APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Ekonomi

Masalah dan Sistem Ekonomi

MATERI

Masalah Pokok Ekonomi

C:\Users\Ester\Pictures\Cover AP\bab 2 modul 4.jpg

Masalah Pokok Ekonomi muncul karena pertemuan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas. Kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sangat banyak dan beragam. Di sisi lain, ketersediaan sumber daya yang tersedia belum tentu bisa mencukupi kebutuhan tersebut. Adanya keterbatasan sumber daya yang terbatas ini akan menimbulkan masalah. Apa saja masalah pokok ekonomi yang dihadapi manusia? 

Masalah Pokok Ekonomi Tradisional/Klasik

Menurut teori ekonomi klasik atau ekonomi tradisional ada 3 masalah pokok ekonomi, disebut sebagai masalah pokok ekonomi tradisional. Ketiga masalah pokok ekonomi tradisional tersebut meliputi masalah produksi, masalah distribusi, dan masalah konsumsi. Adanya permasalahan tersebut akan memancing upaya untuk menyelesaikan masalah pokok ekonomi.

Masalah Produksi

Proses produksi dapat mencipta atau menambah kegunaan suatu barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan. Kebutuhan manusia dapat terpenuhi jika barang/jasa yang dibutuhkan tersedia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, produsen harus mengetahui barang/jasa apa saja yang dibutuhkan. Dengan melakukan kegiatan produksi yang tepat akan mampu menghasilkan barang/jasa yang dibutuhkan. 

Masalah Distribusi

Masalah distribusi menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Barang/jasa yang diproduksi akan termanfaatkan jika sampai kepada yang membutuhkan. Masalah lain terkait masalah pokok ekonomi yang menangani masalah tersebut adalah masalah distribusi. Yaitu menjawab masalah bagaimana produk bisa terdistribusi secara baik hingga sampai kepada yang membutuhkan.

Masalah Konsumsi

Permasalahan konsumsi menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu barang/jasa. Masalah yang muncul dalam kelompok konsumsi adalah memanfaatkan barang/jasa dengan tepat. Jika tidak dapat termanfaatkan dengan baik maka akan menjadi sia – sia. Masalah dalam konsumsi harus mampu dijawab oleh pelaku produksi agar dapat menyediakan barang/jasa yang baik sesuai yang dibutuhkan. Pada pihak pelaku konsumsi juga harus bisa meningkatkan pendapatan agar dapat menjangkau barang/jasa yang disediakan pihak produksi.

Masalah Pokok Ekonomi Modern

Selain masalah pokok ekonomi tradisional yang telah diulas pada bahasan di atas, ada juga masalah pokok ekonomi modern. Dalam masalah pokok ekonomi modern membagi permasalah dalam ekonomi menjadi tiga, yaitu what (apa dan berapa banyak), how (bagaimana), dan for whom (untuk siapa).

What: apa yang akan diproduksi dan berapa banyak?

Proses menentukan apa barang/jasa yang akan diproduksi merupakan masalah pokok dan penting dalam ekonomi. Kesalahan dalam menentukan barang/jasa yang tidak tepat dapat mengakibatkan kerugian. Besarnya tingkat kerugian yang dialami dapat menimbulkan kebangkrutan.

Pemilihan produk barang/jasa yang tepat juga perlu diimbangi dengan penentuan berapa banyak produksi yang perlu dilakukan. Jumlah sumber daya yang terbatas juga akan menjadi sia – sia jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Adanya barang/jasa yang menumpuk dan tidak terpakai merupakan suatu pemborosan sumber daya. . 

Untuk mengetahui apa saja dan berapa banyak produk yang perlu diproduksi untuk memenuhi keinginan konsumen, pihak produsen harus memiliki penilaian berdasarkan kesesuaian kebutuhan terlebih dahulu.

How: Bagaimana cara memproduksi?

Cara memproduksi suatu barang/jasa berkaitan dengan cara mengkombinasikan sumber daya atau faktor produksi. Cara produksi barang/jasa yang dipilih sebaiknya adalah cara yang paling efektif dan efisien. Dengan demikian dapat dilakukan penghematan dalam proses produksi.

Penghematan dalam proses produksi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Seperti mencari bahan baku dengan harga yang lebih murah tetapi tetap memiliki kualitas yang baik. Menentukan jumlah karyawan yang diperlukan juga dibutuhkan agar seimbang antara tenaga yang dibutuhkan dan tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan proses produksi.

