redesain-navbar Portlet

CommunityGuidelines

Community Guidelines

Community Guidelines Komunitas Pintar

Update Terakhir : 26 Februari 2021


  • Introduction

    Halo Sobat Pintar!
    Aku Pintar ingin memperkenalkan sebuah fitur yang memberikan kesempatan untuk siswa dalam membagikan informasi dan pengetahuan kepada siswa lainnya melalui fitur yang bernama Komunitas Pintar.
    Saat ini, Komunitas Pintar masih dalam versi beta dan kami akan terus mengembangkan Komunitas Pintar setiap hari. Jika Sobat memiliki masukan atau saran, kami juga ingin mendengar pendapat Sobat melalui kontak Aku Pintar.

  • Tentang Komunitas Pintar

    (Berupa pengenalan Komunitas Pintar dan Community Guidelines : Alasan Aku Pintar membuat Komunitas Pintar/ Tujuan Komunitas Pintar; Tujuan adanya Community Guidelines)

    Aku pintar membangun Komunitas Pintar karena ingin membuat hubungan timbal balik antara siswa satu dengan siswa lainnya, ataupun Aku Pintar dengan siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan sumber daya siswa yang sesuai dengan visi Aku Pintar yaitu untuk memberdayakan ekosistem pendidikan.

    Komunitas Pintar diharapkan dapat membantu siswa dalam mendapatkan dan membagikan informasi ataupun pengetahuan dalam upaya untuk melaksanakan pembelajaran secara kolaboratif dengan membentuk sebuah komunitas.

    Aku Pintar selalu berusaha untuk menyediakan platform komunitas senyaman dan seaman mungkin untuk siswa. Agar bisa menggunakan Komunitas Pintar dengan baik dan nyaman, Aku Pintar menyediakan sebuah Panduan Komunitas yang bisa diikuti oleh seluruh pengguna Komunitas Pintar.
    Dengan Komunitas Pintar, diharapkan para siswa dapat mendorong siswa lainnya untuk menjadi lebih pintar dan menjadi lebih kreatif dalam membagikan informasi dan ilmu pengetahuan.

  • Komunitas Pintar Rules

    (Berupa Rincian Rules dan Safety)

    1. Rules berinteraksi dengan anggota:
      • Dilarang mengatur, berpartisipasi dalam, atau mendorong pelecehan terhadap orang lain.
      • Dilarang membuat ancaman kekerasan atau mengancam akan menyakiti orang lain.
      • Dilarang mengganggu ketertiban di dalam channel dan ruang diskusi.
      • Dilarang out of topic, bahasan di dalam diskusi dan postingan hanya yang berhubungan dengan channel.
      • Dilarang berjualan dan melakukan promosi di luar yang berhubungan dengan channel/pendidikan.
      • Tidak diperkenankan untuk menyebutkan, membandingkan dan membawa topik tentang edutech selain Aku Pintar pada postingan channel maupun ruang diskusi.
    2. Rules konten Komunitas Pintar for Safety :
      • Ujaran Kebencian (Hateful Behavior)
        Tidak melakukan dan menyebarkan ujaran kebencian termasuk perundungan secara verbal atau hal-hal yang dilarang oleh Peraturan Perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
      • Kekerasan (Violence)
        Segala sesuatu yang diunggah ke Komunitas Pintar tidak boleh mengandung konten melakukan atau menyebarkan tindakan kekerasan termasuk perundungan secara fisik maupun mental.
      • Pelecehan (Abuse/harassment)
        Tidak boleh terlibat dalam pelecehan yang ditargetkan terhadap seseorang, atau menghasut orang lain untuk melakukannya. Ini termasuk berharap atau berharap seseorang mengalami cedera fisik.
      • Percobaan bunuh diri atau menyakiti diri sendiri (Suicide or self-harm)
        Tidak boleh melakukan, mempromosikan, menghasut seseorang untuk melakukan percobaan suicide atau self-harm.
      • Media sensitif, termasuk graphic violence dan konten dewasa (Sensitive media, including graphic violence and adult content)
        Segala sesuatu yang diunggah ke Komunitas Pintar tidak boleh mempublikasikan media yang mengandung gore atau membagikan konten kekerasan atau konten dewasa dalam bentuk teks, foto, video langsung atau dalam foto profil. Media yang menggambarkan kekerasan dan penyerangan seksual juga tidak diizinkan.
      • Barang atau layanan ilegal (Illegal or certain regulated goods or services)
        Tidak boleh menggunakan layanan Komunitas Pintar untuk tujuan yang melanggar hukum atau mendukung aktivitas ilegal. Termasuk menjual, membeli, atau memfasilitasi transaksi barang atau jasa ilegal, serta jenis barang atau jasa yang diatur.
      • Segala bentuk konten yang diunggah di situs akupintar.id dapat di jadikan bukti apabila pengguna melakukan perbuatan-perbuatan yang diduga melakukan pelanggaran tindak pidana maupun perdata.
  • Komunitas Pintar Roles

