APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Biologi

Archaebacteria dan Eubacteria

MATERI

Archaebacteria, Eubacteria, dan Monera


 

Pohon Filogenetik yang menunjukkan kekerabatan Archaebacteria lebih dekat ke organisme eukariotik

Sobat Pintar, tahukah kalian kalau bakteri sebetulnya merujuk pada Eubacteria? Sedangkan Archaebacteria merupakan sel-sel kuno yang sebetulnya berkerabat lebih dekat dengan sel eukariotik? Yups, pada sistem klasifikasi 5 kingdom, 2 kelompok ini awalnya dikelompokkan ke dalam kingdom monera karena keduanya termasuk organisme prokariotik (tidak memiliki membran inti) dan sama-sama mampu melakukan pembelahan biner. Namun, terdapat beberapa alasan yang menyebabkan penggolongan ini akhirnya tidak digunakan lagi, diantaranya:

  • Pebedaan habitat: archaebacteria memiliki habitat di tempat yang ekstrim seperti dengan kadar garam tinggi (halofilik) dan suhu tinggi (termofilik), sementara eubacteria hidup di tempat yang memiliki suhu dan pH yang normal
  • Perbedaan penyusun dinding sel, dimana eubacteria memiliki dinding sel yang tersusun atas peptidoglikan, sementara archaebacteria tidak.’
  • Perbedaan penyusun membran lipid: pada archaebacteria membran lipidnya rantai eter yang bercabang dan terdiri atas rantai karbon alifatik yang mengandung D-gliserol fosfat, sedangkan pada eubacteria membran lipidnya rantai ester yang mengandung L-gliserol fosfat.
  • RNA polimerase: pada archaebacteria struktur ini cukup kompleks sehingga menyerupai RNA polimerasi pada organisme eukariotik, sedangkan struktur pada eubacteria lebih sederhana.
  • Intron: Intron adalah sekuens (urutan) nukleotida yang dibuang saat pematangan produk RNA. Intron ditemukan pada archaebacteria (ditemukan juga pada sel eukariotik), sedangkan eubacteria tidak.
  • Metabolisme: archaebacteria hanya dapat melakukan siklus krebs atau glikolisis (salah satu saja), sedangkan bakteri dapat melakukan keduanya.
  • Tipe: Archaebacteria terdiri dari: metanogen, halofil, dan termofil, sedangkan eubacteria terdiri atas bakteri gram positif dan bakteri gram negatif.
  • Contoh: 1) Archaebacteria (Halobacterium, Thermoplasma, dsb.); 2) Eubacteria (Mycobacteria, Clostridium, Bacillus, dsb.)

Contoh Archaea dan Bakteri (Sumber: Microbes Notes)

Berdasarkan perbedaan tersebut, kira-kira so-called-bakteri-baik dalam yoghurt termasuk kelompok yang, mana, ya? Sobat Pintar tahu, kah? Diskusikan jawabannya di kolom komentar, yuk!

Reproduksi Kelompok Archae dan Bakteri

Bakteri dapat bereproduksi secara aseksual maupun seksual. Adapun penjelasannya sebagai berikut.

A. Reproduksi Aseksual.

Reproduksi bakteri tipe ini dapat dilakukan melalui pembelahan biner secara amitosis, yaitu terjadi secara langsung tanpa melalui tahapan tertentu seperti pada pembelahan mitosis. Adapun pembelahan biner bakteri mengacu pada rumus 2n, dimulai dari 1 bakteri membelah menjadi 2 sel, kemudian 4 sel, 8 sel, dan seterusnya. Pada umumnya, bakteri dapat membelah sekitar 1-3 jam sekali, misalnya pada Eschericia coli yang mampu membelah setiap 20 menit sekali.

Sumber: Pearson Education

B. Reproduksi Seksual.

Sumber: Addgene Blog

Reproduksi bakteri tipe ini dapat disebut rekombinasi gen, yaitu peristiwa bercampurnya materi genetik (DNA) dari dua sel bakteri yang berbeda, kemudian terbentuk DNA rekombinan. Proses ini dapat terjadi melalu cara berikut.

1. Transformasi, yaitu pengambilan sebagian materi genetik secara langsung yang dilakukan oleh sel bakteri. Transformasi dapat dilakukan secara alami maupun diinduksi secara artifisial (buatan). Metode ini banyak dimanfaatkan untuk kloning gen.

Sumber: MicrobesNotes

2. Transduksi, yaitu pemindahan materi genetik dari sel menggunakan perantara virus fag temperat (virus yang dapat bereproduksi secara litik maupun lisogenik).

Sumber: Wikimedia Commons

3. Konjugasi, yaitu pemindahan materi genetik dari suatu sel bakteri ke sel bakteri lain secara langsung melalui jembatan konjugasi. Contoh bakteri: Salmonella typhi dan Pseudomonas sp.

Bagaimana? Menarik bukan, bagaimana cara bakteri bereproduksi? Jika ada yang ingin ditanyakan, kita diskusikan di kolom komentar, ya!

redesain-navbar Portlet