APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Ekonomi

Manajemen

MATERI

Pengertian Manajemen

C:\Users\Ester\Pictures\Cover AP\bab 9 modul 2.jpg

Manajemen berasal dari Bahasa Perancis kuno yaitu management, yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Berikut pendapat beberapa ahli tentang pengertian manajemen:

1. Prajudi Atmosudirdjo

Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang- orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai kebutuhan.

2. Sondang P. Siagian

Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.

3. Karnadi Wargasasmita

Manajemen adalah mengatur, mengurus, memimpin, dan mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.

4. Manullang

Manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, serta pengawasan (pengontrolan) sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

5. The Liang Gie

Manajemen adalah proses yang menggerakkan Tindakan-tindakan dalam usaha Kerjasama manusia sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.

6. Henry Fayol

Manajemen adalah suatu proses yang terdiri atas kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia, dan mengadakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan

7. George R. Terry

Manajemen adalah suatu proses yang terdiri atas kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengadakan pengendalian melalui kegiatan orang lain dalam rangka mencapai suatu tujuan.

8. John D. Millet

Manajemen adalah satu kesatuan proses pembimbingan dan penyediaan fasilitas-fasilitas kerja terhadap orang-orang yang tergabung dalam organisasi untuk mencapai tujuan.

9. Harold Koontz dan Cyrill O’Donnel

Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan menggunakan kegiatan orang lain.

10. Marry Perker Follet

Manajemen adalah seni untuk menyelesaikan segala sesuatu melalui orang lain dalam organisasi.

Dari pendapat-pendapat ahli tersebut, manajemen mengandung tiga pengertian yaitu:

  1. Manajemen sebagai suatu proses
  2. Manajemen sebagai kolektivitas
  3. Manajemen sebagai seni dan ilmu.

Dapat kita simpulkan bahwa “Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sumber daya manusia dan sumber lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

Prinsip Manajemen


 

Prinsip manajemen menjadi pedoman kerja dalam melaksanakan manajemen. Prinsip manajemen yang diterapkan dengan tepat dapat memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuan. Henry Fayol merumuskan prinsip-prinsip manajemen sebagai berikut:

1. Pembagian kerja (Division of Work)

Pembagian kerja harus dilakukan agar terjadi spesialisasi. Pembagian kerja harus sesuai dengan kemampuan dan keahlian tenaga kerja agar efektivitas dan efisiensi.

2. Wewenang dan tanggung jawab (Authoriryand Responsibility)

Dalam melaksanakan tugasnya seorang pemimpin dilengkapi dengan wewenang dan tanggung jawab. Wewenang dan tanggung jawab harus seimbang. Setiap pekerjaan harus memberikan tanggung jawab sesuai wewenangnya.

3. Disiplin (Discipline)

Disiplin merupakan kepatuhan dan ketaatan pada pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

4. Kesatuan Perintah (Unity of Commmand)

Dalam melaksanakan pekerjaannya, karyawan harus memperhatikan prinsip kesatuan perintah. Karyawan menerima petunjuk dari satu orang saja. Karyawan perlu mengetahui pihak yang harus bertanggung jawab sesuai wewenangnya.

5. Kesatuan Arah (Unity of Direction)

Kegiatan dalam organisasi sebaiknya diarahkan oleh satu orang saja dengan menggunakan satu perencanaan. Kesatuan arah berkaitan dengan kesatuan perintah.

6. Mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi (Subordination of Individual Interest to the Common Good)

Dalam setiap organisasi kepentingan organisasi secara keseluruhan harus berada di atas kepentingan pribadi.

7. Pemberian Upah (Renumeration)

Gaji atau upah bagi karyawan merupakan kompensasi atas keterlibatannya dalam pekerjaan. Prinsip upah lebih untuk prestasi lebih dan upah sama untuk prestasi sama perlu diterapkan.