    Pada Komunitas Pintar terdapat beberapa roles yang dijalankan di dalam sebuah channel. Roles yang ada dapat dijelaskan sebagai berikut :

    1. Admin
      Di dalam sebuah channel, ada Admin yang akan memonitor dan memandu jalannya diskusi pada Ruang Diskusi channel. Selain itu, Admin juga memposting konten pada Postingan Channel dan menyematkan post berupa informasi penting atau pengumuman penting pada Postingan Channel.
    2. Member
      Member adalah subscribers yang telah subscribe channel. Jika siswa subscribe salah satu channel, maka siswa tersebut otomatis menjadi member channel tersebut. Di dalam channel, member dapat berinteraksi dengan member lainnya di dalam Postingan Channel dan Ruang Diskusi Channel. Dan Member hanya bisa membuat post di dalam profilnya sendiri.
      *Owner/Super Admin
  • Komunitas Pintar Interactions

    Interaksi yang dapat dilakukan di dalam Komunitas Pintar :

    1. Subscribe - Unsubscribe
      Siswa dapat subscribe channel yang ada di dalam komunitas pintar untuk mendapatkan konten yang berhubungan dengan channel yang di-subscribe. Siswa juga dapat berhenti subscribe (Unsubscribe) channel yang diinginkan.
    2. Mute - Unmute
      Siswa dapat membisukan notifikasi dari sebuah post yang berinteraksi dengan siswa. Siswa tidak akan menerima notifikasi yang berhubungan dengan post tersebut jika post sudah dibisukan.
    3. Block - unblock
      Siswa dapat memblokir siswa lainnya sehingga konten yang dibuat dan yang berhubungan oleh siswa yang diblokir tidak dapat dilihat. Siswa juga bisa berhenti memblokir siswa (unblock).
    4. Report
      Siswa dapat melaporkan post yang dibuat oleh siswa lain jika post tersebut melanggar peraturan komunitas pintar atau mengganggu kenyamanan siswa.
    5. Follow - Unfollow
      User (siswa) yang bergabung di dalam Komunitas Pintar dapat mengikuti (Follow) siswa lainnya. Ketika user sudah mengikuti siswa tersebut, maka user dapat melihat post dan aktivitas yang dilakukan oleh siswa tersebut. User juga dapat berhenti mengikuti (unfollow) siswa.
    6. Accept - Decline
      Pada channel private, siswa yang diundang ke channel private dapat menerima undangan ataupun menolak undangan.
  • Ways of Reporting

    Siswa dapat melaporkan post yang dibuat oleh siswa lain. Cara melaporkan post dapat dirincikan sebagai berikut :

    1. Siswa memilih post yang akan dilaporkan
    2. Siswa memilih menu more berupa icon titik 3. Pilih menu report
    3. Akan muncul halaman berupa alasan melaporkan post tersebut. Pilih alasan yang sesuai
    4. Pilih laporkan

    Jika user melaporkan post siswa lain, maka post siswa tersebut akan masuk ke laporan sistem untuk ditindaklanjuti. Post yang telah dilaporkan oleh user akan menghilang setelah dilaporkan.

    Jika seseorang mereport post user, maka user akan menerima notifikasi karena telah melanggar peraturan Komunitas Pintar. Jika user telah melanggar peraturan sekali, user akan ditandai.

    Jika user melanggar peraturan lagi, maka memungkinkan user dapat di-ban dari Komunitas Pintar.

