redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Peta Belajar Bersama

Halo sobat, berikut ini adalah peta belajar bersama materi Teks Cerita Sejarah. Yuk simak dan pelajari!

Yuk sobat, mulai belajar bersama!

Definisi Teks Cerita Sejarah

 

Sobat, pernahkah kalian membaca teks cerita sejarah?

Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan teks cerita sejarah?

Yuk simak penjelasan berikut!

Teks cerita sejarah merupakan teks yang berisi penjelasan tentang fakta dan peristiwa masa lalu yang melatarbelakangi terjadinya sejarah penting.

Teks cerita sejarah bersumber dari peristiwa sejarah yang tidak semata-mata menjadi kisah yang diceritakan turun-temurun, akan tetapi juga memiliki nilai dan kearifan.

Dalam teks cerita sejarah berisi nilai positif dan negatif. Nilai positif di dalamnya dapat ditransformasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan nilai negatif dapat digunakan sebagai pembelajaran.

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

Pada bagian sebelumnya, sobat telah mengetahui definisi teks cerita sejarah.

Lalu apa saja ciri-cirinya? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Berikut ciri-ciri teks cerita sejarah:

  • Teks cerita sejarah disajikan secara kronologi (urutan kejadian atau peristiwa).
  • Berbentuk cerita ulang.
  • Dibangun oleh struktur yang meliputi orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi.
  • Terdapat penggunaan konjungsi temporal (kata hubung waktu), seperti: kemudian, selanjutnya, sesudahnya, dan lainnya.
  • Berisi fakta kejadian atau peristiwa sejarah.

Sebelum kita ke pembahasan yang berbeda, coba kerjakan latihan berikut ya!

Latihan 1

Teks yang berisi uraian, catatan-catatan peristiwa di masa lalu yang berdasarkan bukti konkret disebut....

A. teks anekdot

B. teks cerita sejarah

C. teks eksposisi

D. teks persuasi

E. teks deskripsi

Latihan 2

Di bawah ini ciri-ciri yang tepat untuk teks cerita sejarah adalah....

A. menguraikan objek secara detail, menggunakan kesan indera

B. bentuk cerita berulang, menggunakan konjungsi temporal, cerita disusun secara kronologis

C. isi teks bersifat persuasif, mengunakan disertai fakta, menggunakan kata ajakan

D. isi teks mengandung unsur 5w+1h, bersifat informatif, menggunakan bahasa yang baku

E. berisi runtutan proses, menggunakan konjungsi temporal, bersifat menjelaskan

Latihan 3

Teks cerita sejarah harus disesuaikan dengan....

A. dongeng

B. jalan cerita dalam skenario

C. buku

D. kisah nyata

E. mitos di masyarakat

Latihan 4

Perhatikan penggalan teks cerita sejarah di bawah ini!

Prajurit-prajurit yang telah diperintahkan membersihkan gedung bekas asrama telah menyelesaikan tugasnya.

Berdasarkan penggalan di atas, bukti yang menunjukan masa lampau adalah....

A. diperintahkan

B. bekas

C. asrama

D. telah

E. prajurit

Latihan 5

Berikut ini contoh konjungsi temporal yang terdapat dalam teks cerita sejarah adalah….

A. ketika

B. kemudian

C. sehingga

D. demikian

E. sebab

Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

 

 

Di bawah ini kebahasaan dalam teks cerita sejarah:

Kata ganti (pronomina)
Kata ganti (pronomina) merupakan kata ganti yang menggantikan benda atau penamaan seseorang secara tidak langsung. Contoh kata ganti (pronomina), yaitu saya, aku, kita, mereka, kamu, dia, kalian, mereka, rumah, gedung, kantor, sekolah dan lainnya.

Frasa adverbial

Frasa adverbial merupakan kata yang menunjukan kejadian atau peristiwa, waktu dan tempat. Contoh frasa adverbial, yaitu tahun lalu, pada masa itu, dan lainnya.

Verba material

Verba material merupakan kata yang memiliki fungsi sebagai penunjuk aktivitas yang dilakukan partisipan. Verba material menunjukan peristiwa atau perbuatan fisik, contoh membaca, menulis, melipat, dan lainnya.

Kata hubung waktu (konjungsi temporal)

Kata hubung waktu (konjungsi temporal) merupakan kata hubung yang menunjukan urutan peristiwa atau kejadian dalam cerita, seperti kemudian, selanjutnya, berikutnya, sebelumnya, sesudahnya, dan lainnya.

Kalimat majemuk

Kalimat majemuk merupakan kalimat yang terdiri dari dua kalimat atau lebih yang bergabung dalam satu kalimat utuh.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Bagaimana dengan penjelasan sebelumnya tentang kebahasaan teks cerita sejarah. Sekarang kita lanjut memahami tentang strukturnya.

Teks cerita sejarah dibangun oleh struktur berikut:

Orientasi

Pada struktur bagian orientasi merupakan tahap pertama yang berisi pengenalan, pembuka, atau situasi awal cerita sejarah yang menjadi sebuah teks. Dalam tahap ini, cenderung ditunjukan latar belakang peristiwa sejarah, waktu, dan hal-hal umum yang berkaitan dengan cerita sejarah.

