APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Sosiologi

Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan

MATERI

Pengertian Gejala Sosial

Gejala Sosial adalah masalah sosial yang memengaruhi dan dipengaruhi oleh perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Gejala sosial juga dapat diartikan sebagai fenomena sosial. Munculnya fenomena sosial tersebut berawal dari adanya perubahan sosial. Perubahan sosial tidak bisa kita hindari namun kita perlu mengantisipasi. Pengertian gejala sosial juga dapat kita artikan sebagai sebuah peristiwa yang sering terjadi pada lapisan masyarakat baik masyarakat tradisional maupun masyarakat modern.
 

Faktor Penyebab Gejala Sosial



a. Faktor kultural
Faktor ini merupakan nilai yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan masyarakat atau komunitas. Berikut beberapa contoh gejala sosial berdasarkan faktor kultural diantaranya kemiskinan, kerja bakti, perilaku menyimpang dan lain sebagainya.

b. Faktor struktural
Merupakan sebuah keadaan yang memengaruhi stuktur yang disusun oleh pola tertentu. Faktor struktural bisa dilihat dari pola hubungan antar individu dan kelompok yang terjalin dalam lingkungan masyarakat. Contoh gejala sosial yang dipengaruhi faktor struktural diantaranya seperti penyuluhan sosial, interaksi antar individu dan lain sebagainnya.
 

Macam-macam Gejala Sosial

a. Ekonomi
Merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pendapatan. Tingkat pendapatan yang dimiliki individu bisa mengakibatkan gejala sosial dalam masyarakat. Dilihat dari aspek ekonomi, gejala sosial sangat berkaitan dengan perekonomian masyarakat. Jika ada seseorang yang kurang bisa mencukupi kebutuhan, maka akan terjadi beberapa gejala sosial di lingkungannya. Dilihat dari segi ekonomi, gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat meliputi kemiskinan, pengangguran, masalah kependudukan dan lain sebagainya.

b. Budaya
Indonesia memiliki beraneka ragam kebudayaan sehingga sudah sepatutnya kita saling menghormati budaya lain. Dengan adanya perbedaan kebudayaan jangan membuat persatuan menjadi pecah. Tidak hanya di negara sendiri, perbedaan budaya dengan negara lain juga harus dihormati. Keragaman budaya yang ada disekitar kita juga dapat menyebabkan timbulnya gejala sosial seperti tindakan peniruan budaya asing yang negatif, kenakalan remaja dan lain sebagainya.

c. Lingkungan alam
Gejala sosial dalam lingkungan alam menyangkut aspek kesehatan. Seseorang yang terserang penyakit bisa mengakibatkan gejala sosial dilingkungan sekitarnya. Contoh gejala sosial yang dapat ditumbulkan diantaranya penyakit menular, pencemaran lingkungan dan lain sebagainya.

d. Psikologis
Perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh aspek psikologi. Jika seseorang mengalami gangguan kejiwaan dapat menyebabkan gejala sosial dalam masyarakat seperti diorganisasi jiwa, aliran ajaran sesat dan lain sebagainya.

Contoh Gejala Sosial dalam Masyarakat

a. Kemiskinan
Merupakan contoh gejala sosial yang sering dijumpai disekitar kita. Kemiskinan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kemiskinan absolut dan kemiskinan relatif. Kemiskinan absolut yaitu individu atau kelompok orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan minimum hidupnya. Kemiskinan relatif yaitu individu atau kelompok orang yang mampu memenuhi kebutuhan minimum hidupnya, akan tetapi dirinya masih merasa miskin jika dibandingkan dengan orang lain atau kelompok lain. Kemiskinan bisa disebabkan tidak mampunya seseorang dalam memenuhi kebutuhan primer. akan tetapu dalam sosiologi, salah satu faktor penyebab kemiskinan ini yaitu karena lembaga kemasyarakatan dibidang ekonomi yang tidak berfungsi dengan baik. Permasalahan ini dapat menyebar ke bidang lain seperti pendidikan, sosial, dan lain sebagainya.

b. Masalah kependudukan
Indonesia merupakam negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang padat. Penduduk merupakan sumber penting bagipembangunan. Hal tersebut dikarenakan penduduk menjadi subjek dan objek pembangunan. Dengan adanya pembangunan maka dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk di suatu negara. Kesejahteraan penduduk akan mengalami gangguan yang dipengaruhi oleh perubahan demografis yang sering sekali tidak dirasakan. Masalah kependudukan bisa berupa kepadatan penduduk, pemerataan penduduk yang tidak rata, ledakan penduduk dan lain sebagainya. Masalah diatas perlu adanya penanggulangan, karena dapat memengaruhi tingkat kesejahteraan penduduk. 
Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi permasalahan kependudukan yaitu:
1) Melalui program keluarga berencana (KB)
2) Transimigrasi
3) Mengatur pertumbuhan jumlah penduduk

 

Dampak Gejala Sosial di Masyarakat

a. Dampak positif
Gejala sosial yang ada dalam masyarakat harus disikapi dengan baik. Apabila kita terbuka dan mengimbangi perubahan sosial busaya yang ada maka perubahan tersebut akan memberikan dampak positif bagi kita. Hal ini dapat dilihat dengan adanya kemajuan di bidang ateknologi salah satunya teknologi komunikasi dengan alat komunikasi modern seperti smartphone dan alat komunikasi modern lainnya yang membuat kita dapat berinteraksi jarak jauh tanpa harus bertemu secara langsung.

b. Dampak negatif
Seseorang yang tidak bisa menerima perubahan akan mengalami keguncangan culture shock. Ketidakmampuan seseorang dalam menghadapi gejala sosial akan membawanya ke arah perilaku menyimpang
 

1.