8. Pemusatan (Centralization)

Suatu wewenang dapat dipusatkan dapat pula didelegasikan untuk memperlancar kegiatan. Pada perusahaan/ organisasi skala kecil bisa menggunakan pemusatan wewenang (sentralisasi), tapi pada perusahaan skala besar bisa mendelegasikan kepada pejabat -pejabat tertentu (desentralisasi).

9. Jenjang jabatan (The Hierarchy)

Jenjang jabatan dalam suatu organisasi sering digambarkan dengan garis-garis rapi dalam bagan organisasi. Jadi garis wewenang digambarkan dengan jelas

10. Tata Tertib (Order)

Ketertiban akan terwujud apabila karyawan maupun atasan mempunyai disiplin yang tinggi. Ketertiban dan disiplin sangat dibutuhkan untuk memperlancar kegiatan guna mencapai tujuan.

11. Keadilan (Equty)

Keadilan akan menimbulkan loyalitas karyawan. Atas harus adil pada karyawannya, yaitu dengan memberikan kepada setiap orang apa yang menjadi haknya.

12. Stabilitas pegawai (Stability of Staff)

Kesatbilan karyawan perlu dijaga agar pekerjaan dapat berjalan lancar. Perputaran karyawan yang terlalu sering tidak baik bagi kelancaran perusahaan.

13. Inisiatif (Initiative)

Setiap karyawan diberi kebebasan untuk mengemukakan inisiatif serta menjalankannya.

14. Semangat Kerja (Esprit de corps)

Dalam setiap kegiatan harus ditumbuhkan rasa semangat persatuan, sehingga dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Unsur Manajemen

Telah kita ketahui bahwa manajemen adalah proses kegiatan untuk mencapai tujuan, melalui kegiatan orang lain, dengan menggunakan sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya yang merupakan unsur-unsur manajemen. Unsur- unsur itu meliputi:

1. Tenaga Kerja (Man)

Dalam kegiatan manajemen unsur manusia paling menentukan. Manusia menjadi penggerak dan penentu tercapainya suatu tujuan.

2. Uang (money)

Dalam kegiatan manajemen yang digunakan untuk biaya produksi membeli bahan baku, menggaji karyawan, dan membiayai kegiatan lainnya.

3. Mesin (Machines)

Pemakaian mesin mempermudah proses kerja, menciptakan efisiensi serta dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas.

4. Bahan (Materials)

Ketersediaan bahan sangat penting dalam proses produksi.

5. Metode (Methods)

Metode merupakan cara dalam melakukan kegiatan guna mencapai tujuan. Pemilihan metode yang tepat dapat menentukan keberhasilan.

6. Pasar (Market)

Pasar merupakan tempat menjual hasil produksi. Penguasaan pasar untuk mendistribusikan hasil produksi merupakan hal yang menentukan dalam manajemen.

 

Fungsi Manajemen

Dalam proses pelaksanaannya, manajemen mempunyai beberapa tugas dan kegiatan yang harus dilaksanakan dalam mencapai tujuannya. Tugas-tugas ini disebut fungsi manajemen yang saling terkait, terpadu dan terkontrol. Berikut ini fungsi-fungsi manajemen menurut beberapa ahli:

NO

Ahli

Fungsi Manajemen

Singkatan

1

Henry Fayol

  1. Perencanaan (Planning)

  2. Pengorganisasian (Organizing)

  3. Pemberian Komando (Commanding)

  4. Pengkoordinasian (Coordinating)

  5. Pengawasan (Controlling)

POCC

(POC3)

