APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Geografi

Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

MATERI

El Nino

EL NINO datang mengganggu setiap dua tahun sampai tujuh tahun sekali. Samudera Pasifik, mulai Pasifik Tengah sampai dengan pantai Peru di Amerika Selatan menjadi hangat, tetapi tidak demikian di perairan Australia sebelah utara dan Indonesia. Apabila hal ini terjadi, angin pasat akan melemah dan arahnya berbalik, yakni berembus dari arah barat ke arah timur. Jadi, udara tropis yang lembap tidak berpusat di dekat Benua Australia.

Alih udara lembap tersebut berpusat di Samudera Pasifik tengah dan meluas ke timur arah Amerika Selatan. Hal ini menyebabkan turunnya hujan di Samudera Pasifik, dan hujan di Australia serta di Indonesia menjadi kurang dari biasanya. Akibatnya timbul kekeringan di Australia dan di beberapa daerah di Indonesia. Kekeringan ini sering disertai dengan kebakaran rumput dan hutan. Selama peristiwa El Nino pada tahun 1994 dan 1997, baik di Indonesia maupun Australia mengalami kebakaran

La Nina

LA NINA, Peristiwa ini terjadi ketika angin pasat berembus dengan keras dan terus-menerus melintasi Samudera Pasifik ke arah Australia. Angin tersebut mendorong lebih banyak air hangat ke arah Australia sebelah utara dibandingkan biasanya. Akibatnya, semakin banyaklah awan yang terkonsentrasi dalam keadaan seperti ini dan menyebabkan turunnya hujan lebih banyak di Australia, di Pasifik sebelah barat, dan di Indonesia. Di daerah tersebut terjadi hujan deras yang mengakibatkan banjir dan air pasang.

1.

Perhatikan soal berikut!


Indonesia yang terletak di antara 2 samudera yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Berkaitan dengan Samudra Pasifik, menyebabkan Indonesia mengalami fenomena …


A. dilewati badai tropis
B. rawan gempa bumi
C. El Nino dan La Nina
D. punggungan samudra
E. persebaran hutan hujan tropis

JAWABAN BENAR

C.

El Nino dan La Nina

PEMBAHASAN

Wilayah Indonesia secara geografis yang diantara 2 samudra memiliki banyak akibat salah satunya pada bidang cuaca dan iklim. Posisi pada Samudra Pasifik menyebabkan Indonesia mengalami El-Nino dan La-Nina akibat dinamika suhu perairan di Samudra Pasifik.

2.

Perhatikan soal berikut!

Pengaruh La Nina bagi Indonesia yaitu....


A. banjir
B. kekeringan
C. puting beliung
D. kebakaran hutan
E. intrusi air laut

JAWABAN BENAR

A.

banjir

PEMBAHASAN

Akibat dari La Nina adalah hujan turun lebih banyak di Samudera Pasifik sebelah barat Australia dan Indonesia. Dengan demikian di daerah ini akan terjadi hujan lebat dan banjir di mana-mana.

3.

Perhatikan soal berikut!


Indonesia pada saat La-nina mengalami banjir dan air pasang, sektor yang dapat dioptimalkan adalah…


A. Perikanan
B. Pertambangan
C. Pertanian
D. Industri
E. Perdagangan

JAWABAN BENAR

C.

Pertanian

PEMBAHASAN

Banjir dan air pasang saat La-nina dapat dimanfaatkan secara optimal pada sektor pertanian khususnya pertanian lahan basah seperti pertanian sawah padi, kangkong, dll.

4.

Perhatikan soal berikut!


Potensi perikanan tangkap di Indonesia mengalami masa puncak Ketika terjadi fenomena….


A. El-Nino
B. La-Nina
C. Pasang Perbani
D. Musim Penghujan
E. Musim Kemarau

JAWABAN BENAR

A.

El-Nino

PEMBAHASAN

El-Nino menyebabkan Indonesia mengalami kekeringan. Namun ini memberikan efek positif bagi nelayan karena laut memberikan banyak nutrient sehingga mengundang datangnya ikan tangkapan yang melimpah.

redesain-navbar Portlet