Pemilihan teknologi dalam melakukan proses produksi juga perlu dilakukan. Mesin – mesin modern tentu belum dibutuhkan untuk proses produksi skala kecil. Apabila terdapat permintaan dalam skala besar maka penggunaan mesin modern boleh menjadi pertimbangan.

Cara produksi yang paling membutuhkan biaya produksi akan membuat harga barang/jasa menjadi relatif murah.

For Whom: untuk siapa barang dan jasa diproduksi? 

Permasalahan ekonomi untuk siapa barang/jasa diproduksi merupakan masalah yang menyangkut soal siapa yang memerlukan barang/jasa. Sehingga, masalah ini  berkaitan dengan cara mendistribusikan barang atau jasa ke dalam pasar yang tepat. Dengan mentarget pembeli yang tepat, barang/jasa akan termanfaatkan dengan baik. 

 

1.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Inti masalah ekonomi adalah


A. Kebutuhan manusia dalam mencapai kepuasan hidup
B. Kebutuhan manusia yang dapat dipenuhi dengan kerja
C. Kebutuhan manusia dan uang sebagai alat pemuasnya
D. Kebutuhan manusia dan keterbatasan alat pemuasnya
E. Kebutuhan manusia yang banyak

JAWABAN BENAR

D.

Kebutuhan manusia dan keterbatasan alat pemuasnya

PEMBAHASAN

Inti dari masalah ekonomi yang kita pahami selama ini adalah kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhan terbatas.

2.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Masalah pokok dalam masyarakat modern dalam mengatasi masalah ekonomi adalah barang dan jasa apa yang dihasilkan, berapa banyak barang yang dihasilkan dan ….


A. Mesin apa yang digunakan untuk produksi
B. Berapa banyak barang yang dihasilkan
C. Siapa yang membeli barang yang dihasilkan
D. Jasa apa yang dihasilkan/diproduksi
E. Bagaimana produksi nya

JAWABAN BENAR

C.

Siapa yang membeli barang yang dihasilkan

PEMBAHASAN

Pada hakikatnya masalah pokok ekonomi modern perlu mencari jawaban atas tiga pertanyaan, yaitu apa yang diproduksi, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa barang/ jasa di produksi. Masyarakat harus memutuskan apa sajakah barang dan jasa yang diproduksi agar memenuhi kebutuhan secara tepat sasaran

3.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Survei pasar sangat diperlukan guna membantu produsen terutama dalam mengatasi satu masalah ekonomi, yaitu....


A. Apa yang harus diproduksi
B. Dimana diproduksi
C. Bagaimana cara memproduksi
D. Untuk siapa diproduksi
E. Dimana Di produksi

JAWABAN BENAR

A.

Apa yang harus diproduksi

PEMBAHASAN

Riset pasar bisa membantu brand untuk menghasilkan informasi tentang besarnya pasar potensial suatu produk atau jasa sesuai target pasar. Informasi ini nantinya sangat berguna untuk menentukan target penjualan dan pencapaian market share di pasar.

4.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Di daerah perkotaan yang padat penduduknya harga tanah menjadi sangat mahal. Untuk mengatasi mahalnya harga tanah tersebut cara yang paling tepat dilakukan adalah…


A. Menggalangkan program Transmigrasi
B. Membangun rumah susun perkotaan
C. Merelokasikan pabrik keluar kota
D. Membangun rumah sederhana bagi penduduk miskin
E. Membangun Jalan raya

JAWABAN BENAR

A.

Menggalangkan program Transmigrasi

PEMBAHASAN

Transmigrasi memiliki tujuan yaitu untuk menyeimbangkan penyebaran penduduk, memperluas kesempatan kerja, mempercepat lajunya pembangunan daerah, pemerataan sumber daya alam dan sumber daya manusia serta meningkatkan taraf hidup para transmigrasi dan memperkuat ketahanan nasional

5.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Berikut ini tiga pokok masalah ekonomi yang sering dihadapi oleh individu dan masyarakat, kecuali ....


A. siapa yang melaksanakan proses produksi
B. untuk siapa barang/jasa tersebut diproduksi
C. barang/jasa apa yang harus diproduksi
D. bagaimana cara memproduksi barang/jasa
E. teknik apa yang digunakan dalam proses produksi

JAWABAN BENAR

A.

siapa yang melaksanakan proses produksi

PEMBAHASAN

Dalam masalah pokok ekonomi terdapat hal yaitu apa barang yang akan diproduksi, untuk siapa dan bagaimana memproduksinya

redesain-navbar Portlet