2

Harold Koontz dan

Cyrill O’Donnel

  1. Perencanaan (Planning)

  2. Pengorganisasian (Organizing)

POSDC

  1. Penempatan Tenaga Kerja (Staffing)

  2. Pemberian Pengarahan (Directing)

  3. Pengawasan (Controlling)

3

Luther M. Gullick

  1. Perencanaan (Planning)

  2. Pengorganisasian (Organizing)

  3. Penempatan Kerja (Staffing)

  4. Pemberian Pengarahan (Directing)

  5. Pengkoordinasian (Coordinating)

  6. Penyampaian Laporan (Reporting)

  7. Penyusunan Anggaran Belanja (Budgeting)

POSDCRB

4

George Terry

  1. Perencanaan (Planning)

  2. Pengorganisasian (Organizing)

  3. Penggerakkan (Actuating)

  4. Pengawasan (Controlling)

POAC

5

William Newman

  1. Perencanaan (Planning)

  2. Pengorganisasian (Organizing)

  3. Pengolahan Sumber Aalam (Assembling Resources)

  4. Pengawasan (Controlling)

POAC

6

Sondang P. Siagian

  1. Perencanaan (Planning)

  2. Pengorganisasian (Organizing)

  3. Pemberian Motivasi (Motivating)

  4. Pengawasan (Controlling)

  5. Penilaian (Evaluating)

POMCE

7

Prof. Dr. Winardi, SE

  1. Perencanaan (Planning)

  2. Pengorganisasian (Organizing)

  3. Pengkoordinasian (Coordinating)

  4. Kepemimpinan (Leading)

  5. Komunikasi (Communication)

  6. Pengawasan (Controlling)

POCLCC

8

Liang Gie

  1. Perencanaan (Planning)

  2. Pembuatan Keputusan (Decision Making)

  3. Pembimbingan (Directing)

  4. Pengkoordinasian (Coordinating)

  5. Pengendalian (Controlling)

PDDCC

\




















 

Dari pendapat beberapa ahli tentang fungsi-fungsi manajemen di atas, ada beberapa persamaan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Sekarang keempat fungsi itu akan dibahas berikut ini:

  1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan merupakan langkah awal menentukan tujuan dan cara untuk mencapainya. Perencanaan yang baik berpedoman pada 5W dan 1 H, yaitu:

  1. What, apa yang akan dikerjakan?

  2. Why, mengapa pekerjaan itu harus dilakukan?

  3. Where, dimana pekerjaan akan dilakukan?

  4. When, kapan pekerjaan akan dilakukan?

  5. Who, siapa yang akan melakukan pekerjaan itu?

  6. How, bagaimana caranya melaksanakan pekerjaan itu?

Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian merupakan proses penyusunan struktur organisasi dilanjutkan dengan pembagian tugas, wewenang, tanggung jawab, serta sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam pengorganisasian perlu memegang prinsip:

  1. Penetapan tujuan yang jelas

  2. Pembagian kerja

  3. Pelimpahan wewenang

  4. Kesatuan komando

  5. Rentangan kekuasaan

  6. Tingkat kekuasaan serta koordinasi.

Penggerakkan (Actuating)

Pengarahan adalah tindakan mengusahakan agar semua anggota mau secara sadar untuk bekerja mencapai tujuan. Actuating merupakan fungsi penggerakan yang mengandung definisi sebagai berikut :

  1. Directing yaitu menggerakkan orang lain dengan memberikan petunjuk dan pengarahan.

  2. Commanding yaitu menggerakkan orang lain dengan memberikan perintah atau komando dengan tegas.

  3. Motivating yaitu menggerakkan orang lain dengan memberikan alasan –alasan , bimbingan, nasehat, dan dorongan

  4. Staffing yaitu menggerakkan orang lain dengan menempatkannya pada fungsi – fungsi yang sesuai dengan jabatan – jabatan tertentu.

  5. Leading yaitu menggerakkan orang lain dengan memberi contoh dan teladan yang baik untuk mencapai tujuan.

Penggerakan akan berhasil bila memegang prinsip:

  1. Memperlakukan manusia dengan sebaik-baiknya

  2. Mendorong pertumbuhan dan perkembangan manusia

  3. Menanamkan pada manusia keinginan untuk melebihi

  4. Menghargai hasil pekerjaan yang baik dan sempurna.

  5. Mengusahakan adanya keadilan tanpa pilih kasih

  6. Memberikan kesempatan yang tepat dan bantuan yang cukup

  7. Memberikan dorongan untuk mengembangkan potensi diri.

Pengawasan (Controlling)

