  Baca juga: Memahami Karakteristik Siswa...

00

Di PNUP Makassar jurusan kuliah apa saja yang tersedia? Apakah disiplin ilmunya mencakup rumpun Saintek dan Soshum atau hanya salah satu saja? Apa pula program atau jenjang yang dibuka di politeknik di Makassar ini? Setelah lulus kuliah di salah satu jurusan di Politeknik Negeri Ujung Pandang, gelar apakah yang akan ditambahkan di namamu kelak? Namun pertanyaan yang terpenting, sudahkah kamu...

30

'Dari Mustahil Menjadi Mungkin,' sebuah frasa yang akhirnya aku temukan setelah dua tahun melewati masa yang sulit. Seperti kebanyakan orang, baik di Indonesia maupun di belahan dunia lainnya, di desa maupun kota, laki-laki atau perempuan, kaya atau miskin, semua mengalami persoalan yang sama.  Pandemi Covid-19 menjadi momok yang menakutkan dengan adanya pembatasan sosial, pemakaian...

10

“Daring? No problem!” menjadi sebuah ungkapan yang sangat cocok untuk melihat bagaimana  pendidikan selama dua tahun terakhir ini. Pembelajaran yang semula tatap muka mengalami naik-turun, pasang-surut, suka-duka karena menjadi daring. Berbagai persoalan seketika dihadapi anak dan orang tua yang sebelumnya tidak terbiasa dengan dunia digital. Tentu tahun 2020-2021 menjadi tahun yang cukup...

10

CssBlog

metablog-web Portlet