  • Konsekuensi Rules Violation (ada beberapa tingkat)

    Konsekuensi jika user (siswa) melanggar peraturan Komunitas Pintar maka user (siswa) akan diberikan beberapa konsekuensi seperti: (perlu di detailkan)

    1. Peringatan
      Siswa yang telah dilaporkan atau yang melanggar peraturan Komunitas Pintar akan diberikan peringatan dari Aku Pintar berupa notifikasi dari email bahwa siswa yang bersangkutan telah melanggar peraturan komunitas pintar. Siswa yang telah melakukan pelanggaran akan ditandai dan diawasi untuk berjaga-jaga jika siswa melakukan pelanggaran lainnya di masa depan. Peringatan akan diberikan berdasarkan pelanggaran aturan dari Komunitas Pintar :
      - Ujaran kebencian dan perundungan (seperti yang dimaksud pada pasal 3B ayat 1)
    2. Dihapus dari channel
      Jika siswa yang telah dilaporkan kembali melanggar peraturan Komunitas Pintar, atau siswa dengan pelanggaran tertentu*, maka siswa dapat dihapus dari channel yang berkaitan. Hukuman dihapus dari channel akan diberikan berdasarkan pelanggaran di bawah ini :
      - Kekerasan (seperti yang dimaksud pada pasal 3B ayat 2)
      - Pelecehan (seperti yang dimaksud pada pasal 3B ayat 3)
    3. Banned dari Komunitas Pintar
      Siswa yang melanggar rules seperti di bawah ini akan di-ban dari Komunitas Pintar.
      - Percobaan bunuh diri atau upaya menyakiti diri sendiri (seperti yang dimaksud pada pasal 3B ayat 4)
      - Tentang media sensitif (seperti yang dimaksud pada pasal 3B ayat 5)
    4. Banned dari Aku Pintar
      Siswa yang melanggar rules tentang barang atau layanan ilegal (seperti yang dimaksud pada pasal 3B ayat 5) akan di-ban dari Aku Pintar. Siswa yang melakukan tindakan kriminal pada saat menggunakan Komunitas Pintar juga akan di-ban dari Aku Pintar.
    5. Jika terdapat tindakan kriminal yang terjadi pada saat menggunakan komunitas pintar, akan dilaporkan pada pihak berwajib.
  • Legal Note (TBC)

    Di dalam Community Guidelines Komunitas Pintar terdapat beberapa catatan hukum yang harus diingat yaitu :

    1. User (siswa) sepenuhnya sadar dan bertanggung jawab atas interaksi siswa dengan pengguna Komunitas Pintar lainnya dan setuju bahwa kami tidak akan memiliki kewajiban atau tanggung jawab sehubungan dengan interaksi tersebut.
    2. Aku Pintar memahami bahwa tidak semua pengguna Komunitas Pintar akan berbagi pandangan tentang apa yang merupakan pelanggaran terhadap Pedoman Komunitas ini. Namun, untuk mengoperasikan platform fungsional, Aku Pintar berhak menentukan atas kebijakan kami sendiri dan menentukan apa saja yang termasuk pelanggaran.
    3. Aku Pintar berhak atas kebijakan untuk mengubah bagian dari Panduan Komunitas ini kapan saja tanpa pemberitahuan.
  • Perubahan

    Ketentuan pada panduan komunitas di Komunitas Pintar dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Aku Pintar juga berhak untuk memposting perubahan di halaman ini dan akan menunjukkan di bagian atas halaman ini tanggal terakhir panduan komunitas ini diperbarui.

  • Contact

    Aku Pintar sadar bahwa Community Guidelines ini bisa berkembang dan berubah setiap saat, maka kami akan menerima semua feedback, kritik atau pertanyaan dari para pengguna Komunitas Pintar sehingga pengguna dapat menghubungi kami pada kontak di bawah ini :

    1. Chat   : https://akupint.ar/contactus
    2. Email   : [email protected]
    3. Phone   : +62 812 2000453
    4. Instagram  : @akupintar.id

Terima kasih telah membaca dan membantu Aku Pintar dalam membangun komunitas yang luar biasa!
Tim Aku Pintar