Pengawasan adalah proses pengamatan, menilai pelaksanaan, pengendalian proses kerja, dan jika perlu mengambil tindakan korektif sehingga pelaksanaan dapat berjalan sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Pengawasan memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  1. Mencegah penyimpangan

  2. Memperbaiki kesalahan dan menindak penyelewengan.

  3. Mendinamiskan organisasi dan seluruh kegiatan manajemen.

  4. Meningkatkan rasa tanggung jawab.

  5. Mendidik pegawai jujur.

Pengawasan dapat dilakukan dengan langkah-langkah:

  1. Menetapkan standar untuk pengawasan

  2. Mengukur kinerja.

  3. Membandingkan hasil dengan standar.

  4. Memperbaiki penyimpangan dengan tindakan korektif.

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan dalam pengawasan, antara lain :

  1. Komparatif yaitu sistem pengawasan yang dilakukan dengan cara membandingkan hasil dengan rencana

  2. Inspektif yaitu sistem pemeriksaan setempat yang berguna untuk mengetahui secara langsung keadaan sebenarnya mengenai pelaksanaan suatu pekerjaan

  3. Verifikatif yaitu sistem pengawasan dengan pemeriksaan

  4. Investigatif yaitu sistem pengawasan yang dilakukan dengan mengadakan penyelidikan.

1.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Planning, Organizing, Motivating, Controlling, Evaluating merupakan fungsi manajemen menurut ...


A. Sondang P. Siagian
B. Henry Fayol
C. M. Gullick
D. Harlod Koontz
E. George R. Terry

JAWABAN BENAR

A.

Sondang P. Siagian

PEMBAHASAN

Planning, Organizing, Motivating, Controlling, Evaluating merupakan fungsi manajemen menurut Sondang P. Siagian

2.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Penentuan tujuan yang jelas, pembagian kerja, pelimpahan wewenang, kesatuan komando, rentangan kekuasaan merupakan prinsip-prinsip dari


A. Directing
B. Planning
C. Actuating
D. Organizing
E. Controlling

JAWABAN BENAR

D.

Organizing

PEMBAHASAN

Penentuan tujuan yang jelas, pembagian kerja, pelimpahan wewenang, kesatuan komando, rentangan kekuasaan merupakan prinsip-prinsip dari Organizing

3.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Perkembangan terakhir yang relatif baru dalam manajemen adalah konsep 7S dari ...


A. Henry Fayol
B. McKinsey
C. George R. Terry
D. William H. Newman
E. Prof. Eiji Ogawa

JAWABAN BENAR

B.

McKinsey

PEMBAHASAN

Perkembangan terakhir yang relatif baru dalam manajemen adalah konsep 7S dari McKinsey

4.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Berikut yang merupakan penerapan fungsi manajemen actuating di sekolah (OSIS) adalah ...


A.

Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja efektif dan efisien dalam mencapai tujuan


B. Menentukan sumber daya yang dibutuhkan
C. Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
D. Menerapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
E. Melakukan koordinasi antar bagian agar terhindar dari komunikasi yang buruk

JAWABAN BENAR

A.

Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja efektif dan efisien dalam mencapai tujuan

PEMBAHASAN

Berikut yang merupakan penerapan fungsi manajemen actuating di sekolah (OSIS) adalah Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja efektif dan efisien dalam mencapai tujuan

5.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Dapat menjalin hubungan baik antar anggota organisasi, struktur anggota dapat mengetahui tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya, spesialisasi dalam melakukan tugas. Merupakan manfaat ...


A. Coordinating
B. Planning
C. Organizing
D. Actuating
E. Controlling

JAWABAN BENAR

C.

Organizing

PEMBAHASAN

Dapat menjalin hubungan baik antar anggota organisasi, struktur anggota dapat mengetahui tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya, spesialisasi dalam melakukan tugas. Merupakan manfaat Organizing

redesain-navbar Portlet