APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Wajib Diperhatikan! Ini Daftar 10+ Alasan dan Motivasi Saat Interview OSIS

Sobat pintar yang ada di bangku sekolah menengah secara otomatis menjadi anggota OSIS. Tapi, kamu juga bisa jadi salah satu pengurus dengan mengikuti seleksi yang dilakukan, salah satunya adalah tes interview.Wawancara OSIS adalah tahapan seleksi yang cukup penting. Kamu akan berhadapan dengan satu atau lebih pengurus OSIS sebelumnya yang akan memberikan beberapa pertanyaan seputar OSIS dan motivasi kamu. 

Interview Osis

Tentang OSIS: Sejarah Singkat dan Kepengurusan

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS adalah organisasi resmi di dalam sekolah. Organisasi ini sudah ada sejak tahun 1923 dengan nama PPIB (Perhimpunan Pelajar Indonesia Baru). Lalu pada tahun 1964, PPIB berubah jadi OSIS yang kamu kenal sekarang.

Kepengurusan OSIS terdiri dari ketua, wakil, sekretaris, bendahara, dan berbagai divisi seperti kesenian, keagamaan, sosial, olahraga, dan lain sebagainya. Ketika mendaftar, kamu bisa menyebutkan divisi mana yang kamu mau.

Macam-Macam Pertanyaan Wawancara OSIS

Seleksi OSIS terdiri dari beberapa tahapan. Setelah pendaftaran, pengurus OSIS akan memilih siapa saja yang dianggap mampu untuk menjalani tes wawancara 

  1. Pertanyaan Seputar Sekolah

Bukan hanya alasan masuk OSIS, pengurus akan bertanya berbagai hal tentang gedung dan struktur sekolah. Kamu harus tahu nama para guru dan juga pejabat sekolah seperti kepala sekolah dan para wakil beserta tugas mereka.

Tujuan pertanyaan ini untuk tahu apa kamu cukup mengenal sekolah tempat kamu belajar. Jadi kamu harus banyak belajar untuk tahu semua orang dan denah sekolah. 

     2. Pertanyaan Berbangsa dan Bernegara

Jika kamu menyukai hal-hal yang berbau politik dan sejarah, maka kamu akan mudah saja menjawab berbagai pertanyaan ini. Tidak perlu khawatir, pertanyaan yang diberikan seringkali bersikap umum. 

     3. Visi dan Misi Ikut Organisasi

Ini adalah pertanyaan paling penting. Kenapa sobat pintar punya motivasi masuk OSIS? Apa yang mendorong kamu untuk ikut organisasi ini?

Jawab pertanyaan ini dengan jujur dan penuh percaya diri. Bagi para pengurus lama, jawaban yang kamu berikan menentukan kelayakan kamu ikut di organisasi. 

    4. Pertanyaan Mengenai Kemampuan Mengambil Keputusan

Satu pertanyaan yang tidak pernah alpa adalah pertanyaan untuk tahu cara kamu mengambil keputusan. Kamu akan diberi situasi yang cukup sulit untuk tahu prioritas dan cara kamu mengambil keputusan terbaik. 

 

12 Alasan Masuk OSIS

Pengurus OSIS ingin tahu tujuan menjadi OSIS yang kamu miliki. Kamu bisa menjawab rasa ingin tahu mereka dengan salah satu kalimat berikut: 

 

  1. “Saya ikut OSIS karena saya percaya dengan ikut OSIS akan mengembangkan sifat kepemimpinan yang saya miliki.”

  2. “Alasan saya ikut OSIS yang utama ialah untuk belajar berorganisasi dan juga menambah jaringan teman.”

  3. “Saya ingin jadi pribadi yang lebih percaya diri, disiplin dalam berorganisasi, dan menjalin relasi. Saya yakin, lewat OSIS saya juga bisa menginspirasi siswa lain dan memiliki motivasi mengikuti OSIS.” 

  4. “Saya yakin bahwa di dalam OSIS saya bisa melatih mental saya dalam berkomunikasi dengan banyak orang. Terutama dalam bekerja sama orang lain.”

  5. “Tujuan saya jadi pengurus OSIS karena saya ingin berkontribusi pada sekolah dan mengembangkan sikap kritis dan disiplin.”

  6. “Saya percaya dengan bergabung di OSIS, saya akan jadi lebih mandiri, berpikir kritis, mampu mengambil keputusan terbaik, dan bisa bertanggung jawab atas keputusan itu.” 