Jawablah pertanyaan ini!

Gejala sosial timbul dari adanya kemiskinan. Dibawah ini merupakan ciri-ciri kemiskinan, kecuali….


A. Mereka tidak memiliki faktor produksi, seperti tanah, modal, ataupun keterampilan, sehingga kemampuan untuk memperoleh pendapatan menjadi terbatas
B. Mereka tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh aset produksi dengan kekuatan sendiri
C. Mereka memiliki tingkat pendidikan yang tinggi dan warisan yang banyak
D. Tingkat pendidikan rendah dan waktu mereka tersita untuk mencari nafkah
E. Kebanyakan mereka tinggal di pedesaan

JAWABAN BENAR

C.

Mereka memiliki tingkat pendidikan yang tinggi dan warisan yang banyak

PEMBAHASAN

Ciri-ciri kemiskinan, antara lain:
- Mereka tidak memiliki faktor produksi, seperti tanah, modal, ataupun keterampilan, sehingga kemampuan untuk memperoleh pendapatan menjadi terbatas.
- Mereka tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh aset produksi dengan kekuatan sendiri.
- Tingkat pendidikan rendah dan waktu mereka tersita untuk mencari nafkah.
- Kebanyakan mereka tinggal di pedesaan.
- Mereka yang hidup dikota masih berusia muda dan tidak didukung oleh keterampilan yang memadai

2.

Jawablah pertanyaan ini!

Raina merupakan anak perempuan dari keluarga sederhana. Ia duduk di kelas 11 SMA. Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia membuat Raina harus mengalami berbagai kesulitan dalam bertahan hidup. Ayah dan Ibunya tidak memiliki pekerjaan. Raina pun memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah karena tidak memiliki biaya. Contoh permasalahan sosial dalam teks diatas adalah…….


A. Kenakalan remaja
B. Kejahatan
C. Tawuran pelajar
D. Kemiskinan
E. Pengangguran

JAWABAN BENAR

D.

Kemiskinan

PEMBAHASAN

Jika seseorang tidak memiliki pekerjaan artinya ia tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup termasuk kedalam arti dari kemiskinan. Itu artinya permasalahan yang dialami Raina ada masalah kemiskinan. 

3.

Jawablah pertanyaan ini!

Menurut Durkheim, gejala sosial harus dipahami sebagai fakta objektif di luar kehidupan subjektif individu, artinya ….


A. gejala sosial merupakan suatu kondisi yang sebenarnya terjadi di masyarakat
B. gejala sosial merupakan suatu rekayasa yang dilakukan oleh individu
C. gejala sosial merupakan suatu kondisi yang dipengaruhi oleh pandangan pribadi
D. gejala sosial tidak terjadi secara tiba-tiba, tetapi karena dibentuk oleh suatu kelompok tertentu
E. gejala sosial di masyarakat tidak terjadi sesuai dengan fakta di masyarakat

JAWABAN BENAR

A.

gejala sosial merupakan suatu kondisi yang sebenarnya terjadi di masyarakat

PEMBAHASAN

Menurut Durkheim, gejala sosial harus dipahami sebagai fakta objektif di luar kehidupan subjektif individu. Artinya, gejala sosial merupakan suatu kondisi yang sebenarnya terjadi di masyarakat (objektif) tanpa adanya rekayasa oleh individu ataupun dipengaruhi oleh pandangan pribadi (subjektif) individu atau kelompok tertentu. Perilaku, aktivitas, maupun peristiwa yang tergolong sebagai gejala sosial di masyarakat terjadi sesuai dengan fakta di lapangan dengan mempertimbangkan kondisi tertentu yang mana masyarakat memandang bahwa fakta tersebut merupakan suatu gejala sosial, bukan berdasarkan pandangan (penilaian) pribadi atau satu orang saja.

4.

Jawablah pertanyaan ini!

Perhatikan ilustrasi berikut!
1) Jimmy mencuri pulpen milik Miya
2) Pak Riga tidak ikut serta dalam gotong royong karena sedang malas
3) Falih bermain gitar di saat pelajaran musik
4) Pak Deddy selaku sekretaris RW mengemukakan pendapat saat rapat RW
5) Ninar memakai sandal jepit saat menghadiri upacara pernikahan sepupunya
Ilustrasi yang menunjukkan penyimpangan sosial ditunjukkan oleh nomor ….


A. 1 ), 2), dan 3)
B. 2), 3), dan 4)
C. 1), 2), dan 5)
D. 3), 4), dan 5)
E. 1), 4), dan 5)

JAWABAN BENAR

C.

1), 2), dan 5)

PEMBAHASAN

Penyimpangan sosial merupakan perilaku individu atau kelompok yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial (aturan) yang berlaku di suatu masyarakat. Perilaku yang menunjukkan penyimpangan pada pernyataan di soal adalah nomor 1), 2), dan 5). Pernyataan pada nomor 3) dan 4) bukanlah contoh dari perilaku menyimpang. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

redesain-navbar Portlet