Komplikasi (urutan peristiwa atau kejadian)

Pada struktur bagian komplikasi berisi tentang peristiwa atau kejadian sejarah. Pada bagian menguraikan rekaman peristiwa sejarah secara kronologis (sesuai urutan waktu).

Reorientasi

Pada struktur bagian reorientasi berisi penilaian penulis secara pribadi terhadap peristiwa atau kejadian bersejarah yang terkandung dalam teks cerita sejarah. Pada bagian ini bertujuan untuk membawa cerita sejarah masa lampau ke masa kini.

Latihan 1

Baca dan cermati teks cerita sejarah berikut ini!

Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.

Penggalan teks cerita sejarah di atas termasuk struktur bagian....

A. komplikasi

B. resolusi

C. abstraksi

D. orientasi

E. konflik

Latihan 2

Baca dan pahami penggalan teks cerita sejarah berikut ini!

Ultimatum agar Tentara Republik Indonesia (TRI) meninggalkan kota dan rakyat, melahirkan politik “bumi hangus”. Rakyat tidak rela Kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh. Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Kolonel Abdul Haris Nasution selaku Komandan Divisi III, mengumumkan hasil musyawarah tersebut dan memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Kota Bandung. Bandung sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar Sekutu tidak dapat menggunakannya lagi. Inggris mulai menyerang sehingga pertempuran sengit terjadi. Api masih membubung membakar kota. Bandung pun berubah menjadi lautan api.

Berdasarkan penggalan teks cerita sejarah di atas, termasuk struktur komplikasi yang dibuktikan oleh....

A. penjelasan terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api

B. deskripsi suasana di kota Bandung

C. paparan tokoh, latar, alur dalam peristiwa Bandung Lautan Api

D. berisi uraian tanda akan terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api

E. pendeskripsian sebelum terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api

Latihan 3

Baca dan cermati penggalan teks cerita sejarah berikut ini!

Pendeknya, semua senopati dan pembesar yang saat itu menghadap sang prabu dan mendengar ucapan-ucapan Ronggo Lawe, semua terkejut dan sebagian marah sekali, tetapi mereka tidak berani mencampuri karena mereka menghormati sang Prabu. Akan tetapi, sang Prabu Kertarajasa tetap tenang, bahkan tersenyum memandang kepada Ronggo Lawe, ponggawanya yang dia tahu amat setia kepadanya itu, lalu berkata halus, “ Kakang Ronggo lawe, tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman dan kakang senopati dan semua pembantuku. Bagaimana Kakang Ronggo Lawe dapat mengatakan bahwa pengangkatan itu tidak tepat dan tidak adil?’ Dengan muka merah, kumisnya yang seperti kumis Sang Gatotkaca itu bergetar, napas memburu karena desakan amarah, Ronggo Lawe berkata lantang, “ Tentu saja tidak tepat! Paduka sendiri tahu si Nambi itu! Paduka tentu masih ingat akan segala sepak terjang dan tindak-tanduknya dahulu! Dia seorang bodoh, lemah, rendah budi, penakut, sama sekali tidak memiliki wibawa…” (Novel Sejarah Kemelut di Majapahit karya S.H. Mintardja)

Konjungsi temporal dalam penggalan teks cerita sejarah di atas adalah....

A. akan tetapi

B. melainkan

C. dengan

D. bahkan

E. pendeknya

Latihan 4

Baca dan cermati penggalan teks cerita sejarah berikut ini!

Pendeknya, semua senopati dan pembesar yang saat itu menghadap sang prabu dan mendengar ucapan-ucapan Ronggo Lawe, semua terkejut dan sebagian marah sekali, tetapi mereka tidak berani mencampuri karena mereka menghormati sang Prabu. Akan tetapi, sang Prabu Kertarajasa tetap tenang, bahkan tersenyum memandang kepada Ronggo Lawe, ponggawanya yang dia tahu amat setia kepadanya itu, lalu berkata halus, “ Kakang Ronggo lawe, tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman dan kakang senopati dan semua pembantuku. Bagaimana Kakang Ronggo Lawe dapat mengatakan bahwa pengangkatan itu tidak tepat dan tidak adil?’ Dengan muka merah, kumisnya yang seperti kumis Sang Gatotkaca itu bergetar, napas memburu karena desakan amarah, Ronggo Lawe berkata lantang, “ Tentu saja tidak tepat! Paduka sendiri tahu si Nambi itu! Paduka tentu masih ingat akan segala sepak terjang dan tindak-tanduknya dahulu! Dia seorang bodoh, lemah, rendah budi, penakut, sama sekali tidak memiliki wibawa…” (Novel Sejarah Kemelut di Majapahit karya S.H. Mintardja)

Frasa verba dalam penggalan teks cerita di atas adalah....

A. mengangkat

B. keputusan

C. desakan amarah

D. muka merah

E. rendah budi

Latihan 5

Di bawah ini yang terdapat kelompok kata verba adalah....

A. penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut

B. pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja

C. di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh

D. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia

E. Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei

redesain-navbar Portlet