  7. “Saya ingin jadi pengurus OSIS karena saya ingin jadi individu yang lebih baik dan bertanggung jawab, percaya diri, dan memiliki banyak teman.”

  8. “Motivasi saya untuk ikut OSIS adalah karena saya percaya saya punya banyak ide dan program yang bisa berguna untuk organisasi dan sekolah. Saya percaya bahwa menjadi seorang pengurus akan membantu saya mewujudkan ide tersebut.”

  9. “Alasan utama saya ikut OSIS adalah karena saya tertarik dengan beberapa program OSIS. Harapan saya untuk bisa memberikan kontribusi pada kesuksesan program tersebut dengan ide yang sama miliki. “

  10. “Saya berharap bisa jadi salah satu pengurus OSIS karena saya yakin saya akan mendapatkan banyak ilmu dan kemampuan yang hanya bisa di dapat melalui organisasi. Saya juga bisa jadi pribadi yang lebih baik dan memahami kemampuan diri.”

  11. “Motivasi saya jadi pengurus OSIS adalah jadi siswa yang lebih disiplin, dan aktif di berbagai kegiatan sosial. Saya ingin mampu menunjukkan kontribusi nyata pada sekolah sambil terus mengembangkan kemampuan dan rasa percaya diri.”

  12. “Saya bercita-cita untuk bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dan organisasi. Saya yakin saya bisa jadi siswa yang berprestasi baik secara akademik maupun sosial. Dan saya percaya OSIS bisa menjadi jembatan untuk saya meraih cita-cita tersebut.”

 

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Daftar OSIS

Sobat pintar sudah tahu pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan, dan juga jawaban atas alasan menjadi OSIS.  Tapi, kamu juga perlu tahu apa lagi yang harus kamu persiapkan saat mendaftar jadi pengurus. 

  1. Waktu dan Energi

Mengikuti kegiatan OSIS berarti kamu akan ada di sekolah lebih lama. Tidak jarang, kamu harus meninggalkan kelas untuk mempersiapkan program OSIS.

 

2. Belajar dua kali lebih rajin

Kegiatan OSIS yang menyita waktu, seringkali mengambil waktu belajar kamu di kelas. Karena itu, kamu harus belajar lebih rajin untuk bisa sama dengan teman sekelas. 

 

3. Izin Orang tua

Salah satu syarat pendaftaran OSIS adalah pemberian izin dari orang tua. Hal ini wajar saja karena kegiatan OSIS akan banyak mengurangi waktu kamu di rumah. 

 

Apa Saja Manfaat Jadi Pengurus OSIS

1. Dikenal para guru

Menjadi petugas OSIS berarti kamu akan lebih sering bertemu dengan para guru. Terutama yang juga menjadi pembina kegiatan ekstrakurikuler.

Keuntungan utama dari dikenal para guru adalah kamu jadi punya kontrol sosial. Sebagai salah satu pengurus OSIS kamu akan jadi contoh bagi murid lain. 

2. Belajar kepemimpinan

Manfaat utama dari menjabat sebagai pengurus OSIS adalah memiliki skill kepemimpinan yang sudah terasah. Di dunia kerja ataupun kehidupan sosial luar sekolah, skill ini akan membantu kamu memahami keadaan dan memecahkan masalah. 

3. Menambah Teman 

Tidak masalah jika kamu bilang salah satu tujuan mengikuti OSIS adalah untuk menambah teman. Karena saat menjadi pengurus, kamu akan bertemu dengan banyak murid dari kelas lain.

Kamu juga akan bertanggung jawab atas beberapa kegiatan sekolah. Saat lulus, kamu akan sadar bahwa jumlah teman kamu jauh lebih banyak dari teman yang lain. 

4. Bisa Ikut Berbagai Kegiatan

Aktif di kegiatan OSIS berarti kamu punya kesempatan untuk ikut kegiatan di sekolah ataupun di tempat lain. Kamu akan bertugas jadi panitia untuk acara tahunan seperti perayaan hari besar keagamaan. Kamu juga akan jadi perwakilan sekolah untuk kegiatan di sekolah lain.

Kesimpulan

Sobat pintar yang ingin jadi pengurus OSIS bisa belajar mulai tentang sejarah sekolah dan juga organisasi dari sekarang. Kamu juga bisa melatih rasa percaya diri untuk bisa menjawab pertanyaan wawancara OSIS. 

Jika terpilih, kamu harus siap dengan segala tanggung jawab yang di miliki. Kamu juga harus siap untuk belajar mengatur waktu dan prioritas di antara semua hal yang kamu ingin lakukan.

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog